+62 811 114 280 [email protected]

Pengertian Wisata Serta Jenis, dan Tujuannya

pengertian wisata

Tahukah anda mengenai pengertian wisata? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Sering sekali kita mendengar kata atau istilah wisata dalam kegiatan sehari-hari, berita, informasi di internet dan lain sebagainya. Namun, sudahkah kita memahami dengan benar apa sih sebenarnya definisi dari kata ini.

Bagaimana pengertian wisata secara mendalam dan batasan-batasan apa yang bisa mengkategorikan sebuah aktivitas menjadi bernilai wisata. Beikut ini akan kita bahas definisi dan informasi lainnya mengenai kata wisata ini dengan lengkap dan tuntas.

Pengertian Wisata Menurut KBBI dan Para Ahli

Wisata adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh orang atau kelompok orang yaitu dengan bepergian bersama-sama dengan tujuan memperluas pengetahuan, bersenang-senang dan lain sebagainya.

Ini adalah pengertian wisata menurut KBBI. Dari pengertian ini dapat dilihat bahwa berwisata berarti pergi untuk perjalanan tertentu, baik itu untuk tujuan mendapatkan pengetahuan atau untuk memperoleh kesenangan.

Menurut WTO atau World Tourism Organization, wisata berarti aktivitas seseorang yang melakukan sebuah perjalanan dan tinggal selama beberapa saat di tempat yang bukan tempat tinggalnya. Disini, tidak disebutkan secara spesifik tujuan dari perjalanan tersebut. Akan tetapi secara garis besar, makna wisata lebih kepada tujuan untuk bersenang-senang.

Pendapat selanjutnya adalah menurut Koen Meyers (2009), wisata adalah sebuah kegiatan yang berupa perjalanan sementara waktu yang dilakukan seseorang di luar tempat tinggalnya.

Kegiatan ini tidak bertujuan untuk menetap selamanya atau bekerja dan mencari uang. Menurut Meyers, orang yang melakukan liburan ingin memenuhi rasa ingin tahunya mengenai tempat yang dituju, menghabiskan waktu liburan, atau aktivitas menghabiskan kekayaan.

Baca juga:  Menjelajahi Jejak Kejayaan Islam Andalusia Spanyol di Cordoba dan Granada

Pada kesimpulannya, dapat ditarik garis besar bahwa pengertian wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau dengan sekelompok orang di luar tempat tinggalnya. Kegiatan ini bertujuan untuk bersuka cita, bersenang-senang, menambah informasi tempat baru dan lain sebagainya. Pada dasarnya, memang hal-hal inilah yang mendasari kita melakukan sebuah perjalanan wisata.

Jenis-jenis Wisata

Wisata tidak hanya satu atau dua jenis saja. Ada banyak wisata yang ada dan dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Kali ini kita akan membahas jenis-jenisnya sesuai dengan kategori masing-masing.

Berdasarkan Letak Geografisnya.

Berdasarkan letak geografisnya dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu :

  • Lokal

Wisata lokal adalah perjalanan wisata ke tempat-tempat lokal yang ada di kota sendiri atau di tempat-tempat liburan yang dekat dengan tempat tinggal. Contohnya jika Anda tinggal di Jogja, bepergian ke Malioboro, Borobudur, Prambanan bisa dikategorikan sebagai wisata lokal.

  • Regional

Wisata regional memiliki ruang lingkup yang lebih luas. Bagi masyarakat Indonesia, wisata regional bisa dilakukan dengan mengunjungi destinasi liburan di provinsi lain.

Contohnya seperti ketika Anda tinggal di Jawa Barat. Jika Anda mengunjungi Bali atau Lombok, maka dikatakan Anda sedang melakukan wisata regional.

  • Internasional

Wisata internasional adalah jenis kegiatan wisata yang dilakukan dengan ruang lingkup lebih luas lagi. Ini dilakukan dengan mengunjungi berbagai objek wisata di luar negeri dan seluruh dunia.

Berdasarkan Alasan atau Tujuan

Wisata juga dibedakan menjadi beberapa macam jika dilihat dari tujuan diadakannya aktivitas ini. Berikut ini beberapa macamnya.

  • Bisnis

Perjalanan ini didominasi oleh tujuan bekerja atau bisa dikatakan sebagai  perjalanan bisnis. Perjalanan bisnis biasanya dilakukan untuk hal-hal seperti mengikuti seminar, lelang, rapat dengan mitra usaha dan lain sebagainya.

  • Liburan
Baca juga:  Ini Dia Rekomendasi Tempat Wisata Islandia Yang Harus Anda Datangi

Wisata liburan adalah yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat. Hampir semua orang melakukan perjalanan wisata dengan tujuan untuk berlibur, bersenang senang dan melepaskan penat. Wisata liburan ini adalah obat terbaik untuk mengatasi stress dan banyak pikiran.

  • Pendidikan

Wisata pendidikan biasanya dilakukan oleh murid-murid sekolah dengan tujuan untuk menambah informasi mengenai tempat tertentu.

Umumnya mereka akan mengunjungi tempat-tempat yang penuh dengan pembelajaran dan sisi positif yang bisa diambil. Contohnya adalah kebun binatang, candi, museum dan semacamnya.

Berdasarkan Tempat Dikunjungi

Selain dua kategori di atas, masih ada lagi kategori umum untuk membedakan jenis wisata yang satu dan yang lainnya. Kali ini adalah jenis yang dibedakan berdasarkan tempat yang akan dikunjungi, yaitu :

  • Wisata Alam

Wisata alam adalah perjalanan liburan ke tempat-tempat liburan yang benar-benar alami seperti pegunungan, laut, danau bukit, air terjun dan lain sebagainya. Orang-orang yang mencintai alam biasanya lebih memilih wisata alam dari pada pergi ke wahana-wahana permainan buatan manusia.

  • Wisata Budaya

Wisata budaya merupakan perjalanan wisata yang dimaksudkan untuk menikmati suguhan budaya di tempat tujuan. Contohnya adalah mengunjungi festival karapan sapi di Madura, menonton pertunjukan tari dan seni musik tradisional dan lain sebagainya.

  • Wisata Pendidikan

Wisata pendidikan adalah perjalanan yang secara khusus ditujukan untuk menambah pengetahuan dan memperdalam ilmu. Wisata pendidikan biasanya dilakukan dengan mengunjungi sebuah kebun budidaya ikan, mengunjungi tempat penangkaran hewan tertentu dan lain sebagainya.

  • Wisata Bahari

Seperti namanya, wisata bahari berarti perjalanan wisata dengan tujuan untuk menikmati keindahan laut, baik di permukaan atau di dalam laut. Anda secara khusus datang ke tempat-tempat wisata yang memang memfasilitasi untuk menikmati keindahan laut lebih intensif seperti snorkeling, surfing dan lain sebagainya.

  • Wisata Sejarah
Baca juga:  6 Tempat Wisata Paling Hits di Turki Saat Ini

Wisata sejarah bertujuan untuk mempelajari perjalanan sejarah dan semua kejadian yang ada di masa lampau.

  • Wisata Kuliner

Wisata kuliner adalah perjalanan wisata yang dimaksudkan untuk mencoba dan mencicipi segala macam jenis makanan yang ada di suatu tempat tertentu. Semua makanan dan minuman khas akan dicoba satu persatu oleh wisatawan.

  • Wisata Religi

Wisata religi adalah sebuah perjalanan wisata ke tempat-tempat tertentu yang memiliki kaitan erat dengan hati dan jiwa. Perjalanan ini akan membuat wisatawan merasakan sebuah perjalanan hati dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Contoh perjalanan religi adalah perjalanan ke masjid agung, makam para perantara agama dan lain sebagainya.

Tujuan dan Manfaat Wisata

Setelah memahami semua pengertian wisata serta jenisnya berdasarkan kategori-kategori tertentu, berikut ini adalah tujuan dan manfaat dilakukannya sebuah aktivitas wisata. Diantaranya adalah :

  1. Bagi wisatawan, tujuan melakukan wisata adalah mendapatkan kesenangan dan suka cita dari perjalanan tersebut. Bisa menikmati pemandangan berbeda di tempat wisata sebagai penyeimbang pemandangan monoton yang dirasakan sehari-hari. Selain itu, mereka juga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru terkait tempat wisata yang dikunjungi.
  2. Bagi tempat wisata, wisata sangat memberikan manfaat yang besar. Salah satunya adalah dari segi ekonomi. Umumnya, orang-orang yang tinggal di dekat tempat wisata akan ikut terangkat perekonomiannya ketika banyak wisatawan yang datang. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan kebanggaan karena tempat tinggalnya diminati oleh orang lain.

Itulah garis besar dari definisi, jenis dan manfaat wisata yang perlu Anda ketahui. Setidaknya, pengertian wisata ini akan sedikit membuka pengetahuan Anda apa ang harus diketahui tentang sebuah perjalanan wisata. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!