+62 811 114 280 [email protected]

Yuk Ketahuilah Fakta dan Keistimewaan Kota Madinah

kota madinah

Kota Madinah merupakan salah satu dari dua kota suci. Di tanah haram tersebut ternyata mempunyai beberapa keistimewaan. Madinah dulunya bernama Yastrib dan merupakan kota hijrah dari Nabi Muhammad SAW. Di tempat tersebut terdapat masjid terakhir yang dibangun oleh Nabi dan juga para sahabat.

Fakta-Fakta Kota Madinah

Cuaca di Kota Madinah sendiri saat ini berkisar antara 38 hingga 43 derajat Celsius. Berikut ini beberapa fakta-fakta dari Madinah:

Madinah merupakan tempat yang banyak sejarah Islam dan situs keagamaan. Al Madinah Al Munawwarah atau nama lainnya adalah semburat cahaya, itulah sebutan dari Madinah yang saat ini populasi penduduknya sekitar 1,3 juta. Di tempat ini terdapat beberapa tempat pendaratan militer yang ada di Sultonah dan seakrang telah menjadi istana raja.

Terdapat pula reruntuhan makam dari Amr bin al-As si penakluk bagi Islam di awal Mesir dan Palestina. Tempat ziarah lainnya termasuk Qiblatain atau Masjid Dua Kiblat. Awalnya sendiri dikenal dengan sebutan Bani Salamah akibat dibangun di atas bekas rumah mereka.

Masjid yang bersejarah ini sendiri telah menjadi saksi perubahan arah kiblat salat yang awalnya dari Yerusalem ke Makkah.

Terdapat pula makam Hamza yang merupakan paman Nabi serta teman-temannya yang telah gugur di dalam perang Uhud yang juga menyebabkan Nabi Muhammad terluka. Selain itu terdapat gua di sisi Bukit Uhud yang menjadi tempat untuk berlindung Nabi pada peristiwa tersebut. Tidak hanya itu, ternyata di kota ini juga terdapat Universitas Islam yang didirikan di tahun 1961.

Kota Madinah merupakan rumah bagi Masjid Nabawi. Pusat dari perhatian seluruh peziarah adalah Masjid Nabawi. Masjid ini sendiri merupakan masjid ketiga yang dibangun di dalam sejarah Islam dan menjadi masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjid al-Haram yang ada di Makkah.

Baca juga:  Mengenal Destinasi Wisata Sejarah Islami Dalam Kegiatan Ibadah Suci Di Mekah Madinah

Masjid ini awal mulanya merupakan kediaman dari Nabi Muhammad SAW yang ditinggali oleh Beliau setelah pindah atau hijrah ke Madinah di tahun 622 Masehi. Bentuk dari masjid yang asli merupakan bangunan yang terbuka dan berfungsi sebagai pusat pengadilan, sekolah agama, dan juga pusat komunitas.

Saat ini Masjid Nabawi berada di bawah kendali dari Penjaga Dua Masjid Suci, yaitu adalah kerajaan Arab Saudi. Di dalam Masjid Nabawi ternyata terdapat makam Nabi Muhammad SAW. Di sampingnya terdapat Raudhatul Jannah atau surga di dunia.

Tempat tersebut tidak pernah sepi dari kunjungan para peziarah karena dianggap sebagai tempat yang mustajab untuk berdoa. Selain itu terdapat pula museum Al-Quran.

  1. Kota Madinah merupakan kota yang tidak pernah sepi, selalu dipenuhi pengunjung.
    Walaupun berdasarkan data statistic tahun 2018 penduduk Kota Madinah sebanyak 1,3 juta, tetapi kota yang mempunyai luas 589 km ini tidak pernah sepi pengunjung yang ingin melakukan ziarah. Hampir sekitar 2-3 juta orang diperkirakan datang ke Madinah untuk melakukan ibadah haji setiap tahunnya.
    Madinah sendiri merupakan salah satu kota terpadat yang ada di Arab Saudi. Umumnya dapat Anda jumpai umat Islam yang awalnya berziarah lantas menetap. Kemudian para masyarakat Madina umumnya melakukan pekerjaan membuat tembikar ataupun bertani.
  2. Madina terkenal dengan kurmanya. Untuk dapat menambah penghasilan yang diperoleh dari para peziarah, ternyata Madinah juga telah mengembangkan beberapa kegiatan ekonomi di sektor pertanian dengan cara menanam buah-buahan, sereal, ataupun sayuran.
    Ribuan pohon kurma adalah pemandangan yang menarik di kota ini. Buah kurma yang dikemas dan diproses untuk dilakukan ekspor dengan menggunakan pabrik sudah dilakukan sejak tahun 1953.
    Kemudian sejak tahun 1920, 139 varietas kurma sudah ditanam di Madinah. Peran dari industri kurma ini sendiri sangat penting bagi perekonomian kota karena permintaan kurma sebagai oleh-oleh ataupun konsumsi sehari-hari tidak pernah putus. Apalagi peran kurma akan sangat menonjol di dalam puasa Ramadhan dan juga budaya Islam secara keseluruhan.
Baca juga:  Ibu Kota Turki dan Segala Keunikannya

Keistimewaan Kota Madinah

Berikut ini beberapa keistimewaan dari Madinah:

1.     Madinah merupakan tanah haram dan juga tempat yang aman sehingga Dajjal tidak akan dapat masuk ke dalam Madinah.

2.     Madinah adalah tempat masuk yang benar.

3.     Madinah merupakan kota tempat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Kota Makkah.

4.     Rasulullah banyak mendoakan untuk Madinah sehingga terdapat banyak keberkahan yang berlipat ganda seperti yang ada di Kota Makkah.

5.     Makkah dan Madinah bisa menggantikan posisi dari Masjidil Aqsha bagi mereka yang bernadzar untuk dapat melakukan itikaf ataupun salat di Masjidil Aqsha. Tidak ada yang bisa menggantikannya selain Masjidil Nabawi dan juga Masjidil Haram.

6.     Dosa kecil yang dilakukan di Madinah akan dicatat sebagai dosa besar.

7.     Di Madinah terdapat manusia terbaik karena di tempat ini dimakamkan orang-orang terbaik dari para umat Islam, mulai dari para sahabat Rasul dan generasi yang selanjutnya.

8.     Masjid Nabawi yang terdapat di Madinah dibangun dengan tangan Nabi Muhammad SAW dan dibantu oleh para sahabat.

Itulah beberapa fakta dan juga keistimewaan dari Kota Madinah yang dapat Anda ketahui. Semoga Anda dapat mengunjungi kota tersebut sesegera mungkin.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!