+62 811 114 280 [email protected]

Mengenal Destinasi Wisata Sejarah Islami Dalam Kegiatan Ibadah Suci Di Mekah Madinah

mekah madinah

Mekah madinah dikenal sebagai kota utama yang dituju dalam kegiatan ibadah haji. Namun bukan itu saja, kedua kota tersebut juga dikenal sebagai tempat impian yang ingin dikunjungi oleh banyak muslim dunia. Karena kehadirannya memberikan peradaban besar bagi sejarah agama islam.

Mekah dan Madinah hadirkan destinasi wisata sejarah islami

Sebagai kota impian, tentunya ada banyak cerita yang dihadirkan dari kedua kota besar tersebut. Cerita dengan kandungan sejarah mekah madinah yang pada akhirnya menghadirkan berbagai macam destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. baik itu ketika Anda melakukan ibadah haji atau bahkan umroh sekali pun.

Untuk Anda yang ingin mengetahui destinasi wisata apa saja yang sangat menarik dan tidak boleh dilewatkan, pastikan Anda simak penjelasan berikut :

  • Masjidil haram

Masjidil haram dikenal sebagai tempat utama dari tujuan ibadah haji dilakukan, lokasinya berada di pusat Kota Mekkah. Karena itulah ia termasuk dalam masjid mekah madinah terbaik yang ada. Masjidil haram dinyatakan sebagai pusat bagi umat Islam, karena keberadaan Ka’bah di dalamnya, Hal tersebut juga digunakan sebagai kiblat oleh umat Muslim dunia dalam melakukan ibadah.

Di tempat ini, mereka yang beribadah akan melakukan tawaf dan juga sa’i. Masjid ini tidak hanya ramai dikunjungi pada musim haji saja, karena setiap hari pun banyak sekali masyarakat sekitar yang melaksanakan ibadah sholat di dalamnya. Tidak heran jika kemudian pemerintah pun terus melakukan perluasan untuk memfasilitasi para pengunjung dengan lebih baik.

  • Bir Ali dan Tan’im

Bir Ali serta Tan’im dikenal sebagai dua tempat berbeda yang juga terpisah, satu berada di Mekah dan yang lainnya di Madinah. Bir Ali terletak di kawasan Madinah, kehadirannya menjadi salah satu bagian dari syarat Umroh. Sedangkan Tan’im justru berada di Mekah dan juga menjadi bagian dari sunnah Umroh.

Baca juga:  Tidak Hanya Tentang Kebab, Ini Dia Fakta Menarik Tentang Negara Turki

Kedua lokasi tersebut umumnya akan Anda kunjungi ketika melakukan ritual dari ibadah haji yang disebut dengan Miqat. Di Bir Ali ada masjid yang dibangun dengan posisi saling berdekatan pada tempat berteduh Nabi Muhammad SAW zaman dulu. Tempat tersebut dinamakan Bir Ali karena sesuai dengan cerita sejarah yang dimilikinya.

Dalam bahasa Arab Bir Ali memiliki arti dari dua kata berbeda, kata Bir yang artinya Sumur  Sedangkan Ali mengacu pada nama salah satu sahabat nabi yang mana pada masa tersebut beliau banyak menggali sumur di lingkungan tersebut.

  • Masjid nabawi

Masjid nabawi juga dikenal sebagai tempat suci yang wajib Anda kunjungi dalam wisata religi. Berdasarkan sejarah mekah madinah, masjid tersebut dibangun secara langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Selain menjadi masjid terbesar yang ada di dunia, masjid ini juga pernah digunakan sebagai tempat tinggal nabi, masjid tersebut juga digunakan sebagai tempat berkumpul para sahabat.

  • Arafah

Padang arafah adalah lokasi dari tempat pertemuan Nabi Adam AS dan Siti Hawa, Tempat ini dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan wukuf, yaitu ibadah puncak dari kegiatan haji. Dengan melakukan wukuf di padang arafah, tentunya Anda akan bertemu dengan banyak jamaah lainnya yang berasal dari berbagai negara berbeda.

  • Mina

Mina dikenal sebagai lembah padang pasir, di tempat ini Anda akan menemukan banyak tenda dari jamaah haji. Karena itulah tempat ini dikenal dengan sebutan kota tenda. Tidak hanya itu, tempat tersebut pun juga sering digunakan untuk melakukan aktivitas ibadah jumrah. Dalam hal ini, setelah wukuf, barulah jamaah haji akan kembali ke Mina dan kemudian melakukan kegiatan lempar jumrah.

  • Muzdalifah

Muzdalifah adalah sebutan untuk area terbuka yang ada di sekitar Mekah dan Mina, lokasi ini banyak digunakan oleh jemaah haji untuk bertolak dari Arafah. Selain itu, Muzdalifah juga banyak digunakan untuk mengambil batu serta kerikil dalam proses pelaksanaan lempar jumrah hari selanjutnya.

  • Maqam Ibrahim

Maqam Ibrahim bukanlah makam, tetapi dikenal sebagai tempat atau posisi Nabi Ibrahim AS saat ia tengah berdiri dan kemudian mulai membangun Ka’bah. Tidak hanya itu, sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT, bangunan ini juga dibuat seperti halnya batu prasasti kotak yang disertai dengan dua lubang di bagian atasnya.

  • Raudhoh

Dikenal dengan sebutan taman surga, tempat ini dinyatakan sebagai tempat berdoa paling mustajab. Hal ini berkaitan dengan kehadirannya yang mana menjadi tempat dari penerimaan wahyu nabi Muhammad SAW. Selain itu, tempat ini juga banyak digunakan sebagai tempat ibadah dan juga digunakan untuk memimpin kegiatan sholat para sahabat.

  • Shofa dan Marwa

Lokasi ini cukup banyak dikenal karena hadir dalam cerita perjuangan Siti Hajar yang berlari secara bolak balik di antara Shafa dan juga Marwa. hal tersebut dilakukannya untuk mencari air bagi anaknya yang masih kecil , yaitu Nabi Ismail AS.

  • Mata Air Zamzam

Tempat terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mata air zamzam, lokasi ini banyak dikunjungi karena Jamaah umumnya ingin membawa oleh-oleh berupa air zam-zam bagi sanak saudaranya. Air ini dikenal dengan khasiatnya yang beragam. Meskipun mata air ini dulunya dikenal sebagai sumur dengan ukuran kecil, namun kini sumur tersebut sudah mengalami perluasan, sehingga lebih memudahkan para jamaah dalam mengambilnya.

Baca juga:  Mengenal Objek Wisata Terkenal di Yordania, Tertarik Mengunjunginya?

Itulah beberapa destinasi wisata sejarah religi dari kawasan Mekah madinah yang dapat Anda kunjungi ketika melakukan ibadah haji atau bahkan umrah.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!