+62 811 114 280 [email protected]

Berlibur ke Kuromon Ichiba Market, Pusat Wisata Kuliner di Osaka

Kuromon Ichiba Market

Sebagai pecinta jajanan kuliner, sudah menjadi hal wajib untuk mengunjungi salah satu pusat kuliner di Osaka, Jepang. Selain memiliki Universal Studio dan Dotonbori, Osaka juga memiliki sebuah pasar tradisional yang menyajikan aneka kuliner khas Jepang. Tempat itu bernama Kuromon Ichiba Market, sebuah tempat yang siap memanjakan lidah para wisatawan yang berkunjung dan mencicipi kulinernya. Pasar Kuromon ini merupakan pasar lokal dengan area pertokoan sejumlah kurang lebih 180 kios.

Apa itu Kuromon Ichiba Market?

Pasar Kuromon ini merupakan sebuah pasar tradisional yang menjadi gudang bahan makanan. Oleh sebab itu kios-kios yang ada sebagian besar menjual bahan dasar makanan, seperti ikan maupun produk laut segar lainnya. Selain itu juga terdapat kios sayur mayur, buah-buahan, bahan makanan kering hingga supermarket. Bahan makanan yang dijajakan merupakan bahan dengan mutu dan kualitas tinggi dengan cita rasa yang lezat.

Pasar Kuromon merupakan salah satu kawasan wisata perbelanjaan yang menawarkan aneka jajanan lezat khas Jepang. Kebanyakan penjual dari pasar lokal ini menjual aneka seafood yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar makanan Jepang seperti sushi.

Karena banyaknya wisatawan yang penasaran dengan Kuromon Ichiba Market ini, pihak pengelola pasar menyediakan pusat informasi khusus untuk wisatawan. Mereka mensetting tempat ini bak pasar turis layaknya Malioboro Jogja dengan fasilitas customer servise, map, free wifi, hingga toilet umum.

Sejarah

Pasar yang menjadi destinasi wisata wajib bagi pecinta kuliner ini mulai berdiri pada masa periode Meiji. Dimana pada waktu tersebut pasar Kuromon disebut dengan Emmiji Market. Hingga akhirnya seiring berkembangnya zaman, kawasan pasar tersebut dibangun sebuah pintu gerbang masuk yang disebut dengan Black Gate.

Pasar Kuromon ini berasal dari nama “Kuromon” yang artinya gerbang hitam. Hal ini dikarenakan gerbang yang ada pada kuil yang berada dekat dengan pasar yakni Kuil Emmiji memiliki cat warna hitam. Dari sini pula Kuromon Ichiba Market disebut juga sebagai Pasar Emmiji. Pasar ini telah berdiri sejak 190 tahun yang lalu.

Baca juga:  Seongsan Sunrise Peak | Wisata Menarik Instagramable di Korea Selatan

Sebenarnya pasar kuromon ini merupakan pasar yang digunakan untuk melelang ikan di Area Osaka. Jadi sudah tidak heran jika pasar tradisional ini didominasi oleh kios-kios yang menjual aneka ikan yang aneh-aneh dan jarang di temui di Indonesia seperti ikan fugu maupun ikan lainnya.

Lokasi

Pasar yang menjajakan aneka bahan makanan khas Jepang khususnya makanan laut ini berada di salah satu kota besar di Jepang yaitu Osaka. Tepatnya berlokasi di 2 Chome-4-1 Nipponbashi, Chuo Ward, Osaka.

Kuromon Ichiba Market ini merupakan salah satu bagian pusat perbelanjaan di Nipponbashi, sebuah tempat pusat perbelanjaan di distrik Naniwa Osaka. Lokasi dari Naniwa Osaka ini tidak jauh dari Namba Osaka. Jika Pasar Kuromon focus ke aneka kuliner, Nipponbashi mencakup semua kebutuhan masyarakat Osaka seperti barang elektronik maupun buku-buku seputar manga dan kartun.

Transportasi Umum

Sebelum menuju Pasar Kuromon Anda harus tiba dulu di Nipponbashi. Akses menuju Nipponbashi pun cukup mudah dijangkau dari Stasiun Umeda maupun Stasiun Namba. Jika dari Stasiun Umeda, Anda bisa naik kereta yang menuju Osaka yakni subway Osaka Midosuji Line dan Osaka Sakaisuji Line.

Kemudian turun di Stasiun Ebisucho, lalu keluar melalui pintu 1A atau 1B menuju Nipponbashi dengan tariff 240 yen.Dari Stasiun Nipponbashi, Pasar Kuromon berada di 200 m sebelah kiri stasiun.

Untuk tiba di Kuromon Ichiba Market jika ditempuh dari Stasiun Namba, Anda bisa naik kereta  Nankai Main Line hingga ke Stasiun Tengachaya. Dan selanjutnya menggunakan jalur kereta untuk menuju Osaka hingga sampai ke Nipponbashi.

Wisata Kuliner Osaka, Jepang.

Salah satu makanan khas Jepang yang terkenal adalah sushi, sebuah makanan yang terbentuk dari nasi yang berpadu dengan sayur dan lauk mentah. Namun bagi lidah Indonesia yang kurang cocok dengan sayur dan lauk mentah bisa menggantinya dengan yang setengah matang atau matang sekalipun.

Baca juga:  Avenue Of Stars Hongkong | Ini Alasan Mengapa Wajib ke Sini

Di salah satu kota besar di Jepang seperti Osaka untuk mendapatkan bahan dasar olahan makanan seperti sushi bisa diperoleh di Pasar Kuromon. Di Black Gate Market ini menyediakan aneka bahan makanan segar. Selain sayuran, yang menjadi ikon dari pasar tradisional ini adalah ikan segar yang bermacam-macam dan tentunya jarang dijumpai di tanah air.

Adapun makanan khas yang perlu dicicipi oleh wisatawan saat memasuki Kuromon Ichiba Market ini, adalah sebagai berikut :

  • Ikan Fugu

Ikan Fugu merupakan ikan kelas atas layaknya ikan Salmon di Jepang yang dikenal juga dengan ikan buntal. Di Pasar Kuromon ini, ikan fugu menjadi jajanan khas Jepang yang wajib dicoba oleh wisatawan. Meski ikan fugu terkenal sebagai ikan beracun, namun sebagian besar masyarakat Jepang bisa menikmati ikan satu ini.

Hal ini dikarenakan ikan fugu hanya diolah oleh koki yang memiliki keahlian dan izin khusus. Pengolahan ikan fugu di Jepang ini membuat wisatawan atau pemakan ikan fugu tidak perlu merasa takut akan racunnya. Selain Jepang, negara yang bisa mengkonsumsi ikan fugu adalah Cina dan Korea.

  • Oden

Makanan khas Osaka yang wajib Anda coba selanjutnya di Kuromon Ichiba Market adalah Oden. Oden merupakan makanan yang diolah dengan cara direbus.

Bahan makanan yang terdapat di jajanan Oden ini adalah lobak, tahu ikan, telur dan juga bahan pelengkap lainnya. Kenikmatan dari lezatnya oden ini bisa Anda rasakan saat disajikan secara hangat dengan balutan bumbu yang meresap.

  • Imagawayaki

Imagawayaki atau Obanyaki atau Keitanyaki merupakan sebuah kue khas Osaka. Sebuah kue yang berbentuk bulat dan terbuat dari tepung yang diisi dengan anko atau selai kacang merah, coklat ataupun krim lainnya yang lezat.

  • Takoyaki
Baca juga:  10 Tempat Wisata di Vietnam Paling Banyak Dikunjungi

Di Indonesia saat ini sudah banyak penjual yang berdagang Takoyaki, makanan khas Jepang. Jadi saat Anda berkunjung ke Kuromon Ichiba Market ini wajib mencicipi Takoyaki asli dari Jepang.

Meski harganya cukup mahal dibandingkan di Indonesia atau kurang lebih 60ribuan atau 450 yen, tapi wisatawan akan merasakan lezatnya olahan gurita Jepang. Olahan Takoyaki Osaka ini begitu nikmat dengan crispinya bagian luar dan lumernya bagian dalam.

  • Scallop

Bagi pecinta nugget dan sejenisnya pasti pernah merasakan nugget yang berasal dari scallop. Namun tak banyak yang mengetahui wujud sebenarnya scallop itu sendiri. Untuk itu saat berkunjung ke pasar Kuromon, sebaiknya Anda juga mencicipi kerang berdaging putih ini.

Selain kelima kuliner diatas, masih terdapat aneka jajanan kuliner lainnya yang bisa Anda cicipi di Black Gate Market. Berbagai varian jajanan kuliner yang anda akan memanjakan lidah para penikmatnya. Pasar ini buka setiap hari dengan jam buka yang tergantung pada masing-masing toko. Dengan berlibur ke sini, Anda dapat dengan bebas mencicipi aneka ragam makanan khas Jepang yang disajikan dengan unik. Jadi, sudahkah Kuromon Ichiba Market masuk dalam daftar waitinglist, destinasi wisata khususnya kuliner Anda?

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!