+62 811 114 280 [email protected]

Mengenal Biaya Haji Plus Yang Harus Disiapkan Calon Jamaah

biaya haji plus

Jika dibandingkan dengan biaya haji reguler, biaya Haji Plus  terbilang lebih mahal. Namun harga tersebut tentunya sebanding, dengan fasilitas serta layanan yang akan Anda sebagai calon jamaah dapatkan. Sudah tentu layanan dan fasilitas yang akan didapat, mampu membuat kegiatan beribadah kelak jadi terasa semakin baik dan pastinya tidak perlu menunggu lama.

Kisaran biaya Haji Plus

Seperti yang disebutkan di awal, biaya Haji Plus dan reguler terbilang berbeda. Untuk biaya haji reguler sendiri, walaupun sudah mengalami peningkatan, hanya berkisar sekitar 44, 3 jutaan rupiah saja. Sedangkan untuk biaya Haji Plus biasanya sekitar $ 11.000 hingga $ 22.000 US Dollar. Atau jika dirupiahkan, biaya yang harus dikeluarkan sekitar 155,8 jutaan rupiah, hingga 311,7 jutaan rupiah.

Biaya yang dikeluarkan tersebut, tentunya sudah termasuk beberapa fasilitas dan layanan yang diberikan, mulai dari tiket PP, Visa haji, manasik haji, biaya suntik meningitis, penggunaan tour guide, transportasi selama di Tanah Suci, air zam-zam sebanyak 5 liter biaya makan, dan tentu saja asuransi perjalanan.

Yang perlu diketahui disini adalah haji reguler, akan diselenggarakan oleh pemerintah. Sedangkan untuk Haji Plus akan diselenggarakan oleh pihak swasta, misalnya saja travel agent yang biasanya disebut dengan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus / PIHK. Yang artinya tidak semua travel agent mempunyai layanan yang satu ini.

Kelebihan Haji Plus dibanding Haji Reguler

1.     Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan layanan Haji Plus ketimbang reguler, antara lain :

2.     Mempunyai jadwal keberangkatan yang lebih cepat. Jika umumnya pada Haji Reguler para calon jamaah akan menunggu selama 11 atau bahkan 39 tahun. Maka untuk Haji Plus ini, calon jamaah hanya perlu menunggu 5 atau bahkan 7 tahun saja. Bagi Anda yang ingin melakukan Haji pada tahun ini, tentu saja hal tersebut bisa saja terjadi, namun biaya Haji Plus langsung berangkat, tentunya cenderung lebih mahal, dibandingkan dengan haji plus biasanya.

Baca juga:  MAA SYAA ALLAH .... PENGARUH SHALAT TAHAJUD DAPAT MENINGKATKAN KEKEBALAN...

3.     Lokasi penginapan. Dimana umumnya lokasi penginapan untuk peserta ONH plus ini, biasanya lebih dekat dengan lokasi Masjid. Lain ketika menggunakan kuota Haji reguler, yang berlokasi sekitar 3 atau bakan 5 km dari Masjidil Haram.

4.     Fasilitas hotel. Untuk masalah yang satu ini tentunya tidak perlu diragukan. Karena ketika Anda sudah masuk hotel, maka layanan yang akan diberikan, sesuai dengan jenis hotel yang akan ditinggali tersebut, misalnya saja hotel bintang  3, 4 atau bahkan 5.

5.     Untuk kebutuhan akomodasi serta konsumsi dari para jamaah Haji ONH Plus, tentunya akan ditanggung oleh pihak penyelenggara. Sedangkan untuk konsumsi jamaah reguler, biasanya menjadi tanggung jawab dari masing-masing jamaah.

6.     Untuk Haji OH Plus ini, para jamaah akan memperoleh bimbingan haji secara lebih intensif dan eksklusif.

Prosedur pendaftaran Haji ONH Plus

Selain mempersiapkan biaya Haji Plus dalam rupiah yang nantinya dapat ditukar ke dalam Real, ada juga beberapa prosedur yang harus Anda lakukan, ketika akan mendaftarkan diri jadi peserta Haji ON Plus, seperti :

1.     Peserta Haji ONH Plus harus beragama Islam.

2.     Tentunya mempunyai kemampuan finansial,untuk membayar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau yang disingkat jadi PBIH, seperti yang sudah ditetapkan oleh Menteri Agama.

3.     Sudah memperoleh keterangan sehat dari pihak dokter.

4.     Mempunyai KTP yang masih berlaku.

5.     Mempunyai Kartu Keluarga.

6.     Mempunyai akte kelahiran atau juga kutipan akta nikah.

7.     Sudah mempunyai surat keterangan dari pihak PIHK / Penyelenggara Ibadah Haji Khusus atau juga Bro Perjalanan pilihan Calon Jamaah.

8.     Tidak lupa sertakan juga pas foto berwarna, dengan latar belakang putih dengan tampak wajah minimum 80%.

Tata cara pendaftaran Haji ONH Plus

Setelah mengetahui biaya Haji Plus dan masa tunggu yang harus Anda lakukan, maka berikutnya Anda perlu mengetahui tentang tata cara pendaftaran dari Haji ONH plus tersebut. Adapun tata cara pendaftaran ini tidak terlalu sulit, yang harus dilakukan antara lain :

Baca juga:  Memaknai Tawaf adalah Perihal Kehidupan Manusia yang Dinamis

1.     Dalam hal ini pihak calon Jamaah sudah memilih agen perjalanan untuk kegiatan Haji ONH Plus tersebut. Pastikan pihak agen perjalanan yang dipilih sudah memperoleh izin dari Kemenag RI, selain itu, pastikan juga izin yang diberikan masih berlaku.

2.     Berikutnya calon jamaah haji, harus menyetorkan tabungan haji plus yang minimalnya sebesar $ 5.000 US Dollar. Jika dikonversikan ke dalam rupiah, berapa biaya Haji Plus yang harus Anda bayar, yaitu sekitar 70 juta rupiah. Biaya ini diberikan untuk memperoleh nomor porsi ONH Plus. Umumnya proses pembayaran, dan pengambilan nomor tersebut akan dilakukan oleh pihak agen perjalanan.

3.     Setelah agen perjalanan memperoleh nomor porsi ONH Plus, maka pihak calon jamaah akan menyerah berbagai macam berkas persyaratan haji pada pihak agen perjalanan.

4.     Berikutnya Anda sebagai calon jamaah, hanya tinggal menunggu jadwal keberangkatan, sekaligus mengikuti serangkaian manasik haji yang biasanya diselenggarakan oleh pihak agen perjalanan.

Demikianlah beberapa informasi tentang biaya Haji Plus, tata cara mengikuti program Haji Plus dan yang lainnya. Semoga ulasan kali ini berguna untuk Anda yang ingin mengikuti program Haji ONH Plus.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!