+62 811 114 280 [email protected]

Alasan Yang Membuat Pelajar Tertarik Untuk Masuk Ke Al Azhar Kairo Mesir

al azhar kairo

Mengenyam pendidikan di al azhar kairo tentunya menjadi impian banyak orang, utamanya bagi muda mudi muslim Indonesia. Karena selain dikenal sebagai universitas ternama dari kawasan Timur Tengah. Banyak pula orang tertarik untuk memasukinya dengan tujuan untuk memperdalam ilmu agama, seperti para alumni lainnya.

Memperdalam ilmu agama di Mesir

Pada dasarnya untuk memperdalam ilmu agama itu bisa dilakukan di manapun Anda menginginkannya. Namun untuk mendapatkan hasil terbaik, tentunya dibutuhkan upaya lebih. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menuntut ilmu di negara yang sangat kental dengan ilmu agama islam itu sendiri, yaitu Mesir

Sebagai negara favorit yang banyak digunakan untuk menuntut ilmu agama. Mesir tentunya menghadirkan banyak pilihan tempat sekolah yang dapat Anda gunakan, salah satu diantaranya adalah universitas al azhar kairo. Selain dikenal sebagai universitas islam tertua yang ada di dunia, ada banyak lagi hal-hal lain yang membuat universitas ini tampak menarik.

Alasan universitas al azhar kairo banyak diminati

  • Popularitas tinggi

Sebagai universitas islam tertua, tentunya kredibilitas mengenai ilmu agama yang dimilikinya sudah tidak diragukan kembali. Bahkan hal tersebut pun diakui di seluruh penjuru dunia. Universitas ini juga dikenal dengan kehadirannya di kawasan Kairo dan menjadi pusat studi dari islam Sunni yang toleran dan juga moderat.

  • Banyak pilihan Majlis Talaqqi

Alasan lain yang menjadikan universitas ini banyak diminati adalah tersedianya Majlis Talaqqi. bahkan pengajian-pengajian yang diadakannya tersebut pun diampu oleh para ulama besar mesir. Dengan banyaknya jumlah Majelis Talaqqi yang tersedia, Anda tentunya bebas untuk memilih disiplin ilmu apa saja yang Anda inginkan.

  • Adanya komunitas muslim dunia
Baca juga:  Its My Dream Hingga Kini Masih Terngiang, Apa Sih Artinya?

Universitas al azhar kairo mesir tentunya tidak hanya diserbu oleh para pelajar asal Indonesia saja, Pasalnya pelajar muslim lainnya pun juga turut memimpikannya pula. Karena itulah dengan bersekolah di tempat tersebut, tentunya akan mempertemukan Anda dengan pelajar muslim lainnya yang hadir dari negara berbeda.

  • Negerinya para nabi

Selain beberapa alasan di bagian atas tadi, banyak pula orang yang ingin bersekolah atau kuliah di Al Azhar karena kehadirannya yang berada di negeri para nabi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya sejarah yang menceritakan proses dakwah para nabi di lingkungan tersebut. Bahkan bukan hanya para nabi saja, tetapi ulama salaf  juga banyak yang tinggal dan memiliki sejarah di Kota Mesir

  • Biaya hidup murah

Untuk Anda yang ingin mengenyam pendidikan di luar negeri, mesir juga seringkali direkomendasikan karena biaya hidupnya yang murah. Sekalipun kondisi ekonomi dan politik yang dimilikinya tidak menentu. Namun jika dibandingkan dengan negara timur tengah lainnya, biaya hidup di Mesir memang terbilang murah.

  • Peluang hidup mandiri

Bagi para pelajar yang kini bersekolah di Al Azhar sebagai mahasiswa, tentunya ada banyak hal yang ingin dipenuhi olehnya. Salah satu diantaranya berkaitan dengan cara hidup mandiri.

Hal ini dapat Anda wujudkan dengan mudah ketika bersekolah di mesir, :Pasalnya Anda dapat membuka usaha atau berbisnis secara kecil-kecilan untuk mendapatkan penghasilan. Seperti dengan menjual makanan khas Indonesia dan lainnya.

Syarat masuk ke Universitas Al Azhar

Untuk para pelajar indonesia yang ingin melanjutkan studi ke mesir dan menjadi mahasiswa di Al Azhar. Pastikanlah untuk memenuhi beberapa syarat masuk universitas al azhar kairo mesir  berikut ini :

  • Menguasai bahasa Arab
  • Minimal memiliki hafalan Al-Qur’an sebanyak 2 hingga 3 juz
  • Mengikuti setiap tes yang diberikan dari berbagai macam jalur penerimaan yang berbeda
Baca juga:  Pengertian, Syarat Sah, dan Syarat Wajib Haji

Jalur penerimaan mahasiswa Al Azhar Mesir

Tidak jauh berbeda dengan berbagai universitas favorit yang ada di Indonesia, untuk memasuki Al-Azhar pun tentunya Anda harus mengikuti berbagai macam tes yang dimilikinya. Dalam hal ini, tes tersebut dihadirkan dengan cara berbeda pada setiap jalur penerimaan yang dimilikinya.

Untuk al azhar kairo mesir itu sendiri, ada beberapa jalur penerimaan yang dapat Anda ikuti dengan mudah. Ingin tahu apa saja jalur penerimaan yang dimilikinya? Berikut penjelasannya :

  • Melalui Kemenag

Kemenag atau Kementerian Agama umumnya akan memberikan beasiswa bagi 20 orang peserta pelajar serta sekitar 1500 peserta lainnya yang termasuk dalam pelajar atau mahasiswa non beasiswa

  • Kedutaan Mesir
  • PBSB
  • PBNU
  • LPPD
  • Gontor
  • PUSIBA

Dari beberapa jalur yang telah disebutkan pada bagian diatas tadi, ada yang menghadirkan jalur masuk untuk Beasiswa dan juga Non Beasiswa.

Untuk mereka yang berhasil mendapatkan beasiswa, umumnya mereka akan mendapatkan pembebasan biaya. Seperti halnya beberapa jenis biaya di bagian bawah ini :

  • Bebas biaya pemberkasan
  • Bebas biaya keberangkatan
  • Bebas biaya hidup sehari-hari dan juga mendapatkan uang saku bulanan
  • Biaya pendidikan yang juga dibebaskan

Dengan adanya beberapa keuntungan yang ditawarkan melalui beasiswa di bagian atas tadi, tentunya banyak pelajar yang merasa tertarik. Namun tentunya untuk mengikuti proses tes dan seleksi yang diikuti pun cukup sulit dan membutuhkan usaha ekstra. Karena itulah jika Anda ingin mendapatkan beasiswa untuk belajar di al azhar kairo pastikan untuk belajar dengan sungguh-sungguh dari saat ini.

1 Response
hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!