+62 811 114 280 [email protected]

11 Wisata Halal Indonesia, Aman bagi Para Turis Domestik dan Mancanegara

wisata halal indonesia

Apa yang anda pikirkan tentang wisata halal Indonesia? Bajunya yang harus muslimah ketika berkunjung? Atau wisata yang hanya dikunjungi umat Islam saja? Jawabannya tidak. Halal memang identik dengan agama Islam.

Halal berarti makanan tidak mengandung hewan yang dilarang dikonsumsi serta alkohol. Tidak hanya itu pengolahan pangan pun harus suci dan caranya sesuai hukum Islam. Contohnya daging yang disembelih harus dengan tata cara Islam (membaca bismillah).

Wisata halal sudah menjadi tren di masa sekarang. Banyak negara non muslim yang sudah menerapkannya. Contohnya saja di Korea Selatan dan Jepang. Wisata halal yang dimaksud di sini adalah fasilitas ramah umat Islam dan penyajian makanannya.

Di destinasi itu terdapat sebuah tempat ibadah kaum muslim. Bahkan makanan halal dan haram dipisahkan. Alat-alat masaknya pun disendirikan. Tidak hanya di luar negeri, wisata halal Indonesia pun ada.

Daftar Tempat Wisata Halal di Indonesia

Negara mana yang mempunyai umat Islam terbanyak? Apakah di Makkah? Tidak. Negara Indonesia jawabannya. Destinasi wisata di Indonesia tidak perlu diragukan lagi keindahannya.

Setiap daerah mempunyai daya tarik yang berbeda-beda. Karena Indonesia mayoritas bangsanya beragama Islam, maka objek wisatanya dibuat konsep ramah terhadapnya. Dengan begitu wisatawan muslim banyak yang berdatangan ke daerah wisata tersebut. Tentu saja menambah penghasilan di wilayah situ kan.

Berikut beberapa region yang memakai konsep wisata halal Indonesia:

1.Jawa Tengah

Jawa Tengah mempunyai destinasi-destinasi wisata yang layak dikunjungi. Banyak situs-situs sejarah yang memukau turis. Tidak hanya itu wisata alam dan budaya pun ada.

Baca juga:  Pantai Pantai Terindah Di Dunia

Misalnya candi-candi, pantai, Masjid Agung Semarang , Menara Kudus, Gunung Perahu, dan masih banyak lagi. Area-area  tersebut menyediakan tempat ibadah. Makanannya pun dijamin banyak yang halal.

2.Jawa Timur

Kota friendly di Malang sangat mendukung wisata halal Indonesia semakin baik. Infrastruktur bandaranya yang sangat memenuhi syarat pasar wisata. Tidak hanya itu makanan yang terdapat di warung-warung makan terjamin kehalalannya.

Bahkan banyak sekali bangunan-bangunan masjid di area wisata. Di tempat-tempat penginapan pun sudah di tunjang dengan disediakan tempat ibadah. Bukan di Malang saja yang digadang sebagai halal tourism. Bromo dan Semeru pun berpredikat wisata ramah Islam. Akomodasi dan sarana transportasi selalu digalakkan seperti di Malang.

3.Jawa Barat

Pemerintah Jawa Barat sedang menggalakkan wisata halal Indonesia dengan besar-besaran. Dukungan wisata Islami dengan mengkonstruksi replika Masjid Terapung dan Museum Assalamualaikum Ayuuhan Nabi di Gedebage, Bandung.

Bahkan pariwisata lainnya pun dibuat ramah muslim. Seperti Pantai Pelabuhan ratu dan Pangandaran. Tempat lainnya Grand Canyon, Taman safari Indonesia, Kawah Putih, Wisata Lembang, dan Ciater.

4.Yogyakarta

Kota Gudeg ini sudah menjadi tujuan wisata yang populer di penjuru dunia. Pemerintahannya pun memikirkan para turis yang berkunjung. Apakah fasilitas- fasilitas yang disediakan sudah nyaman buat turis muslim.

Hal itulah yang membuat pengelola wisata membuat konsep wisata halal Indonesia. Pengembangan itu dibuktikan dengan beberapa tempat-tempat penginapan syariah dan kuliner halal. Di sekitar tempat-tempat liburannya pun terdapat tempat ibadah umat Islam.

5.Jakarta

Ibukota negara Indonesia ini juga mendapatkan sertifikat untuk wisata halal yang terbaik. Tempat ini mempunyai sejarah tentang Islam dengan jumlah dua puluh. Ada 510 hotel bersertifikat halal.

Tempat penginapannya ini dibuktikan dengan menerapkan gaya syariah dengan dapur yang halal dan tidak mengandung babi. Adapula sebelas Islamic event dan sembilan belas muslim friendly attraction. Berdirinya tempat ibadah umat muslim pun sebanyak 7.795.

Baca juga:  Indahnya Pulau Nami Di Korea

6.Lombok

Salah satu daerah di Nusa Tenggara Barat ini telah banyak penghargaan dalam konsep wisata halal. Tahun 2015 saja ada dua apresiasi sekaligus dari World Halal Travel Awards (WHTA). Penghargaannya berupa World Best Halal Honeymoon Destination dan World Best Halal Tourism Destination.

Hal itu dibuktikan dengan berdirinya ribuan masjid, 60 hotel dan restaurant halal, dan sertifikat self claimed berjumlah 1.076. tidak hanya itu, Lombok menawarkan tujuh event bertemakan Islam, sebelas paket tur halal, dan adanya situs sejarah Islam.

7.Sumatera Barat

Sumatera Barat menjadi wisata halal Indonesia terbaik. Wilayah ini mendapatkan empat penganugerahan wisata hala terbaik berupa restoran, kuliner, biro wisata, dan destinasi wisatanya. Hadiah ini didapat ketika mengikuti Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPKHN). 

Penyelenggaraannya Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. bahkan tahun 2019 wilayah ini mendapatkan 59 poin dalam tujuan wisata halalnya dari tahun 2018. Jadi ketika melancong ke sini tidak perlu risau terhadap makanan dan hotelnya. Sudah sesuai syariat Islam.

8.Aceh

Kerjasama aceh dalam hubungan wisata halal telah mendirikan bandara Internasional. 12 bandara domestik pun tersedia. Bahkan pembangunan rute-rute bus antar untuk memudahkan wisatawan berlibur.

Pembangunan jalan pun dibuat dengan panjang 1.069.032. Selain itu terdapat sepuluh info-info pemasaran dalam event Islam. Bahkan brosur-brosur halal pun ada.

Berdasarkan itulah Aceh mendapatkan apresiasi pada tahun 206 oleh WHTA. Pihak WHTA menobatkan Aceh sebagai World’s Best Halal Cultural Destination dan Aiport for Halal Travellers. Pertumbuhan wisata yang memadai ini meningkat secara signifikan.

9.Sulawesi Selatan

Destinasi wisata yang sangat terkenal di Sulawesi Selatan adalah Pantai Losari. Pantai  itu menjadi tempat ikonik di Makassar. Pemandangan indah lainnya eksotisnya bawah laut Pulau Samalona dan Taman Nasional Taka Bonerate.

Baca juga:  Pantai Pantai Terindah Di Dunia

Rumah-rumah adat pun disediakan untuk membuat daya tarik turis. Contohnya saja Rumah Panggung Bugis dan Rumah Adat Tongkonan di Toraja. Mau yang berbau Islami sekaligus bersejarah? Datanglah ke Makam Sultan Hasanudin dan Masjid Terapung Al-Makazzary.

Dengan banyaknya tempat pariwisata tersebut, maka pemerintah Sulawesi Selatan berani membuka wisata halal. Ditujukan baik wisatawan mancanegara (wisman) dan domestik. Dengan begitu para turis yang beragama Islam dengan tenang dapat melakukan ibadah sekaligus berlibur.

10.Kepulauan Riau

Sama halnya dengan Aceh, pertumbuhan wisata di wilayah ini pun mengalami peningkatan drastis. Wisata bersertifikasi halal pun dicanangkan oleh pemeritahannya.

Banyak sekali tempat-tempat ibadah di area pariwisata. Selain itu menyajikan kuliner-kuliner yang boleh dikonsumsi kaum muslim. Sehingga umat Islam nyaman dan tenang ketika berwisata di Kepulauan Riau ini.

11.Banten

Pemerintah dan masyarakat Banten sangat bersungguh-sungguh membuat wisata halal Indonesia. pada tahun 2017 warganya mengadakan Festival Wisata Halal Banten. STES Islamic Village menjadi penyelenggara event tersebut. dukungan serta dorongan itu menunjukkan bahwa Banten siap menjadi wisata ramah muslim. Kunjungi: Pondok Thoyyibah

Bahkan provinsi ini sudah mempromosikan sebagai destinasi wisata halal baik untuk wisatawan Indonesia maupun mancanegara. Dengan begitu wilayah ini bersedia mendapatkan predikat Destinasi Wisata Halal Dunia. Wisata halal Indonesia tidak hanya berlaku bagi turis lokal saja. Tujuan lainnya untuk menarik wisatawan mancanegara khususnya Timur Tengah untuk plesiran ke Indonesia. Bahkan ekonomi di Indonesia pun semakin meningkat. Indonesia juga menadapatkan penghargaan dari Global Muslim Travel Index (GMTI), sebagai wisata halal terbaik di dunia pada tahun 2019. Maka dari itu mari tetap jaga Indonesia menjadi wisata halal terbaik dunia.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!