+62 811 114 280 [email protected]

Ada Apa Dengan Benua Asia dan Eropa?

benua asia dan eropa dipisahkan oleh

Benua Asia dan Eropa adalah benua yang bertetangga, tetapi memiliki sifat pemerintahan dan kondisi alam yang cukup berbeda. Benua Asia memiliki iklim tropis kebanyakan sedangkan benua Eropa memiliki iklim subtropis. Asia cenderung memusatkan areanya sebagai area pertanian, perikanan, perkebunan rempah dan beberapa kecil industri. Sedangkan, benua Eropa cenderung mengedepankan sektor industri dan teknologi.

Gambaran singkat benua Asia

Benua Asia memiliki luas wilayah 44.391.000 km2, bagian sebelah utara Samudra Arktik, bagian sebelah batas timur Samudra Pasifik, Selat Bering, untuk bagian batas selatan adalah Samudra Hindia dan bagian batas barat adalah Laut Tengah, Laut Merah, Pegunungan Ural. Benua Asia dikenal di mata benua Eropa sebagai benua dengan mata coklat, hitam dan berkulit putih hingga kuning. Penduduk benua Asia memiliki tinggi badan yang tidak setinggi penduduk benua Eropa, rata-rata untuk pria memiliki tinggi tubuh 160 – 175 cm sedangkan untuk wanita memiliki tinggi badan sekitar 150-168 cm.

Benua Asia diapit oleh 2 benua utama yaitu benua eropa dan benua australia, untuk perairannya dikelilingi oleh Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Arktik. Pertemuan ketiga samudra tersebut membuat sektor perikanan maju pesat sehingga banyak orang yang bermata pencaharian sebagai nelayan, berkembangnya usaha ikan dan budidaya ikan. Jenis ikan yang berkembang di lautan Asia ini sangat pesat karena ikan mudah berkembang biak di air hangat seperti Asia. Sedangkan untuk perairan Eropa memiliki suhu air yang cenderung dingin sehingga tak banyak ikan yang kuat bertahan kecuali pinguin, beruang kutub, ikan salmon, dan singa laut.

Baca juga:  Jika Ingin Berkunjung Ke Negeri Sakura Jangan Lupa Mampir Ke Kota-Kota Ini

Benua Asia dan Eropa dipisahkan oleh pegunungan ural yang menuju ke sungai ural hingga pegunungan kaukas. Ketiga batas tersebut sangat berbeda dengan batas benua lainnya yang dipisahkan oleh samudra perairan. Ada 7 negara yang dekat dengan ketiga batas tersebut yaitu negara Rusia, Kazakstan, Azerbaijan, Armenia, Georgia, Turki dan Siprus.

Gambaran singkat benua Eropa

Benua Eropa memiliki luas wilayah 10.355.000 km2, dengan batasan wilayah sama dengan batasan pada benua Asia. Benua Eropa memiliki iklim subtropis sehingga cenderung berhawa dingin hingga sejuk. Ada 4 musim yang ada di benua Eropa secara keseluruhan yakni musim panas, musim dingin, musim gugur dan musim semi. Dari kondisi fisik, orang Eropa memiliki postur lebih kuat dan besar dibandingkan dengan postur orang Asia. Karena mereka hidup di iklim subtropis maka jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi adalah daging, ikan dan sedikit sayuran. Mata mereka berwarna biru secara umum, sehingga banyak sebutan untuk penduduk Eropa adalah darah bangsawan.

Benua Eropa dibagi menjadi 4 wilayah utama yaitu Eropa Barat, Timur, Selatan, dan Utara. Benua Asia dan Eropa dipisahkan oleh pegunungan ural yang batas tersebut tidak hanya ditentukan dari kondisi geografisnya saja tetapi juga kondisi politik dan ekonomi sehingga kecenderungan dua hal tersebut menjadi alasan kuat tentang batas kedua benua.

Mengapa batas benua Eropa dan Asia bukan dari batasan perairan?

Melihat benua lainnya yang memiliki batas perairan tentu sangat jelas sekali bahwa kondisi geografisnya sangat mendukung akan hal itu, berbarengan juga dengan kondisi sistem pemerintahan, budaya, politiknya sangat berbeda. Jika Eropa dan Asia dipisahkan dengan lautan tentu menjadi sebuah hal yang diperdebatkan mengenai negara pembaginya.

Negara mana saja yang tergabung di benua Asia?

Afganistan, Arab Saudi, Armenia, Azerbaijan, Bahrain, Bangladesh, Bhutan, Brunei, Filipina, Georgia, India, Indonesia, Irak, Iran, Israel, Jepang, Kamboja, Kazakhstan, Korea Selatan, Korea Utara, Kuwait, Kirgizstan, Laos ,Lebanon, Maladewa, Malaysia, Mesir, Mongolia, Myanmar, Nepal, Oman , Pakistan , Qatar, Rusia, Singapura, Siprus, Sri Lanka, Suriah, Tajikistan, Thailand, Timor Leste , Tiongkok, Turki, Turkmenistan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Vietnam, Yaman, Yordania.

Baca juga:  Ini Dia! 5 Pesona Kemegahan Wisata East Coast Amerika Serikat

Negara mana saja yang tergabung di benua Eropa?

Jerman, Perancis, Belanda, Belgia, Austria, Swiss, Luksemburg, Monako, Liechtenstein, Rusia, Ukraina, Polandia, Rumania, Republik Ceko , Hungaria, Belarus, Bulgaria, Slovakia, Moldova, Italia, Spanyol, Yunani, Portugal, Serbia, KroAsia, Bosnia dan Herzegovina, Albania, Makedonia, Slovenia, Montenegro, Malt, Andorra, San Marino, Vatikan, Siprus

Inggris, Swedia,Denmark, Finlandia, Norwegia, Irlandi, Lithuania, Latvia, Estonia, Islandia

Benua Asia dan Eropa dipisahkan oleh gejala politik yang merupakan 2 benua yang bertetangga tetapi memiliki karakter yang berbeda jauh. Bisa dikatakan bahwa benua erop memiliki kapasitas sistem perkembangan negara maju hampir mayoritas dibandingkan dengan benua Asia yang masih banyak negara berkembang. Semua karakter negara saling melengkapi agar kebutuhan saling seimbang, itulah mengapa sistem ekonomi terdapat ekspor dan impor. Batas benua Asia dan Eropa dipisahkan oleh pegunungan ural yang membentang panjang kemudian bertemu dengan sungai ural, pegunungan kaukasus dan selat turki.

Eropa maju dalam bidang industrinya sedangkan Asia maju dengan bidang pertanian, perikanan dan perkebunannya.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!