+62 811 114 280 [email protected]

Cara Mendapatkan Visa Schengen Tanpa Penolakan? Perhatikan Syaratnya Berikut Ini

cara mendapatkan visa schengen

Cara mendapatkan Visa Schengen – Berlibur dan mengunjungi Eropa merupakan impian yang ingin diwujudkan bagi banyak orang di Indonesia. Untuk dapat bepergian ke Eropa anda harus memiliki Visa Schengen atau dikenal juga dengan nama Visa Eropa. Masa berlaku visa Schengen adalah 90 hari untuk turis, keluarga dan keperluan lainnya kecuali untuk keperluan bekerja.

Visa Schengen adalah visa yang berlaku dalam waktu pendek di 26 Negara Eropa yang menandatangani perjanjian di Schengen, Luksemburg, pada tahun 1985  berikut ini:

Austria, Belgium, CzechRepublic, Denmark, Estonia, Finland, France, Germany, Greece, Hungary, Iceland, Italy, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luxembourg, Malta, Netherlands, Norway, Poland, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spain, Sweden, dan Switzerland.

cara mendapatkan visa schengen pembuka

Saat kita mengajukan aplikasi visa Schengen ada kalanya ditolak karena berbagai alasan. Untuk meminimalkan kemungkinan penolakan visa Schengen maka anda harus meperhatikan hal-hal di bawah ini.

 

1. Tidak Memiliki Riwayat Dan Atau Catatan Kriminal

Kepemilikan catatan kriminal, baik dari masa lalu atau sekarang, adalah alasan utama mengapa aplikasi visa Schengen ditolak. Ada kemungkinan kedutaan atau konsulat mencurigai orang-orang tertentu telah melakukan pelanggaran ini. Mereka khawatir kehadiran mereka akan berdampak negatif pada keadaan keselamatan publik di negara-negara Schengen yang akan dikunjungi. Terorisme, penyalahgunaan narkoba, pelecehan anak, dan kejahatan besar lainnya termasuk di antara yang menyebabkan penolakan visa.

Baca juga:  Cek Porsi Haji di Sini! Cara Update Perkiraan Keberangkatan Ibadah Haji

 

2. Isi dan lengkapi Syarat-syarat Dokumen Untuk Pengajuan Visa dengan Lengkap dan Benar

Saat mengajukan visa Schengen, perlu untuk menyediakan sejumlah dokumen, termasuk paspor asli dan fotokopi, foto paspor, formulir Visa Schengen, dan sebagainya. Ini salah satu syaratnya. Dokumen asli harus digunakan setiap saat, dan harus berisi informasi yang akurat.

Jika diketahui bahwa Anda menggunakan identitas atau dokumen palsu, aplikasi Anda untuk visa Schengen hampir pasti akan ditolak. Kredensial pekerjaan, bukti keuangan, surat referensi dari bank, dan bahkan bukti pemesanan tiket pesawat adalah beberapa jenis dokumen yang sering dipalsukan datanya, jadi pastikan anda tidak melakukan nya.

Informasi pribadi yang berbeda pada beberapa dokumen pendukung juga menjadikan alasan potensial lain mengapa aplikasi visa Anda dapat ditolak.

cara mendapatkan visa schengen agar tidak ditolak

 

3. Alasan Perjalanan Yang Tidak Jelas

Ada banyak orang yang tidak memiliki alasan kuat untuk bepergian ke negara Eropa sehingga permohonan visa merka tidak disetujui. Misalnya anda tidak memiliki keterangan kerja yang meyakinkan.

Alasan lain yang mungkin adalah Anda tidak dapat memberikan bukti bahwa Anda akan kembali ke negara Anda setelah liburan. Ada kemungkinan Anda akan dicurigai berusaha mencari pekerjaan di negara yang akan Anda kunjungi. Untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan visa, disarankan agar Anda menghabiskan setidaknya satu tahun bekerja di organisasi atau kantor.

 

4. Paspor Yang Rusak Atau Kedaluwarsa

Anda diminta untuk memeriksa bahwa tanggal kedaluwarsa paspor Anda kurang dari enam bulan dari tanggal perjalanan Anda. Selain itu, paspor harus menyertakan setidaknya dua halaman kosong yang dapat digunakan untuk memasukkan cap visa ketika disetujui.

Selain itu, paspor itu sendiri harus dalam kondisi baik dan bebas dari robekan atau lipatan. Jika Anda memiliki paspor elektronik, Anda perlu memastikan bahwa Anda merawatnya dengan baik agar tidak mudah rusak.

Baca juga:  Air Mata Kucing, Minuman Berkhasiat Asal Negeri Jiran

 

5. Tidak Dapat Memberikan Penjelasan Ringkas Rencana Perjalanan

Sebelum mengajukan permohonan visa Schengen, sangatlah penting untuk mengatur rencana perjalanan ke Eropa. Karena menggunakan rencana perjalanan, seseorang dapat menentukan apakah aplikasi visa dikirim ke kedutaan atau stasiun konsuler yang sesuai atau tidak.

Saat mengajukan permohonan visa Schengen, mungkin saja ditolak karena Anda pergi ke kedutaan Schengen yang salah. Pembenaran lain mengapa Anda tidak dapat memiliki reservasi pesawat dan bukti bahwa Anda memiliki tempat tinggal di lokasi tersebut.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Visa Schengen Anda Ditolak?

Penolakan permohonan visa Anda untuk memasuki Eropa pasti sangat tidak menyenangkan. Selain itu, pembayaran untuk visa yang telah dikeluarkan tidak dapat dikembalikan. Namun, bagi Anda yang telah mencoba mengajukan permohonan visa tetapi tidak berhasil, masih ada beberapa opsi yang tersedia untuk Anda agar dapat terus menikmati waktu libur Anda di Eropa.

  • Lengkapi dokumen yang kurang. Dokumen pendukung yang tidak lengkap mungkin menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ditolaknya aplikasi visa. Dalam sebagian besar kasus, pelamar di beberapa negara Schengen akan diberikan waktu baik sebelum atau setelah wawancara terjadwal mereka untuk menyelesaikan dokumentasi yang belum terselesaikan.
  • Mengajukan banding. Kesempatan untuk mengajukan banding atas keputusan dapat ditemukan di sejumlah negara Schengen, antara lain Belgia, Denmark, Prancis, Jerman, Italia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Spanyol, dan Swedia. Jangka waktu antara pemberitahuan penolakan dan pembukaan proses banding berkisar antara 21 sampai 90 hari, terhitung sejak surat penolakan diumumkan.
  • Ajukan aplikasi untuk visa baru. Jika negara Schengen yang ingin Anda kunjungi tidak menawarkan kesempatan untuk mengajukan banding, maka satu-satunya alternatif lain yang tersedia bagi Anda adalah mengajukan permohonan visa ulang. Namun, jangan mengajukan dalam waktu yang pendek jaraknya setelah penolakan karena kemungkinan besar akan di tolak kembali.
Baca juga:  12 Kota Turki yang Spektakuler | Jangan Lupa Datang Ke Sini

Membuat visa Schengen memang tidak mudah seperti uraian diatas. Kami dari Hayatun Tour siap membantu anda mendapatkan visa dengan kerjasama anda memberikan dokumen persyaratan yang diminta sehingga usah anda mendapatkan visa Schengen menjadi lebih mudah. Silahkan memilih tour Eropa mana yang akan anda ikuti bersama Hayataun tour.

Leave a Reply

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!