+62 811 114 280 [email protected]

Menilik Budaya Korea yang Khas, Unik dan Menarik

budaya korea

Mendunianya nama Korea Selatan membuat orang bertanya-tanya. Apa sih yang sebenarnya menarik dari negara ini sehingga banyak negara-negara lain yang berkiblat kepadanya? Bagaimana negara yang tidak lebih besar dari pulau Jawa ini bahkan mampu menjajah dan menyuntikkan budayanya dalam negara Indonesia? Pasti ada sesuatu yang menarik dari budaya Korea yang membuat orang Indonesia jatuh cinta. Dengan tidak mengesampingkan budaya sendiri, berikut ini beberapa budaya Korea Selatan yang unik, khas dan menarik untuk dipelajari.

Ragam Budaya Korea yang Perlu Diketahui

Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi negeri ginseng ini, setidaknya pelajari beberapa budaya Korea supaya tidak terlalu kaget begitu tiba di sana. Ini adalah budaya sehari-hari masyarakat Korea, diantaranya adalah :

Menyapa dan Mengucapkan Salam

Budaya pertama yang harus Anda ketahui adalah bagaimana orang Korea menyapa dan mengucapkan salam kepada orang lain. Cara tradisional dan bisa dimanfaatkan dalam berbagai kesempatan adalah dengan cara menunduk. Proses menunduk dilakukan oleh badan dan kepala secara bersamaan dan membentuk sudut tumpul.

Bagi laki-laki, selain membungkuk, mereka juga menyapa dengan cara berjabat tangan. Pastikan untuk menyentuh siku tangan kanan dengan tangan kiri Anda sebagai bentuk penghormatan. Sedangkan untuk wanita, biasanya jarang menggunakan cara bersalaman. Mereka hanya saling menunduk saja.

Bahasa dan Cara Berkomunikasi

Korea Selatan sangat menjunjung tinggi strata usia. Mereka menghormati orang yang lebih tua. Hal ini dapat terlihat dari jenis bahasa yang digunakan. Jika pada orang yang lebih tua, mereka akan menggunakan bahasa Jondaemal atau bahasa formal. Sedangkan untuk teman sebaya atau yang lebih muda, mereka akan menggunakan bahasa Banmal atau versi non formal.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Visa Schengen Tanpa Penolakan? Perhatikan Syaratnya Berikut Ini

Selain itu, orang Korea juga tidak suka terhadap penolakan. Mereka jarang sekali mengatakan tidak atau menolak ketika diajak atau ditawari sesuatu. Hal ini dikarenakan mengatakan kata tidak, dianggap sebagai perilaku yang kurang sopan dan tidak menghargai. Maka dari itu, Anda harus pandai-pandai membaca postur tubuh seseorang sebelum menawarkan atau mengajak melakukan suatu hal.

Menjaga Privasi

Orang Korea sangat sensitif terhadap orang asing atau yang tidak dikenal. Jangan coba-coba untuk menyentuh mereka seperti menepuk punggung atau memeluk secara tiba-tiba. Anda bisa ditampar atau ditendang. Menyentuh orang yang tidak dikenal dengan tiba-tiba dianggap sebagai pelecehan dan tidak sopan. Mereka sangat menjaga privasi orang lain dan saling menghormati dengan tidak mudah menyentuh.

Tata Cara Memberikan Hadiah

Dalam memberikan hadiah, ada etika dan tata cara tersendiri yang harus ditaati. Pada dasarnya, orang Korea sangat murah hati dan mudah memberikan hadiah pada orang lain.

Ketika Anda menerima hadiah, terimalah dengan dua tangan. Jangan membuka hadiah di depan orang yang memberi kecuali diminta. Bukalah hadiah tersebut setelah pemberinya pulang.

Jika Anda menerima hadiah, berarti Anda harus menawarkan hal lain seperti bantuan atau hal lain yang senilai. Ini merupakan budaya Korea yang harus Anda ketahui jika berkunjung atau tinggal di sana sementara waktu.

Sebaliknya, jika Anda ingin memberikan hadiah, jangan membungkus dengan warna gelap seperti hitam, biru tua ataupun merah. Gunakan kertas bungkus berwarna terang seperti kuning, atau hijau cerah.

Jika Anda berkesempatan diundang untuk berkunjung ke rumah seseorang, pastikan untuk tidak lupa membawa buah tangan. Anda bisa membawa bucket bunga, makanan, paket minuman, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Peradaban Islam di Andalusia

Jika tuan rumah merupakan orang yang sudah cukup akrab dengan kita, Anda bisa memberikan buah tangan berupa alkohol ringan seperti bir atau sebotol anggur.

Etika Bertamu

Jika Anda diundang untuk datang ke rumah seseorang, pastikan untuk tidak terlambat. Kalaupun terpaksa harus datang terlambat, jangan sampai lebih dari 30 menit karena ini adalah batas toleransinya.

Sebelum memasuki rumah, pastikan untuk tidak lupa melepas sepatu atau sandal yang Anda gunakan. Undangan ke rumah pribadi merupakan sebuah kehormatan karena biasanya mereka jarang memberikan undangan ke rumah.

Oleh sebab itu, pastikan untuk menjaga sopan santun seperti cara duduk, cara berbicara serta hormati kebiasaan mereka. Biasanya akan ada tradisi minum alkohol dalam kesempatan seperti ini. Untuk itu Anda juga harus mempelajari tata caranya.

Tuan rumah akan menuangkan minuman di gelas Anda. Anda harus mengangkat gelas dengan tangan kanan dan menopangnya dengan tangan kiri. Ketika hendak minum, Anda harus memalingkan wajah ke kanan dan menenggak minumannya secara langsung dan tidak menyisakan sedikitpun. Hal ini adalah tata cara minum dalam budaya Korea.

Budaya Korea Selatan yang Mendunia

Jika diatas kita membahas mengenai budaya Korea selatan sehari-hari yang mungkin belum Anda ketahui, berikut ini akan berbeda. Kita akan membahas budaya Korea Selatan yang sudah terkenal luas di dunia dan sudah menjadi ciri dari negara Korea ini sendiri. Diantaranya adalah :

Kimchi

Bagi Anda yang menyukai drama atau film Korea, setidaknya pasti pernah mendengar istilah Kimchi. Kimchi adalah makanan hasil fermentasi dengan bahan sayur seperti sawi putih, wortel, lobak, mentimun dan lain sebagainya.

Namun, kimchi yang paling populer adalah kimchi sawi putih. Kimchi merupakan makanan sehat karena mengandung banyak bakteri probiotik. Makanan ini sudah menjadi makanan wajib dalam setiap sajian makanan masyarakat Korea,

Baca juga:  Istana Versailles Perancis, Simbol Arogansi Terbungkus Kemewahan

Soju

Budaya Korea yang kedua adalah minum soju atau minuman beralkohol. Budaya ini sangat kental dilakukan oleh masyarakat Korea. Mereka bahkan akan minum di siang hari atau setiap malam hari. Budaya minum seperti ini sudah menjadi ciri khas dari bangsa Korea.

Perayaan Chuseok

Perayaan Chuseok adalah hari libur nasional dalam rangka memperingati tahun baru imlek dan chuseok atau festival panen. Dalam perayaan ini, masyarakat Korea akan melakukan pertemuan keluarga di kampung leluhur.

Mereka akan saling memberi hormat, memberi salam kepada orang tua, makan besar dengan seluruh keluarga. Setelah festival ini, mereka akan berkunjung ke Seoul Tower untuk menikmati keindahan kota Seoul dari ketinggian.

Hanbok

Pakaian ini merupakan model pakaian yang dikenakan masyarakat Korea ribuan tahun yang lalu. Setelah invasi kebudayaan barat, penggunaan pakaian hanbok mulai berkurang. Namun, pakaian ini dijadikan pakaian tradisional dan dikenakan dalam berbagai kegiatan khusus dan penting seperti pernikahan, pertemuan keluarga, pemakaman dan lain sebagainya.

Wajib Militer

Wajib militer merupakan budaya Korea yang terus dipertahankan hingga saat ini. Setiap pemuda yang sudah cukup usianya, diwajibkan mengikuti kegiatan wajib militer dengan melayani negaranya selama kurang lebih 2 tahun. Kegiatan ini sebagai bentuk rasa cinta terhadap negara Korea Selatan.

Bagaimana? Cukup menarik bukan? Korea Selatan memang bukan negara yang luas namun budaya mereka seakan sudah meluas dan menjajah hampir ke seluruh dunia. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi negara ini? Jika tertarik, silahkan bergabung dengan program-program perjalanan  yang diselenggarakan oleh jasa tour dan travel. Di sana, Anda akan mendapatkan itinerary terbaik untuk perjalanan menyenangkan ke Korea Selatan.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!