+62 811 114 280 [email protected]

7 Fakta Menarik Petra Jordan, Kota Batu dengan Arsitektur Kuno

petra jordan

Petra Jordan merupakan salah satu situs sejarah dan arkeologi yang semakin booming usai diklaim sebagai satu dari tujuh keajaiban Dunia Baru. Angka kunjungan wisatawan melonjak pesat di Petra Yordania, pastikan kamu tidak melewatkannya ya! Bagi kamu yang belum tahu apa saja kemegahan  dan fakta menarik di kota Petra, pastikan untuk menyimak ulasan berikut!

1.     Ikon Petra yang terkenal, The Treasury

Salah satu yang paling populer di tempat ini ialah The Treasury. Dalam Bahasa Arab, The Treasury disebut dengan istilah Al-Khazneh. Untuk kamu yang belum tahu, Petra pertama kali ditemukan oleh seorang pengelana asal Swiss yang bernama Johann Ludwid Burckhardt pada tahun 1812. Dan The Treasury merupakan salah satu hal paling menakjubkan dengan kemegahan unik yang tak bisa kamu temukan di tempat lain.

Bangunan arsitektur kunonya memiliki warna yang sangat cantik. Fakta inilah yang membuat Johann Ludwid Burckhardt tidak ragu memberikannya sebutan ‘a red rose city’. Pasalnya warna bangunan kuno The Treasury memang berwarna red rose. Ikon terbaik Petra ini  juga pernah muncul dalam salah satu scen terbaik film Indiana Jones.

2.     Kota kuno yang berada di 200 KM arah selatan Amman

Kota Petra berada di bagian tengah Teluk Aqaba dan Laut Mati, kawasan yang cukup terpencil namun memiliki pesona tersendiri sehingga ada banyak pengunjung yang selalu datang ke tempat ini. Petra juga berada di atas ketinggian 806 mdpl hingga 1.306 mdpl. Kamu akan merasakan suasana yang benar-benar berbeda saat menginjakkan kaki di Petra.

Baca juga:  Viral Nenek Dapat Doorprize Umrah di Hari Natal, Berikut Klarifikasi Pihak Travel

Selain itu, kota kuno ini juga tercatat memiliki luas mencapai 264 km2. Dengan kondisi tanah kering dan bukit bebatuan yang tinggi di setiap arah pandangan. Kondisi tanah bebatuan membuat desain bangunan kuno semakin terlihat megah. Alasan inilah yang membuat kota kuno Petra kerap disebut sebagai Kota Batu.

3.     Petra berasal dari bahasa Yunani, artinya ‘batu’

Saat berkesempatan datang ke Petra Jordan kamu pasti akan dimanjakan dengan suasana bangunan kuno yang tak bisa  ditemukan di tempat lain. Benar saja, seluruh bangunan di tempat ini didirikan dengan cara dipahat pada dinding-dinding bukit batu di bagian Wadi Araha, yaitu lembah bercadas yang ada di Yordania.

Kondisi inilah yang membuat kota kuno sebagai salah satu situs sejarah ini diberikan nama Petra yang artinya batu dalam bahasa Yunani. Jika kamu sudah bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja, jangan ragu memasukkan Petra dalam list wisata kunjungan terbaru yang wajib kamu kunjungi saat ada kesempatan ya!

4.      Dinilai sebagai kota yang ideal dari segi pengairan dan pertahanan

Mungkin kamu belum tahu fakta ini, Petra hanya bisa dikunjungi melalui celah kecil di bagian pegunungan melalui sebuah kanyon yang panjangnya mencapai 1.5 km dan lebarnya hanya 2 m saja. Celah sempit ini juga dikenal dengan sebutan Siq. Kondisi ini membuat kota Petra dianggap telah memiliki sistem pertahanan yang cukup bagus kala itu.

Berdasarkan sejarah Petra, pada masa dahulu suku Nabatean juga telah berhasil membangun sebuah tunnel yang bisa menampung aliran air guna mencegah banjir di musim hujan sehingga membuat Petra dianggap memiliki segi pengairan yang mumpuni.

5.      Petra memiliki ruang-ruang publik sebagai kompleks perkotaan

Layaknya kota pada umumnya, di Petra Yordania pun kamu bisa menemukan berbagai taman, makam raja hingga teater yang bisa menampung banyak orang lho! Terlihat jelas jika kota ini sudah mulai berkembang dengan sistemnya sendiri.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Rumah Nabi Muhammad SAW

Berbagai ruang publik tersebut juga bisa digunakan sebagai tempat rapat besar yang menampung banyak masyarakat. Uniknya ruangan publik ini tersusun dari bebatuan yang dipahat menyerupai lingkaran tribun kursi yang sangat luas dan besar.

6.      Palace Tomb, kawasan syuting The Transformer

Jika kamu salah satu penggemar film The Transformer, kamu pasti sudah cukup familiar dengan bangunan tua yang dipahat dari bebatuan bernama Palace Tomb bukan? Bukan sembarang bangunan, bangunan kuno tersebut ternyata kumpulan makam para raja yang ditopang oleh 18 pilar. Setidaknya terdapat 4 ruang penguburan di dalamnya.

Jika kamu tertarik mencari dan mempelajari lebih banyak tentang kota kuno Petra, pastikan kamu tidak melewatkan kunjungan ke Palace Tomb.

7.      Petra pernah dijadikan jalur perdagangan di masa lalu

Mungkin kamu tidak pernah menyangkanya, faktanya kota kuno yang hidup di balik kanyon ini juga pernah dijadikan sebagai pusat perdagangan yang menghubungkan India, China, Mesir, Suriah, Yunani dan Roma di masa lalu.

Berdasarkan sejarah, kota ini juga sempat dikuasai oleh Romawi dan membuatnya terbengkalai dan tertimbun bencana alam gempa bumi di masa lalu.

Demikianlah ulasan ringkas seputar beberapa fakta menarik kota batu Petra yang ada di Yordania. Semoga ulasan di atas bisa menjadi referensi buat kamu yang berencana menikmati pesona destinasi wisata Petra Jordan.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!