+62 811 114 280 [email protected]

Perkembangan Sejarah Peradaban Muslim di Bolgar, Rusia

bolgar rusia

Perkembangan sejarah peradaban muslim di Bolgar, sebuah rumah bagi Alquran terbesar di dunia sangat menarik untuk dibicarakan. Bolgar memang terdengar mirip dengan Bulgaria.

Namun, apakah Anda pernah mendengar Bulgaria di tengah-tengah Rusia? Sebenarnya, bangsa Bulgaria memang memiliki saudara tersembunyi di pedalaman Republik Tatarstan, Rusia.

Benar sekali, saudara tersembunyi yang memang kurang terkenal tersebut yaitu Bolgar. Meskipun kurang terkenal, Bolgar rupanya menyimpan sejarah panjang bagi peradaban umat islam. Bolgar bahkan menjadi salah satu kota kuno dan kota penting di Negara Rusia ini.

Kisah Kubrat dan Kelima Putranya

Sejarah peradaban muslim di Bolgar berawal dari Proto Bulgaria tentang kisah Kubrat dan kelima puteranya. Ketika bangsa Mongol belum Berjaya, Proto Bulgaria merupakan sebuah kerajaan bangsa Turk yang berdiri di sekeliling Laut Azov yang kini merupakan Wilayah Rusia modern dan Ukraina.

Pada masa kerajaan tersebut, bangsa Proto Bulgaria dikenal memiliki keterampilan yang baik dalam membangun benteng-benteng besar dan peralatan pertempuran dimanapun mereka berada. Kerajaan ini berhasil menguasai sebagian pesisir laut Hitam pada masa Khan Kubrat yang sangat terkenal.

Meskipun begitu, ketika Kubrat telah wafat rupanya kelima puteranya memilih untuk berpisah. Masing-masing dari putera Kubrat pun pergi ke arah yang berbeda-beda untuk mendirikan negaranya sendiri. Dua anaknya berhasil sukses dan mendirikan Bulgaria sebagaimana yang dikenal hingga sekarang. Ia adalah Asparuh. Satunya lagi yaitu Kotrag. Ia berhasil pergi ke utara dan menyusuri sepanjang sungai Volga.

Kisah Renaisans di Volga

Apakah yang terjadi dengan sejarah peradaban muslim di Bolgar selanjutnya? Kala itu, pengikut Kotrag yang melanjutkan perjalanan ke utara pun mendirikan Bolgar. Ini adalah sebuah metropolis di Eurasia yang sebenarnya. Mereka menaklukan orang0orang Bulgaria Volga dan mendirikan sebuah kerajaan besar di jantung Rusia.

Baca juga:  Jadwal Shalat Ramadhan 1441H atau 2020H

Penguasa Bolgar bernama Aydai Khan memeluk islam pada tahun 922. Ia pun membangun sejumlah masjid dan madrasah. Negaranya pun menjadi perantara utama pada sepanjang Jalur Sutra. Bolgar akhirnya menjadi pusat peradaban islam di Eropa Timur dalam waktu sekejap.

Bahkan, sejarah peradaban muslim di Bolgar mengisahkan bahwa Bolgar tetap menjadi sebuah situs yang penting ketika Bangsa Mongol dan Rusia menguasai seluruh negeri. Bolgar yang terletak di pinggir sungai Volga dan tenang memang menyisakan kota kuno, benteng, masjid, dan makam membuktikan keterampilan memahat batu mereka pada jamannya.

Hingga saat ini, sisa dari Bulgaria Volga yang merupakan asal komunitas islam yang menetap di sepanjang sungai Volga bisa dilihat. Dalam sekali setahun, dilakukan kunjungan ziarah keagamaan ke Bolgar. Orang-orang Tartar bahkan menganggap mereka merupakan pewaris dan pelindung situs dari peninggalan orang Bulgar.

Signifikansi Nasional

Cerita dan sejarah peradaban muslim di Bolgar memang bisa dipelajari hingga sekarang ini. Bolgar kini bukan hanya sekedar monument saja. Namun, ini merupakan sebuah situs yang telah diakui sebagai warisan dunia UNESCO. Hal ini tidak terpisahkan dari sejarah bangsa islam di penjuru Rusia. Bolgar menjadi situs warisan utama dan dilindungi di Rusia.

Pyotr yang Agung pada tahun 1722 pun secara pribadi merenovasi situs bersejarah tersebut. Renovasi dilakukan karena menara-menara lonceng di Bolgar kuno memang telah hancur. Akhirnya, 12 hingga 15 tukang batu pun dikirimkan. Sebelum dibangunnya istana musim dingin, Kremslin, Bolgar merupakan tempat tinggal utama bagi peradaban misterius Eropa Timur.

Ketika wisatawan datang ke tanah Rusia, maka pastikanlah untuk mampir di Republik Tatarstan. Disana, Anda bisa menemukan Bulgaria dan yang lainnya. Hal tersebut rupanya jauh lebih penting dibandingkan apa yang pernah Anda bayangkan mengenai Rusia.

Baca juga:  Andalucia Abadi Dalam Ingatan Kaum Muslimin di Dunia

Sejarah Peradaban Muslim Bolgar Meninggalkan Wisata Religi

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Bolgar bisa memulainya dengan mengunjungi Bolgar terlebih dahulu dibandingkan dengan Kazan. Aka nada layanan hydrofoil yang melayani berjalanan ke Bolgar untuk mengarungi sungainya yang benar-benar indah mempesona. Situs bersejarah islam Bolgar tepatnya terletak di Sungai Volga. Terdapat sebuah dermaga dan museum arkeologi disana.

Reruntuhan di Bolgar yang tersisa dan bisa dilihat sebagian besar berasal dari periode ketika kota memiliki fungsi sebagai ibu kota Gerombolan Emas. Disana, Anda bisa melihat Mausoleum, Masjid, Istana, dan gereja-gereja Ortodoks yang memiliki warna tersendiri.

Umat islam bisa mengunjungi Masjid Agung, Mausoleum Timur, dan Kamar Hitam. Itu merupakan sebuah bangunan dari makam bangsawan Bolgar dengan usia kurang lebih 700 tahun. Jangan lupa, periksalah sumur Gabdrakhman yang tersembunyi. Airnya memang dipercaya memiliki efek penyembuhan.

Berbagai bangunan di Bolgar pun memiliki ciri yang sangat mengesankan. Ini bisa dilihat sebagai penanda kenangan, bangunan suci yang menandai kepemelukan islam sekaligus sebagai rumah Alquran terbesar di dunia dengan berat 500 kg. Jangan lupa pula untuk mengunjungi Masjid Putih yang memiliki permata arsitektur Tartar yang sebenarnya.

Terakhir, jangan lupa untuk mengunjungi kuliner khas Bolgar. Anda bisa menemukan berbagai makanan halal disana. Terdapat berbagai restoran mulai dari Restoran Zuleika dan Genghis Kan. Beberapa hotel pun tersedia untuk wisatawan yang ingin menjelajahi sejarah peradaban muslim di Bolgar.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!