+62 811 114 280 [email protected]

Dam Square, Alun-alun Amsterdam yang Klasik dan Selalu Ramai

dam square

Dam Square merupakan bangunan tua yang berada di kota Amsterdam. Alun-alun tua ini memiliki suasana yang klasik dan indah. Anda bisa mendapatkan foto instagrammable di berbagai sudut alun-alun tua ini. Pada saat-saat tertentu, tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi untuk pentas seni dan melakukan beberapa kegiatan demonstrasi.

Dam Square tidak hanya ramai oleh masyarakat lokal saja. Namun, tempat ini juga ramai akan wisatawan atau turis asing dari mancanegara. Banyak bangunan menarik yang berada di sekitar tempat ini. Anda bisa menemukan jajaran cafe, restoran, bar, dan bangunan-bangunan menarik lainnya.

Sejarah Dam Square

Jika Anda berencana pergi liburan ke negeri Kincir Angin Belanda, Anda harus memilih Dam Square sebagai salah satu tujuan wisata. Tempat ini merupakan tempat paling penting di ibukota Belanda. Anda bisa menemukan burung merpati dan seniman jalanan yang sangat menarik untuk diabadikan.

Alun-alun ini memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran 200 x 100 meter. Area ini menghubungkan jalan-jalan yang berada di Rokin dan Damrak. Alun-alun ini dibangun sejak abad ke 13. Pada saat itu, Dam atau bendungan diciptakan untuk mencegah terjadinya banjir dari sungai Amstel.

Waktu terus berjalan dan bendungan ini pun beralih fungsi. Akhirnya, bendungan yang diciptakan untuk mencegah terjadinya banjir akhirnya berubah fungsi menjadi sebuah alun-alun kota. Alun-alun kota ini pernah menjadi saksi bisu dari kerusuhan yang terjadi pada tahun 1535 yang dilakukan oleh kelompok Anabaptis.

Baca juga:  Menelusuri Fakta Sejarah Pembangunan Peradaban Turki Utsmani

Beberapa kali Dam Square menjadi saksi bisu untuk berbagai kejadian yang memilukan. Menjelang berakhirnya World War II, alun-alun ini menjadi tempat para tentara Jerman menembak orang-orang yang tidak bersalah. Ini terjadi pada tahun 1960 hingga 1970 an. Demonstrasi beberapa kali terjadi di tempat ini. Akhirnya, dalam beberapa dekade terakhir tempat ini pun kembali tenang.

Kerusuhan terakhir yang pernah terjadi di alun-alun klasik ini adalah pada tahun 1980 an. Pada kala itu, Penobatan Ratu Beatrix memang sempat mengakibatkan terjadinya kerusuhan. Terlepas dari semua itu, pemandangan yang bisa dilihat dari alun-alun ini benar-benar sangat menakjubkan. Jadi, ini patut menjadi salah satu destinasi liburan keluarga yang mengesankan di negeri Belanda.

Keunikan Dam Square

Dam Square merupakan tempat wisata yang cukup unik dan diminati oleh wisatawan yang datang ke negeri Kincir Angin. Tempat ini cukup luas dan menyajikan pemandangan yang memanjakan mata. Berikut beberapa keunikan dari alun-alun klasik Belanda yang patut untuk Anda ketahui.

Tempat seniman jalanan dan burung-burung merpati

Hal yang paling unik dari alun-alun kota Amsterdam ini adalah merupakan tempat para seniman jalanan dalam mendapatkan nafkah. Seniman jalanan dan burung-burung merpati adalah denyut dari kehidupan di sekitar alun-alun klasik negeri Belanda ini.

Anda bisa memberi makan burung merpati. Selain itu, Anda juga bisa turut bernyanyi dan meminta beberapa lagu pada seniman jalanan yang berada di sekitar alun-alun tersebut. Jangan lupa, ambillah foto keren dan unik bersama sekawanan burung merpati yang terbang di sana.

Bianglala warna-warni

Pada saat musim semi, Anda bisa menemukan biang lala yang berwarna-warni di Dam Square . Wahana ini bisa menjadi background foto paling menarik dan unik. Sembari menyantap beberapa makanan khas Belanda, Anda bisa melihat para pemain pantomim beraksi. Para pemain pantomim bahkan seringkali memberikan kejutan kepada para pengunjung yang datang.

Baca juga:  Menilik Budaya Korea yang Khas, Unik dan Menarik

Dikelilingi oleh cafe-cafe ternama

Salah satu tujuan wisatawan datang ke alun-alun kota Amsterdam ini juga untuk sekadar nongkrong bersama teman-teman di beberapa cafe yang mengelilingi alun-alun. Beberapa cafe sangat ramai dan memiliki menu yang spesial. Saking spesialnya, pengunjung harus antre untuk bisa menyantap makanan di cafe-cafe yang tersebar.

Koninklijk Paleis

Tidak hanya sekedar jalan-jalan di alun-alun saja, namun masih banyak aktifitas unik dan menarik yang bisa Anda lakukan di Dam Square . Anda bisa berkunjung ke Istana Kerajaan bernama Koninklijk Paleis yang sudah lama berdiri di tempat ini. Ini bukan hanya tempat keluarga kerajaan saja.

Hingga sekarang, kerajaan ini masih menjadi tempat penyambutan tamu-tamu besar yang datang di kota Amsterdam. Jika terdapat acara kenegaraan yang dilakukan di istana ini, maka pengunjung umum tidak bisa masuk. Saat ini, tempat ini sudah tidak lagi menjadi kediaman keluarga kerajaan.

National Memorial

Selain istana kerajaan, bangunan paling mencolok lain yang ada di Alun-alun kota Amsterdam ini adalah National Memorial. Tempat ini adalah monumen yang merupakan peringatan untuk tentara Belanda yang telah gugur di Medan Laga ketika bertempur dalam perlawanan World War II.

Monumen ini memiliki pilar warna putih. Monumen terdapat di tengah-tengah Dam Square . Monumen telah diresmikan sejak tanggal 4 Mei 1956. Setiap tanggal 4 Mei, diadakan upacara peringatan yang dilangsungkan di depan monumen. Upacara peringatan tersebut dihadiri oleh banyak pihak. Pihak dari perwakilan kerajaan Belanda pun akan hadir dalam upacara peringatan tersebut.

Hotel Krasnapolsky

Anda juga bisa menyempatkan diri untuk memilih penginapan di kota Amsterdam. Ini adalah Hotel Kranaspolsky yang merupakan penginapan mewah sejak tahun 1866. Hotel mewah ini menyediakan fasilitas yang sangat lengkap dan memberikan kenyamanan penuh kepada para pengunjungnya.

Baca juga:  Liburan ke Moskow? Ini Dia Tempat-Tempat Wisata Terbaik

Gereja Nieuwe Kerk

Gereja yang telah berdiri sejak tahun 1400 ini merupakan salah satu tempat yang unik dan menarik di area Dam Square . Anda bisa mengambil foto dengan pemandangan gereja yang klasik di sini.

Gereja ini berlokasi tempat di depan Royal Palace. Gereja Nieuwe Kerk menjadi gereja tertua nomor 2 setelah Old Church atau Oude Kurk. Gereja tua ini sekarang menjadi tempat untuk melaksanakan beberapa pameran dan upacara pelantikan Raja atau Ratu Baru.

Pengunjung bisa memasuki gereja ini. Pengunjung tentu akan merasa sangat puas dan takjub ketika berada di dalam gereja. Desain interiornya sangat mengagumkan dan akan membuat siapa saja larut dalam keindahannya.

Lilin Madame Museum

Keunikan lain yang ada di sekitar alun-alun kota Amsterdam ini adalah Lilin Madame Museum. Museum ini merupakan tempat atraksi pertunjukan unik dan menarik di kota Amsterdam.

Sejak dulu hingga sekarang, Dam Square menjadi sebuah tempat yang paling ramai di Kota Amsterdam, Belanda. Tempat ini menjadi tempat nongkrong, ngumpul-ngumpul asyik warga lokal dan para pengunjung yang datang.

Seperti banyak alun-alun lain di Negara Bagian Eropa, merpati liar akan menemani liburan Anda. Jadi, jangan lupa untuk membawa makanan untuk burung merpati agar bisa bermain bersama mereka. Anda tidak perlu menyiapkan budget yang besar untuk memasuki alun-alun ini. Negara Belanda menjadi salah satu negara yang unik untuk dikunjungi. Anda bisa merencanakan liburan bersama sahabat dan keluarga menuju negara Kincir Angin. Jangan lupa, gunakan paket wisata halal ketika akan berkunjung ke Belanda. Tentukan Dam Square sebagai salah satu tujuan yang akan Anda datangi.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!