+62 811 114 280 [email protected]

Wisata Religi di Maroko dan Spanyol, Menapaki Jalan Sejarah Kegemilangan Islam

wisata religi

Yuk jelajahi wisata religi ke Maroko dan Spanyol untuk menapaki sejarah Islam.

Mengenang perjalanan dan kejayaan sebuah peradaban memang sangat menarik dan menegangkan. Apalagi jika Anda mengikuti kilas sejarah perjuangan Islam dalam proses penyebarannya. Pasti akan sangat membuat penasaran.

Islam tidak hanya dikenal di negara Asia saja, ternyata agama ini pernah menaklukkan bangsa-bangsa di Eropa seperti Spanyol dan Portugal. Kali ini, kita akan melakukan wisata religi dengan cara menapaki perjalanan sejarah islam hingga tempat-tempat yang menjadi saksi kejayaan tersebut.

Wisata Religi, Perjalanan Penaklukan Kota-kota di Eropa

Anda bisa memilih melakukan wisata religi ke daerah Eropa. Banyak sejarah islam di sana. Setelah wafatnya Nabi terakhir dalam Islam yaitu Nabi Muhammad, perkembangan Islam tidak berhenti begitu saja.

Perjuangan dan kepemimpinan islam dilanjutkan melalui tangan dan pikiran sahabat dan khalifahnya yang soleh, cerdas dan berwibawa. Salah satu masa penyebaran islam yang paling fenomenal adalah ketika masa kepemimpinan Utsman bin Affan.

Uqbah bin Nafi’, Musa bin Nushair, Thariq bin Ziyad dan lain sebagainya adalah panglima-panglima kuat dan tangguh  yang muncul sebagai pemimpin ekspedisi penaklukan. Uqbah bin Nafi’ adalah panglima perang yang diutus untuk menaklukkan daerah barat yaitu dimulai dari Afrika bagian barat utara.

Daerah yang berhasil ditaklukkan adalah Maroko. Namun berdasarkan penelitian lebih mendalam oleh para Ahli, penaklukan ini tidak berlangsung lama karena kurang dalamnya pembelajaran tentang islam. Yang terjadi, penduduk yang semula sudah memeluk islam melakukan kemurtadan.

Baca juga:  10 Bangunan Bersejarah Ini Bukti Kejayaan Islam Abad Pertengahan di Spanyol

Penaklukan kedua dilakukan pada masa bani Umayah yaitu oleh panglima Musa bin Nushair. Penaklukan ini terjadi pada tahun 85 masehi dan memberikan hasil yang germilang. Bangsa asli penduduk Afrika yaitu bangsa Amazigh sudah sebagian memeluk agama Islam ketika penaklukan Uqbah bin Nafi’. Seorang penduduk asli Afrika bernama Thoriq bin Ziyad ditunjuk sebagai panglima perang penaklukan Andalusia.

Rencana penaklukan Andalusia sudah sedemikian matang. Musa bin Nushair mengirim Thoriq bin Ziyad dengan 500 orang pasukan pada tahun 92 H. Pengiriman pasukan ini rencananya hanya untuk melihat kondisi wilayah saja tanpa melakukan penyerangan.

Mereka tiba di pulau paling selatan Semenanjung Iberia. Namun, dengan pasukan yang kecil ini saja, Thoriq bin Ziyad berhasil menaklukkan daerah-daerah kecil dan terpencil. Hingga akhirnya, Musa bin Nushair menarik kembali pasukan ini ke Maroko.

Penyerbuan kedua dilakukan dengan lebih besar dan terencana. Thoriq bin Ziyad berangkat dengan membawa 12.000 pasukan muslim. Sebagian besar pasukan ini adalah pasukan pejalan kaki sehingga sangat mudah menyeberangi selat Gibraltar. Mereka mendarat di Calpe, arah timur Algeciras. Tempat ini sekarang dikenal dengan nama Jabal Tariq atau Gibraltar.

Kota pertama yang ditaklukkan oleh Thoriq bin Ziyad adalah Cartagena yang letaknya tidak jauh dari Gibraltar. Selanjutnya, kota-kota di sekitarnya juga berhasil ditaklukkan oleh panglima dari bangsa Amazigh ini dengan mudah. Terakhir, Thoriq bin Ziyad berhasil menaklukkan kota Medinat Al-Maida dimana di sana mereka mendapatkan banyak sekali harta rampasan.

Harta-harta rampasan itu adalah :

  • Meja milik Nabi Sulaiman bin Daud,
  • Kitab-kitab kuno Injil, Taurat, dan Zabur sejumlah 21 salinan,
  • Kitab kuno tentang Nabi Ibrahim dan Musa,
  • dan lain sebagainya.
Baca juga:  Pantai Wisata di Maroko yang Indah Menawan dan Wajib Dikunjungi

Penaklukan terus dilakukan oleh Musa bin Nushair dan Thoriq bin Ziyad ke arah Andalusia bagian barat. Mereka terus berjuang dengan keras mengislamkan sebagian besar penduduk Andalusia.

Perjuangan ini terus berjalan seiring dengan asimilasi ajaran agama islam dalam semua sisi kehidupan. Islam tumbuh subur di segala bidang seperti politik, sosial, ekonomi, budaya dan bahkan toleransi beragama pun sangat diutamakan. Selama beberapa dekade, agama Islam berkembang dengan sangat pesat hingga menjadi jaman kejayaan Islam di Eropa.

Wisata Religi ke Tempat-tempat Penting dan Bersejarah

Beberapa paket wisata religi menyediakan paket perjalanan ke negara-negara yang pernah menjadi tempat kejayaan islam seperti Maroko dan Spanyol. Paket wisata ini akan membawa Anda menjelajahi tempat-tempat bersejarah yang menjadi saksi keberhasilan umat Islam menyebarkan agama ini.

Berikut ini adalah tempat-tempat yang akan Anda kunjungi dalam sebuah paket tour atau wisata religi ke Maroko dan Spanyol yaitu :

1.Kota Marrakech

Kota ini menjadi kota bersejarah dimana umat Islam berhasil menaklukkan bangsa Amazigh. Anda akan melihat banyak bangunan tempat ibadah selain masjid disini. Hal ini menandakan bahwa toleransi sangat dijunjung tinggi meskipun kota ini dalam kekuasaan umat muslim.

2.Masjid Koutoubia

Masjid ini juga menjadi saksi kejayaan Islam pada masa lampau. Menjadi masjid terbesar pada abad ke 12, nama masjid ini Koutoubia yang artinya buku, diambil dari kondisi di sekitar masjid yang penuh penjual buku.

3.Istana Bahia

Anda bisa melakukan wisata religi ke Istana Bahia. Istana yang dibangun pada akhir abad ke 19 ini memiliki arsitektur terindah dengan mozaik berbeda di setiap ruangannya.

4.Kota Chefchaoven

Kota yang didominasi warna biru ini adalah kota asal suku pedalaman Berber. Suku ini adalah salah satu suku yang ikut bertempur menaklukkan Andalusia dibawah kepemimpinan Thoriq bin Ziyad.

Baca juga:  Makanan Khas Maroko yang Super Lezat dan Sayang untuk Dilewatkan

5.Makan Mohammed V

Raja Mohammed V adalah orang yang paling berjasa dalam upaya pembebasan Maroko dari jajahan Prancis. Makam ini sekaligus menjadi makam anaknya yaitu Raja Husen II dan Pangeran Abdullah.

6.Hasan Tower

Tempat wisata religi ini dimaksudkan untuk menjadi menara masjid terbesar di Maroko, namun terhenti sebelum selesai dibangun. Pembangunan menara ini dihentikan setelah ditinggal wafat oleh pembuatnya yaitu Sultan Yaqub Al-Mansur.

7.Masjid Cordoba

Masjid ini awalnya adalah sebuah katedral yang sudah ada sejak tahun 600 masehi. Masjid ini kemudian dibeli sebagian untuk dijadikan tempat ibadah umat muslim. Masjid Cordoba merupakan lambang persatuan 3 agama yang hidup dalam toleransi yaitu islam, kristen dan yahudi.

8.Alcazar of Jerez de la Frontera

Tempat ini merupakan kompleks bangunan megah yang sebenarnya adalah sebuah benteng. Dibangun pada abad ke 11, bangunan ini juga dijadikan istana dengan sebuah masjid kecil di dalamnya.

9.Istana Alhambra

Istana Alhambra adalah tempat kediaman seorang raja dari dinasti Nasrid di area Cordoba.  Istana ini memiliki gaya arsitektur yang khas dengan bangunan yang sangat kokoh hingga saat ini.

10.Madinat az-Zahra

Pada abad ke 10, tempat tinggal khalifah Abdur-Rahman III dijadikan pusat budaya dan kesenian. Tempat ini memiliki arsitektur yang sangat cantik, indah dan mengagumkan.

11.Menara Giralda

Pada masa penaklukan Islam, menara ini difungsikan sebagai menara adzan dan berada di masjid agung kota Sevilla. Namun, sekarang ini telah berubah menjadi menara lonceng dan namanya pun diganti menjadi Giralda. Itulah beberapa bangunan dan tempat yang bisa Anda kunjungi bersama jasa perjalanan wisata religi. Semua tempat-tempat tersebut adalah tempat yang paling tepat karena memiliki kaitan langsung dengan proses penyebaran dan penaklukan oleh agama Islam. Aroma kejayaan dan masa gemilang masih dapat tercium dengan jelas melalui gaya-gaya arsitektur, peninggalan dan lain sebagainya.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!