+62 811 114 280 [email protected]

Istana Versailles Perancis, Simbol Arogansi Terbungkus Kemewahan

istana Versailles

Istana Versailles merupakan bangunan termegah dan tercantik yang berdiri di kota Versailles. Kota ini terletak di barat daya kota Paris, Perancis yakni jauhnya sekitar 20 kilometer. Istana Versailles Perancis adalah istana terluas dan termewah dan menjadi panutan atau percontohan bagi beberapa istana di negara lain. Penasaran dengan kecantikan dan kemegahannya sampai-sampai istana ini ditiru oleh negara lain? Yuk simak artikel berikut ini.

Kilas Sejarah Istana Versailles

Awal mula Istana Versailles Perancis adalah sebuah rumah kecil yang dibangun oleh Raja Louis XIII. Rumah kecil ini didirikan di tengah pedesaan Versailles. Tempat ini dibangun dengan tujuan sebagai rumah singgah ketika sang raja berburu di sekitar Versailles.

Delapan tahun kemudian, rumah singgah ini diperluas. Pada tahun 1664 – 1710, rumah ini diperluas dan diperbesar hingga menjadi sebuah istana oleh pengganti Louis XIII yaitu Raja Louis XIV.

Pada masa pemerintahan Raja Louis XVI, istana ini semakin diperindah dengan perabot dan furniture berkelas. Raja Louis VI memiliki istri yang bernama Marie Antoinette yang memiliki sifat luar biasa boros, glamor dan suka kemewahan. Karena Raja Louis XVI sangat mencintai istrinya, dia tidak segan menghabiskan uang negara untuk memenuhi keinginan sang istri.

Di kala itu, Perancis sedang mengalami kesulitan keuangan. Kondisi perekonomian yang kurang baik dan rakyat hidup dalam kesusahan. Melihat tindakan arogansi Sang Raja dan Istrinya dalam menghambur-hamburkan yang negara, rakyat kian marah.

Baca juga:  Cek Porsi Haji di Sini! Cara Update Perkiraan Keberangkatan Ibadah Haji

Mereka melakukan revolusi Perancis yang berakhir pada penangkapan dan hukuman mati bagi Louis XVI dan istrinya. Istana Versailles Perancis dalam kondisi aman selama masa revolusi. Rakyat tidak menjarah dan mencuri barang-barang mewah di istana ini. Namun, selang beberapa saat, semua barang mewah istana disita dan dilelang untuk menambah kas negara. Istana Versailles sendiri dijadikan museum yang nantinya akan menjadi museum seni Perancis terbaik.

Mengintip Bagian Dalam Istana

Saat ini, Istana Versailles Perancis dijadikan objek wisata yang bisa dikunjungi oleh siapapun di dunia ini. Beberapa bagian memang masih dipergunakan untuk rapat majelis dan senat Perancis. Jika Anda ingin berkunjung ke istana mewah ini, sebaiknya kenali dulu beberapa bagian interior dan eksterior istana ini karena setidaknya ada 2300 ruangan. Diantaranya adalah :

1.Grand Apartments

Grand apartments terletak di lantai 2 dengan dua jenis apartment yaitu grand apartment of King dan grand apartment of Queen. Kedua apartment ini letaknya saling berhadapan.

1.1.Grand Apartment of King

Ruangan ini dibagi menjadi 7 ruangan di dalamnya yang setiap ruangan didedikasikan untuk planet dan bintang. Nama-nama ruangan yang ada di dalam grand apartment of King seperti Salon de Diane, salon de Mars, salon de Mercure, dan lain sebagainya.

1.2.Grand Apartment of Queen

Ruangan ini setidaknya pernah ditempati oleh 3 ratu yaitu istri Louis XIV, istri Louis XV dan istri Louis XVI. Ruangan ini terdiri dari 7 ruangan dengan desain yang sama persis dengan milik grand apartment of King. Nama ruangannya adalah Chapel, Salle de gardes, antichambre, chambre, cabinet, grand cabinet, oratory, dan petit cabinet.

Baik apartment raja dan ratu sama-sama dihiasi dengan kemewahan dan interior glamor. Di langit-langit Istana Versailles Perancis, dilukiskan kisah-kisah kepahlawan yang setema dengan desain setiap ruangan. Kemewahan ini sungguh tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Baca juga:  Dam Square, Alun-alun Amsterdam yang Klasik dan Selalu Ramai

2.Hall of Mirrors

Hall of Mirror adalah sebuah aula yang sangat besar. Di dalamnya berisi 17 cermin dinding yang memantulkan bayangan barisan jendela-jendela besar di hadapannya.

Aula ini didesain dengan sangat klasik dan antik menggunakan warna dominan emas dan kecoklatan. Lampu-lampu kristal menawan berbaris rapi tergantung di sepanjang hall of Mirrors semakin menambah aura mewah dan glamor dari ruangan ini.

3.Chapel of Versailles

Bangunan ini merupakan sebuah gereja yang dibangun oleh Louis XIV pada tahun 1689. Gereja ini memiliki desain mirip katedral yang populer pada jaman pertengahan dengan ornamen seperti patung Gargoule dan bentuk atap yang lancip. Kombinasi arsitektur antara gothic dan baroque style di bagian Istana Versailles Perancis ini juga mewarnai chapel yang didominasi warna putih dan keemasan ini.

4.Royal Opera

Royal Opera merupakan sebuah gedung opera yang sekarang ini masih sering dipergunakan untuk pertunjukan opera. Gedung ini dapat menampung hingga 700 orang. Dahulu royal opera dibangun oleh Louis XV, dan digunakan pertama kali untuk pesta pernikahan Louis XVI dengan Marie Antoinette. Gedung ini didominasi warna pink, emas dan hijau.

5.Grand Trianon dan Petit Trianon

Di dalam istana Versailles, terdapat dua istana kecil yang terletak di area taman. Kedua istana ini adalah Grand Trianon dan Petit Trianon. Grand Trianon dibangun pada masa Louis XIV sedangkan Petit Trianon dibangun pada masa Louis XV. Istana ini dibangun dengan tujuan untuk memberikan privasi kepada raja dimana mereka bisa beristirahat dan terlepas dari formalitas.

6.Garden of Versailles

Taman istana Versailles Perancis ini memiliki luas yang cukup mencengangkan yaitu sekitar 100 hektar. Tidak heran jika Garden of Versailles menjadi taman istana terluas di dunia. Dalam taman ini terdapat bangunan orangery, air mancur, kolam, kanal, taman-taman bunga dengan pola-pola geometrik dan lain sebagainya.

Baca juga:  Mau Liburan ke Labuan Bajo 4 Hari 3 Malam? Ini Beberapa Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi

7.Marie Antoinette Estate

Dalam bangunan ini, Anda bisa mengunjungi beberapa bagian bangunan lainnya seperti chapel, french pavillion, temple of love dan masih banyak lagi.

Akses ke Istana Versailles

Istana Versailles beralamatkan di Place d’Armes 78000 Versailles France. Jam buka dari istana ini dibedakan menjadi 2 bagian yaitu :

High Season,

  • antara 1 April hingga 31 Oktober dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Istana, dibuka setiap hari kecuali Senin pada pukul 09.00 – 18.30
  • Trianon Palace, dibuka setiap hari kecuali Senin pada pukul 12.00 – 18.30
  • Taman, dibuka setiap hari pada pukul 08.00 – 20.30

Low Season,

  • antara 1 November sampai 31 Maret dengan ketentuan yaitu :
  • Istana, dibuka setiap hari kecuali Senin pada pukul 09.00 – 17.30
  • Trianon Palace, dibuka setiap hari kecuali Senin pada pukul 12.00 – 17.30
  • Taman, dibuka setiap hari pada pukul 08.00 – 18.00

Untuk tiket masuk ke istana Versailles, Anda bisa membelinya di lokasi atau pesan melalui web pemesanan online resmi istana Versailles. Anda juga bisa menggunakan Paris Sightseeing Pass untuk bisa memasuki istana Versailles di Paris dengan gratis. Tiket ini juga bisa digunakan untuk 60 tempat wisata lainnya di Paris. Istana Versailles Prancis memang cukup mengesankan baik dari bentuk fisik maupun sejarahnya. Istana ini menyimpan keindahan sekaligus cerita memilukan karena arogansi penguasa yang membiarkan rakyatnya menderita. Ingin berkunjung ke tempat ini dan merasakan langsung bagaimana kemegahannya? Silahkan bergabung dengan program tour dan travel jasa perjalanan. Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya di sekitaran Paris yang layak dikunjungi.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!