+62 811 114 280 [email protected]

8 Hikmah Ibadah Haji, Masya Allah Banget Pokoknya!

hikmah ibadah haji

Hikmah ibadah haji telah Allah janjikan untuk seluruh umat Islam yang berkesempatan menunaikannya. Haji dipercaya sebagai salah satu jalan untuk menunjukkan peningkatan ketaatan pada praktik Islam secara global. Untuk kamu yang belum tahu apa saja hikmah salah satu ibadah yang tersebut dalam rukun Islam ini, berikut kami rangkum ulasannya!

1.     Surga balasan untuk haji mabrur

Dalam suatu hadis, Rasulullah telah bersabda bagi seseorang yang telah mabrur ibadah hajinya, maka ia akan diberikan balasan surga. Indikasi yang menentukan mabrur atau tidaknya ibadah haji seseorang ialah saat ia mampu menunaikan seluruh persyaratan dan rukun haji dengan baik serta memiliki kepribadian yang lebih baik ketika selesai melaksanakan haji.

Kamu pasti bisa merasakan bagaimana perubahan karakter seseorang yang telah melakukan ibadah haji dibandingkan karakter sebelumnya. Insyaallah kamu juga bisa merasakan dan mendapatkan hikmah yang sama.

2.     Menjawab panggilan Allah

Dengan menunaikan ibadah haji, artinya seseorang telah menjawab panggilan Allah dan diundang sebagai tamu di tanah suci. Ini merupakan salah satu hikmah ibadah haji yang paling utama. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits jika orang-orang yang berperang di jalan Allah, yang melakukan ibadah haji dan umroh merupakan tamu-tamu Allah.

Allah menjanjikan apapun yang mereka minta akan dikabulkan. Fakta inilah yang membuat umat muslim di seluruh dunia berlomba-lomba melakukan ibadah haji dan umroh. Dan membuat setiap umat muslim bercita-cita untuk bisa mengunjungi tanah suci.

Baca juga:  Yuk Ketahuilah Fakta dan Keistimewaan Kota Madinah

3.     Haji sebagai amalan paling baik

Rasulullah menjelaskan dalam sebuah hadis jika salah satu amalan yang baik dan yang paling utama ialah haji yang mabrur. Ibadah haji bahkan telah disetarakan dengan berjihad di jalan Allah berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, Tirmidzi, Muslim, Ibnu Majah dan Nasai tersebut. Karena itulah haji termasuk salah satu hikmah ibadah yang paling disukai Rasulullah SAW dan senantiasa diajarkan kepada seluruh umat Islam yang mampu untuk menunaikannya.

4.     Menghapus dosa-dosa

Kesempatan menghapus dosa-dosa ialah hikmah ibadah haji yang juga bisa kamu dapatkan. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah telah bersabda jika haji itu menjadi salah satu cara menghapus dosa di masa lalu.

Dosa-dosa yang telah diperbuat di masa lalu insyaallah akan diampuni oleh Allah SWT dengan melakukan ibadah haji yang mabrur. Fakta inilah yang membuat haji menjadi ibadah yang sangat luar biasa dan ingin dilaksanakan oleh seluruh umat Islam. Bukan tanpa alasan, manusia sendiri ialah tempatnya dosa dan kekhilafan.

5.     Menghilangkan kefakiran

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Khuzaimah Rasulullah mengatakan jika ibadah haji yang dilanjutkan dengan ibadah umroh merupakan jalan untuk menghilangkan kefakiran atau kemiskinan, jalan menghapus dosa dan cara memperoleh pahala serta surga Allah SWT.

Singkatnya, Allah SWT dengan mudah akan mengubah keadaan suatu kaum saat mereka menginginkannya dan terus berusaha mewujudkan mimpi tersebut. Tidak berbeda seperti ikhtiar seseorang yang ingin pergi berhaji.

6.     Mendapatkan pahala yang besar

Ada jaminan pahala besar bagi umat Islam yang berkesempatan menjalankan ibadah haji dengan baik. Tidak hanya dirasakan saat melakukan haji, hal tersebut juga akan terasa bahkan hingga mereka pulang ke negaranya masing-masing.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Rumah Nabi Muhammad SAW

Inilah yang dijanjikan Allah SWT. Hal tersebut juga didukung kuat oleh sabda Rasulullah SAW dan sebuah hadis yang diriwayatkan Bukhari. Di mana Rasulullah bersabda jika siapapun yang berhaji dan menjaga kata-katanya serta tidak berbuat kefasikan maka ia akan pulang ke negerinya layaknya seperti baru dilahirkan oleh ibunya.

7.     Menguatkan iman

Secara tidak langsung, haji berhasil mengumpulkan umat muslim dari seluruh pelosok bumi. Hal ini membuktikan kebenaran Al-Qur’an dan diharapkan menjadi langkah penguat iman karena seluruh umat Islam bisa melihat langsung bukti-bukti dari Allah SWT.

Islam tidak hanya ada di Asia saja, Islam terdiri dari berbagai bangsa, negara, warna kulit dan bahasa dan haji adalah bukti pemersatu umat Islam.

8.     Memperoleh tarbiah dari Allah SWT

Orang yang mengerjakan haji mengatakan jika haji ialah puncak ujian dari Allah SWT. Hal ini dikarenakan jumlah orang yang melakukan haji sangat ramai bahkan mencapai angka jutaan dan pastinya menjadi tantangan tersendiri untuk semua umat Islam.

Dengan berhaji, kita bisa mendapatkan tarbiah langsung dari Allah SWT. Tarbiah merupakan kesempatan mendapat tempaan langsung dari Allah seperti yang telah dilewati para nabi sebelumnya. Tentu saja kamu membutuhkan persiapan yang baik untuk bisa memperoleh hikmah-hikmah berhaji seperti yang diperoleh para nabi sebelumnya.

Itulah beberapa hikmah ibadah haji yang bisa kamu peroleh saat berkesempatan menunaikannya. Semoga bagi yang berniat melaksanakan ibadah haji bisa diberikan kemudahan dan kesempatan merasakan hikmah ibadah haji dari Allah SWT.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!