+62 811 114 280 [email protected]
wisata barcelona

Ibukota Catalunya yang terletak di timur laut Andalusia ini di masa sebelum Islam termasuk wilayah kekuasaan kerajaan Aragon.

Letak geografis Barcelona sangat strategis karena merupakan pelabuhan di pesisir Mediterania dan berdekatan dengan pegunungan Pyrenees, perbatasan Perancis.

Barcelona tampaknya menjadi prioritas dalam tahapan futuhat Islam di Andalusia. Kota ini ditaklukkan langsung oleh Thariq bin Ziyad dan Musa bin Nushar dalam sebuah misi penaklukkan bersama sebelum keduanya fokus ke arah barat daya Andalusia; Navarre, Castilla, dan Leon, yang tidak sempat mereka tuntaskan.

Barcelona menjadi kota Islam pertama di Andalus yang jatuh ke tangan kerajaan katolik. Masa kekuasaan Islam di kota ini pun menjadi yang terpendek, yaitu hanya sekitar 240 tahun. Itupun terbagi dua; 90 tahun pertama (abad 8M) di masa Bani Umayyah hingga pemerintahan Al-Hakam bin Hisyam. Berikutnya 150 tahun sejak penaklukkan kedua oleh Al-Manshur bin Abu Amir (akhir abad 10M-12M).

Kini, nyaris atau bahkan sama sekali tidak ada jejek Islam di Barcelona. Generasi Muslim pun banyak yang tidak mengetahui Barcelona selain klub sepak kenamaan FC Barcelona dengan sederet bintangnya. Padahal di tanah ini syariat Allah pernah diterapkan dan agama Islam ditegakkan lebih 200 tahun.

Catatan hari terakhir Rihlah Andalusia
Barcelona, 08 Januari 2018
Ustadz Asep Sobari Lc

Baca juga:  Menikmati Keindahan Musim Gugur Di Negeri Ginseng Korea Bersama Hayatun Tour

Leave a Reply

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!