+62 811 114 280 [email protected]

Mengenal Istilah Ihram dalam Pelaksanaan Ibadah Haji

ihram adalah

Menjalankan ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang dapat dijalankan dan dipenuhi untuk umat muslim yang mampu, maka dari itu banyak yang berlomba-lomba untuk bisa memenuhi hal ini dan mendapatkan kesempatan semakin dekat dengan Allah SWT. Sebelum menjalankan haji sendiri, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dan dilakukan terlebih dahulu sehingga bisa menjalankan ibadah ini dengan baik dan dalam keadaan yang bersih termasuk juga untuk menjalankan ihram. Maka dari itu, penting untuk mengetahui ihram adalah hal yang wajib serta keseluruhan dari ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan dari ihram ini sendiri sehingga menjadi lebih mudah untuk dipahami seperti berikut.

Memahami Pengertian dari Ihram Secara Harfiah

Penting untuk diketahui bahwa ihram adalah sebuah keadaan di mana seseorang sudah memiliki dan memantapkan niat yang dimiliki di dalam hatinya untuk bisa menjalankan kegiatan ibadah haji maupun juga umroh. Pelaksanaan dari ihram ini sendiri tidak bisa secara sembarangan karena niat yang dimiliki tersebut perlu untuk datang dari dalam hati sendiri bahwa memang benar-benar ingin untuk bisa memenuhi dan menjalankan ibadah haji maupun umrah itu sendiri dengan perasaan  yang sungguh-sungguh.  Ihram ini sendiri dilakukan sebelum berangkat ke miqat dan berakhir dengan tahallul serta perlu untuk mengikuti keseluruhan dari ketentuan saat menjalankan haji atau umrah.

Hukum Sunnah Umum dalam Mengerjakan Ihram

Mengetahui bagaimana sunnah dari ihram adalah hal yang tidak kalah pentingnya untuk diketahui misalnya seperti tetap melaksanakan mandi agar menjaga kebersihan dari kondisi badan saat menjalankan ibadah. Selain itu, penting juga untuk selalu membersihkan diri dari segala bentuk dan macam kotoran yang ada , termasuk juga memotong kumis yang ada pada bagian wajah jika dirasa sudah cukup panjang agar tetap membuat penampilan yang dimiliki menjadi terlihat lebih rapi. Hal yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan pada saat melakukan ihram yaitu dengan menggunakan wewangian sebelumnya karena jika sudah diniati maka setelah itu tidak bisa menggunakan wewangian lagi.

Baca juga:  Bagaimana Perjalanan Umroh di Era New Normal? Ini Aturan Barunya!

Berbagai Jenis Pantangan Saat Melakukan Ihram

Tidak kalah pentingnya untuk diketahui yaitu bahwa melakukan ihram ini sendiri juga memiliki beberapa pantangan. Ada berbagai jenis pantangan  yang perlu untuk diperhatikan selain mengetahui apa saja sunnah dari ihram adalah diantaranya:

1.     Menggunakan pakaian yang memiliki jahitan dalam pembuatannya.

2.     Menutup kepala untuk yang pria dan juga menutup bagian muka bagi yang perempuan.

3.     Melakukan pernikahan dan juga menjalankan kegiatan bersetubuh dalam bentuk apapun.

4.     Mengucapkan berbagai jenis kata-kata kotor yang ada dari mulut.

5.     Membunuh segala macam makhluk hidup yang ada termasuk juga binatang dan tumbuhan.

6.     Memotong kuku maupun rambut yang ada pada saat melakukan tahallul.

Jenis Pakaian Khusus untuk Menjalankan Ihram

Tidak kalah pentingnya untuk memahami ihram adalah berkaitan dengan jenis pakaian  yang perlu untuk umat muslim gunakan yaitu sebaiknya disunahkan untuk menggunakan pakaian  yang memiliki warna putih, perbedaan  yang dimiliki antara laki-laki dan perempuan hanya ada pada jenisnya yang perlu digunakan saja.

Untuk pria wajib menggunakan pakaian dari dua lembar kain yang tidak ada jahitan untuk bisa menutup bagian bawah dan caranya untuk menggunakan yaitu diselendangkan. Sementara untuk perempuan yaitu diwajibkan untuk menutupi dari keseluruhan bagian tubuh yang dimiliki kecuali untuk telapak tangan dan muka sehingga bisa menjalankan ihram ini dengan taat dan teratur.

Sejarah Singkat dari Dilaksanakannya Ihram

Bagi yang belum tahu bahwa ihram adalah salah satu momen cukup penting bagi umat Islam sendiri karena ada yang mengatakan bahwa sejarah dari dilakukannya ihram ini yaitu karena malaikat Jibril yang memberikan ajaran atas tata cara yang benar bagi ihram itu sendiri.

Baca juga:  10 Wisata Religi yang Bisa Dikunjungi Saat Umroh dan Ibadah Haji

Terdapat pula yang mengatakan bahwa adanya dari ajaran ihram sendiri merupakan berasal dari kebudayaan  yang dimiliki oleh orang Arab sebelum mereka akhirnya mengikuti pelaksanaan dari ibadah haji maupun juga umrah. Banyak yang meyakini bahwa agar bisa beribadah dengan baik maka perlu  untuk memberikan penampilan yang terbaik pula atas waktu yang digunakan menghadap pencipta.

Itu tadi merupakan keseluruhan dari penjelasan yang berkaitan dengan ihram adalah hal yang penting dan perlu untuk diketahui bagi umat muslim yang berencana untuk mengikuti program naik haji sehingga nantinya bisa menyempurnakan ibadah dan keimanan yang ada di dalam diri.

Semoga nantinya penjelasan yang telah diberikan di atas bisa membantu serta memberikan manfaat tersendiri agar semakin meningkatkan  kemampuan dan pengetahuan  yang dimiliki dengan cara yang lebih baik. Memang sebaiknya sebelum menjalankan ibadah haji perlu untuk mengetahui segala cara yang berhubungan dengan pelaksanaan haji ini sehingga nantinya bisa berjalan dengan lancar dan memenuhi segala ketentuan haji yang ada dengan lebih mudah.

1 Response
hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!