+62 811 114 280 [email protected]

Jelajahi Negara Maroko, Negara Dengan Dua Ibukota

nagara maroko

Siapa yang tidak tertarik untuk menjelajahi negara unik dengan dua ibukota yakni Negara Maroko. Negara bekas jajahan Perancis di Afrika bagian utara ini merupakan salah satu negara Islam.

Maroko, sebuah negara yang memiliki garis pantai yang panjang di Samudera Atlantik dan juga Laut Mediterania selain Spanyol dan Perancis. Usut diusut ternyata Maroko memiliki dua ibukota yakni Rabat untuk ibukota administrasi dan Casablanca sebagai ibukota Industri

Kondisi Geografis Negara Dengan Dua Ibukota

Negara dengan bahasa resmi Arab dan Berber ini secara geografis memiliki wilayah dengan jajaran pegunungan terjal dan juga sebagian besar terdiri dari gurun. Pegunungan yang berada pada jantung negeri bagian selatan ini adalah Pegunungan Atlas, dan Pegunungan Rif pada bagian utara Maroko.

Negara ini disebut juga sebagai negara Al-Mamlakah Al-Maghribiyah  yang artinya kerajaan barat. Negara Maroko memiliki luas wilayah 446.550 km2 dengan populasi sekitar 33.800.000 jiwa.

Negara dengan system pemerintahan kerajaan ini memiliki suku asli yang dikenal sebagai suku Berber. Jadi tidak heran jika bahasa dalam kehidupan sehari-hari yang digunakan pada negara ini adalah Bahasa Berber. Secara Astronomi Maroko berada pada diantara 27°-36°LU dan 1°-14°BB dan berbatasan dengan Aljazair dan Sahara Barat.

Budaya Negara Maroko

Banyak wisatawan yang datang ke negeri matahari tenggelam ini karena memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari keunikan negara dengan dua ibukota hingga uniknya destinasi wisata yang ada baik budaya ataupun alamnya.

Bahkan negara ini memiliki daya tarik wisatawan yang enggak biasa yakni terdapat istana raja di setiap kota yang ada di Maroko. Sebagai negara yang menjadi tempat pertemuan budaya Benua Asia dan Benua Eropa ini menjadikan Maroko kaya akan kebudayaan.

Baca juga:  Masjid Cristo de la Luz, Saksi Bersejarah Kejayaan Islam di Spanyol

Kebudayaan yang ada tercipta dari pengaruh kebudayaan berbagai macam negara.

Adapun kebudayaan Negara Maroko yang perlu diketahui, adalah sebagai berikut :

Sastra

Aneka budaya maroko tercatat dalam sebuah karya sastra yang dikemas secara apik oleh pengarangnya. Karya sastra dari negara ini berbahasa Arab, Berber, dan juga Prancis mengingat negara ini adalah bekas jajahan negara Prancis. Karya-karya yang terkenal pun sudah mendunia seperti karya Mohamed Zafzaf (1942–2001) dan Mohamed Choukri (1935–2003).

Pakaian

Sebagai kerajaan dengan suku asli Berber, membuat etnik Afrika Utara ini begitu melekat. Maroko memiliki pakaian khas Djelalabas yakni pakaian longgar  dengan lengan panjang dari biasanya dipadukan dengan topi runcing.

Selain Djelalabas mereka juga memiliki budaya pakaian takchita. Takchita merupakan pakaian untuk acara khusus yang dikenakan oleh wanita Maroko yang terbuat dari kain polos dihiasi oleh payet manik-manik maupun bordir.

Musik

Tradisi budaya music yang tercipta dan terkenal di Maroko adalah Chaabi dan juga Malhun. Jenis music ini terdiri dari berbagai macam music tradisional, yang dipertunjukkan di pasar-pasar tradisional Maroko.

Sedangkan Malhun merupakan music yang dipengaruhi gaya music Andalusia dengan jenis musikalisasi puisi yang menceritakan tentang permasalahan social dan budaya Maroko.

Makanan

Makanan khas Negara Maroko adalah Tanjia yang berasal dari Marrakesh dengan hidangan daging rempah rempah dimasak dalam bara api. Selain itu terdapat pula makanan khas Couscous, sebuah makanan tradisional khas Maroko.

Couscous dihidangkan pada saat perayaan atau pesta tertentu dan biasa dinikmati pada hari Jumat. Sajian hidangan tersebut biasanya dipadupadankan dengan the hijau yang dicampur dengan daun mint, dan sebagai pemanisnya menggunakan gula batu.

Masih banyak terdapat budaya Maroko lainnya yang akan kamu temui, saat kamu melakukan perjalanan wisata ke negeri matahari tenggelam ini. Buat kamu yang tidak mahir berbahasa Arab, Berber atau Prancis, sebaiknya gunakanlah jasa pemandu agar kamu tidak kebingungan saat tiba di sana.

Baca juga:  7 Masjid Spektakuler Di Spanyol yang Recommended Untuk Dikunjungi Wisatawan

Destinasi Wisata Menarik Maroko

Dewasa ini, Negara Maroko telah membebaskan visa selama 3 bulan, special buat warga Indonesia yang mau datang ke Maroko loh. Selain untuk mengenal budaya negara dengan ibukota Rabat ini, kamu juga akan menemui destinasi-destinasi wisata yang menarik. Seperti halnya Casablanca sebagai kota terbesar dan sekaligus ibukota dari Maroko ini.

Kalau kamu penasaran, mengenai destinasi wisata apa aja yang wajib kamu kunjungi. Berikut kami rangkum beberapa tempat yang bisa dijadikan referensi saat kamu tiba di Negara Maroko. Adapun destinasi wisata keren dan kece tersebut adalah sebagai berikut :

Gurun Sahara

Sesuai dengan kondisi geografis Negara Maroko, negara ini memiliki beberapa gurun pasir. Salah satu gurun pasir yang terkenal adalah Gurun Sahara. Gersangnya sebuah Gurun Sahara ini dapat kamu nikmati sensasinya dengan mengunjungi Zagora, Zquid, dan Erfound.

Sensasi Maroko akan lebih terasa saat kamu menjelajahi Gurun Sahara dengan menunggang kuda. Namun untuk dapat menunggang kuda, kamu harus menjelajahi gurun pada sore hari.

Eksotisme gurun berpadu tumbuhan palem bisa juga dinikmati dengan menginap dalam tenda yang sudah disediakan beserta api unggun dan hidangan lezatnya.

Oukaimeden

Destinasi unggulan Maroko lainnya adalah Oukaimeden, sebuah resort ski yang terkenal di Negara Maroko. Hamparan salju di tempat dengan ketinggian 2600-3200 mdpl ini menjadi surga bagi para pecinta olahraga ski.

Jika di Gurun Sahara cuacanya panas, berbeda dengan Oukaimeden yang menawarkan suhu dingin. Kamu tak perlu repot membawa peralatan ski, karena di sini pihak pengelola telah menyediakan perlengkapan ski.

Moulay Idriss

Di sekolah dulu mungkin diajarkan mengenai sejarah Islam, salah satu cicit Nabi Muhammad SAW yang cukup terkenal di Maroko adalah Moulay Iddris. Moulay Iddris mendirikan sebuah dinasti Muslim Arab di maroko beberapa decade silam.

Baca juga:  Rihlah Peradaban/ Wisata Halal/ Wisata Muslim / Halal Tour / Muslim Tour Meretas Jejak Kejayaan Islam di Maroko, Spanyol Portugal

Kini masyarakat penjuru Afrika percaya bahwa mengelilingi Moulay Iddris 5 kali sama saja dengan pergi haji ke Mekkah.

Masjid Hassan II

Icon terkenal negeri matahari tenggelam ini adalah Masjid Hassan II. Sebuah masjid yang mengusung arsitektur Arab yang berpadu dengan arsitektur Eropa.

Masjid ini terletak di kota besar Casablanca dan menjadi masjid kebanggaan masyarakat Maroko. Sebagai masjid terbesar ketiga di dunia, Masjid Hassan II memiliki keunikan pada bangunannya yang sebagian berdiri diatas Samudera Atlantik.

Jemaa el-Fna

Jika di Indonesia memiliki alun-alun kidul Keraton Yogyakarta, maka Negara Maroko memiliki Jemaa El-Fna sebagai wisata popular. Alih-alih kamu belum bisa disebut sebagai wisatawan Maroko jika belum mendatangi Jemaa el-Fna.

Jemaa el-Fna merupakan destinasi wisata pusat kota atau alun-alun di kota tua, Marrakesh. Di sini kamu juga bisa membeli beberapa oleh-oleh khas Maroko seperti camilan, baju, dan souvenir

Dengan memanfaatkan kesempatan pembebasan visa di Negara Maroko ini, sebaiknya kamu rencanakan itinerary wisata Maroko dengan matang. Hal ini biar kamu tidak kecewa dan menyesal nantinya. Atau jika kamu masih bingung mesti membuat itinerary yang seperti apa, percayakan saja perjalananmu bersama paket tour terpercaya. Dengan berbagai paket tour Maroko yang ada, kamu bisa tentukan sendiri paket mana yang sesuai dengan waktu dan budgetmu loh.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!