+62 811 114 280 [email protected]

Mengenal Rukun Puasa dan Pentingnya dalam Kehidupan Muslim

sebutkan rukun puasa

Sudah bukan menjadi hal yang baru lagi bahwa menjalankan puasa ramadhan merupakan hal wajib yang perlu untuk dijalankan bagi umat islam. Tidak jarang ada yang melontarkan seperti apa saja dari sebutkan rukun puasa yang ada sehingga bisa berjalan dengan baik. Simak berbagai rukun puasa dalam Islam seperti di bawah ini.

Berbagai Rukun Puasa Menurut Islam

Sudah bukan menjadi hal yang baru lagi bahwa terkadang banyak dari umat Islam ditanyai mengenai sebutkan rukun puasa yang ada sehingga bisa menjalankan ibadah wajib satu ini dengan lebih baik. Berikut ini merupakan penjelasan dari rukun puasa yang ada di dalam Islam untuk dipahami menyeluruh.

1. Niat

Salah satu dari rukun puasa yang tidak bisa untuk ditinggalkan begitu saja dan merupakan bagian wajib yaitu untuk melafalkan niat dalam menjalankan puasa dengan baik dan biasanya perlu untuk dilakukan pada saat malam hari. Niat sendiri memegang peranan penting dan mengindikasikan bahwa akan adanya atau dimulai dari berpuasa ramadhan sesuai waktu yang ada di sekitar diri.

Bacaan dari niat tersebut yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Ayat dari niat puasa ramadhan di atas berarti:

“Saya berniat untuk puasa besok hari dalam menunaikan ibadah fardhu di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala.”

2. Menahan Diri dari Melakukan Hal yang Bisa Membuat Batal Puasa

Selanjutnya dari sebutkan rukun puasa yang tidak kalah pentingnya yaitu berkaitan dengan kontrol yang dimiiki terhadap keinginan yang muncul dari dalam diri sehingga bisa menjaga keutuhan dari puasa dan tidak membuatnya menjadi batal. Maka dari itu, penting untuk bisa dengan baik menahan hawa nafsu yang dimiliki oleh diri mulai dari saat terbitnya fajar sampai adanya tenggelam matahari yang mampu untuk menahan nafsu agar tidak dijalankan dan membuat diri juga menjadi lebih aman. Setiap orang  tentunya ingin untuk bisa menjaga puasanya agar tidak sampai berbuat yang bisa membatalkan dari puasa sendiri.

Baca juga:  15 Keindahan Alam Indonesia Menjadi Daya Tarik Mata Dunia

Syarat Wajib dalam Menjalankan Puasa

Setiap umat muslim pastinya tidak hanya mengetahui sebutkan rukun puasa tetapi juga bisa ikut merayakan dan menjalankannya dengan baik. Akan tetapi, ada beberapa syarat wajib yang dimiliki untuk bisa puasa sesuai dengan kaidah yang ada. Berikut ini merupakan daftar dari syarat wajib tersebut yaitu diantaranya:

1. Menganut dan Beragama Islam

Syarat selain dari sebutkan rukun puasa yang pertama dan merupakan faktor penting serta wajib untuk diketahui yaitu bahwasannya hanya dari umat islam dan pemeluk agama islam saja yang dapat menjalankan rukun puasa ramadhan yang ada dari tahun ke tahun. PHal ini sendiri merupakan hal wajib dan aturannya ada tertera di dalam Al-Quran sehingga tidak bisa untuk diubah serta seruan dari menjalankan puasa ini sendiri bentuk dari keimanan  yang dimiliki oleh seseorang. Bagi orang yang bukan merupakan umat islam atau tidak beragama islam maka tidak memiliki kewajiban dalam mengikuti ibadah puasa yang ada setiap tahunnya ini sendiri.

2. Baligh dan Memiliki Akal Sehat

Tidak kalah pentingnya dari sebutkan rukun puasa yang perlu untuk dipenuhi dan dilakukan terlebih dahulu yaitu bahwa pelaksana dari puasa sendiri merupakan orang yang sudah termasuk ke dalam golongan baligh serta mengetahui mana yang baik dan buruk. Anak kecil yang belum memasuki masa dari baligh ini tidak memiliki kewajiban yang ada untuk bisa menjalankan puasa ramadhan  yang ada dengan penuh dan sesuai dengan ketentuan yang ada. Selain itu, penting juga untuk memiliki akal sehat sehingga nantinya bisa menjalankan kewajiban dan ketentuan  yang dimiliki selama puasa ramadhan ini dengan lebih baik serta meminimalisir batalnya ibadah puasa.

Baca juga:  Alasan Yang Membuat Pelajar Tertarik Untuk Masuk Ke Al Azhar Kairo Mesir

3. Tidak Ada di Tengah Perjalanan Serta dalam Keadaan Suci

Bagi yang belum tahu mengenai syarat ini selain sebutkan rukun puasa yaitu bahwa pelaku dari puasa ramadhan ini sendiri bukan merupakan orang yang sedang menjalani perjalanan cukup jauh serta dalam kondisi yang cukup fit. Selain itu, tidak kalah pentingnya untuk memastikan bahwa ibu atau perempuan yang menjalani puasa ramadhan sudah suci dari haid dan nifas karena jika memiliki kondisi ini maka tidak diperbolehkan atau hukumnya sendiri sudah masuk ke ranah haram. Dalam keadaan yang bersih dan suci menjadi kunci utama yang ada sehingga puasa dan ibadah yang dijalankan sudah cukup lancar.

Di atas merupakan penjelasan mengenai rukun puasa yang dimiliki oleh umat islam dan perlu untuk dipenuhi serta dijalankan dengan baik. Hal ini bertujuan pula agar ibadah puasa ramadhan  yang dijalankan bisa membawa banyak keberkahan dan kebaikan bagi diri. Lakukan rukun puasa dengan baik dan lengkap agar bisa berjalan dengan lancar.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!