+62 811 114 280 [email protected]

Tempat Wisata Osaka Castle, Saksi Bisu Penyatuan Bangsa Jepang

osaka castle

Tempat wisata Osaka castle atau yang kita kenal dengan istana Osaka adalah salah satu bangunan bersejarah di Osaka Jepang. Osaka Castle di Jepang ini sangat terkenal hingga ke seluruh dunia. Istana ini merupakan simbol yang menjadi ikon pemersatu Jepang pada era samurai atau sekitar abad ke 16.

Istana ini memegang peranan penting dalam proses persatuan tersebut. Sampai sekarang, tempat tersebut dilindungi dan dilestarikan sebagai salah satu warisan masa lampau. Istana ini dijadikan tempat tujuan wisata bagi turis yang datang ke Jepang.

Sejarah Tempat Wisata Osaka Castle

Istana Osaka memiliki menara utama yang merupakan rekonstruksi beton dari kastil yang dibangun pada abad ke-17. Menara ini selesai dibangun pada tahun 1931. Saat pembangunannya pada abad ke-16, Osaka Castle menjadi kastil terbesar, terindah dan terbaik di Jepang.

Istana ini menawarkan pemandangan kota Osaka yang menawan dari ketinggian. Istana ini bahkan menjadi destinasi wisata yang paling diminati terutama pada musim semi ketika bunga sakura sedang mekar dengan indahnya.

Osaka Castle dibangun pada masa Toyotomi Hideyoshi sekitar tahun 1586. Istana ini merupakan simbol keberhasilan panglima perang dan penguasa samurai ini mempersatukan seluruh Jepang. Dengan 100.000 pekerja, istana ini selesai dibangun dalam waktu tiga tahun.

Istana ini menjadi pusat pemerintahan Jepang baru dibawah pimpinan Toyotomi, setelah sekian lama mereka berkubang dalam perang saudara. Toyotomi membawa perdamaian dan persatuan setelah pertikaian berabad-abad lamanya.

Tempat wisata Osaka Castle ini memiliki sebuah menara dengan lima lantai yang eksteriornya dilapisi daun emas dan ornamen. Ornamen ini dimaksudkan untuk melindungi istana dari serangan musuh dan api.

Baca juga:  12 Tempat Wisata Di Yordania Yang Indah Dan Bersejarah Yang Wajib Dikunjungi

Toyotomi terus memperluas dan memperbesar istana hingga menyulitkan para penyerang untuk menembusnya. Namun sayangnya, Toyotomi Hideyoshi meninggal dunia pada 1597 dan digantikan oleh putranya Toyotomi Hideyori. Tahun 1614, Osaka Castle diserang oleh samurai terhebat dalam sejarah yaitu Tokugawa Ieyasu. Namun, serangan Tokugawa dapat dipatahkan.

Tokugawa melakukan penyerangan kembali pada tahun berikutnya yaitu tahun 1615 dan berhasil. Kekuasaan Toyotomi berhasil ditumbangkan dan Istana Osaka berhasil direbut. Kekuasaan Shogun Tokugawa berlangsung hingga 250 tahun ke depan. Istana Osaka mengalami beberapa perubahan dan renovasi pada saat pimpinan Tokugawa Hidetada. Menaranya sempat tersambar petir dan terbakar pada tahun 1665.

Keshogunan Tokugawa jatuh pada tahun 1868 yang juga sebagai penanda berakhirnya jaman Edo. Saat itu, terjadilah restorasi besar-besaran di Jepang yang dinamakan Restorasi Meiji yang ditandai dengan perubahan sistem pemerintahan menjadi sistem kekaisaran.

Istana Osaka dibakar habis hingga rata dengan tanah. Namun, beberapa bagian reruntuhan istana masih bisa dimanfaatkan sebagai fasilitas militer oleh pemerintah Meiji. Tahun 1931, Osaka Castle dibangun kembali dengan menggunakan rangka beton dan baja.

Konsep yang digunakan tempat wisata Osaka Castle adalah bentuk asli yang dibangun oleh Toyotomi Hideyoshi. Namun di beberapa bagian, istana ini menggunakan kolaborasi gaya dari kedua pemimpin yang pernah ada.

Contohnya untuk lantai 1 sampai 4, dinding menara utama menggunakan plesteran bergaya Tokugawa, namun di lantai 5 menggunakan pernis hitam layaknya gaya Toyotomi.

Pembangunan dan perbaikan terus dilakukan hingga istana Osaka mencapai bentuk seindah sekarang ini. Istana Osaka yang berdiri sekarang ini memang bukan istana yang dibangun oleh Toyotomi Hideyoshi, namun berupa tiruan bangunannya saja. Tapi bagaimanapun, istana ini memang dimaksudkan untuk mengenang kejayaan Jepang di masa lampau.

Baca juga:  19 Destinasi Wisata Di Korea Yang Menyajikan Pengalaman Baru

Spot Wisata Osaka Castle

Sebagai salah satu tujuan wisata terkemuka di Jepang, tempat wisata Osaka Castle memiliki banyak keindahan untuk dinikmati. Suasana dan lingkungannya masih sangat asri dan alami dengan atmosfer sejarah yang kental dirasakan.

Ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika berlibur ke Osaka Castle. Diantaranya adalah :

Berjalan-jalan di sepanjang Istana Osaka

Jangan mengira mengelilingi istana ini tidak butuh banyak waktu ya. Anda bisa menghabiskan waktu selama lebih dari 2 jam jika ingin benar-benar berkeliling di dalam istana Osaka.

Halaman istana memiliki luas hampir 15 hektar. Ada banyak tempat di dalam istana yang bisa Anda kunjungi. Bagian utama istana ini saja dibedakan menjadi 3 bagian besar yaitu ninomaru, honmaru, dan nishinomaru.

Di lantai 1 sampai 7, Anda bisa melihat berbagai peninggalan dari masa lalu seperti dokumen-dokumen dari masa Toyotomi Hideyoshi. Ada juga replika baju besi, pedang, dan diorama yang menggambarkan suasana pada masa itu. Setiap periode digambarkan dengan lengkap dan detail.

Di lantai 8, disediakan lantai untuk observasi atau melihat-lihat kondisi sekitar. Dari lantai ini, Anda bisa melihat kota Osaka dari istana. Anda juga bisa menikmati luasnya istana ini.

Pada pukul 06.00 setiap malam, menara istana wisata Osaka Castle akan menyajikan atraksi lampu hingga pukul 23.00. Atraksi ini sayang sekali untuk dilewatkan karena Anda akan merasakan suasana misterius di tengah semaraknya lampu-lampu. Semua bagian istana baik bangunan utama, gerbang hingga menara termasuk dalam area atraksi lampu.

Menikmati Taman Bunga Sakura

Taman bunga Sakura yang ada di sekitar istana Osaka merupakan tempat yang paling tepat untuk bersantai ria. Tempat ini memang menjadi tempat favorit bagi warga Osaka ataupun pengunjung yang datang kesana.

Baca juga:  Melirik Pesona Wisata Gunung Fujiyama

Di taman ini, tersedia bangku-bangku yang bisa Anda gunakan untuk duduk dan menikmati suasana. Jika beruntung berkunjung di musim yang tepat, Anda bisa menikmati bunga-bunga Sakura yang bermekaran atau berguguran.

Menikmati beberapa Tempat Bersejarah di sekitar Istana Osaka

Di sekitar istana Osaka juga ada beberapa tempat bersejarah yang harus dikunjungi.

  • Museum Sejarah Osaka.

Ada museum sejarah Osaka dimana Anda bisa mempelajari sejarah tentang kota ini dan negara Jepang pada umumnya. Biasanya, tiket masuk ke osaka Castle dan museum ini merupakan paket terusan. Jadi, Anda membeli satu tiket untuk dua destinasi.

  • Taman Nishinomaru

Di sekitar tempat wisata Osaka Castle, Anda akan menemukan sebuah taman yang ditunjuk sebagai properti budaya. Taman ini dinamakan Taman Nishinomaru Teien.

Di taman ini, terdapat kurang lebih 300 pohon sakura yang bisa Anda nikmati. Di sini, Anda akan menemukan sebuah bekas gudang mesiu dan menara pengawas bernama Inui Yagura. Menara ini dibangun pada tahun 1620 dan menjadi bangunan tertua di Istana Osaka.

  • Sumur Kinmeisui

Sumur ini berada di sebelah istana Osaka dan merupakan sumur tua yang tidak pernah kering airnya. Sumur ini memiliki kedalaman 33 meter dan konon kepingan emas dimasukkan ke sumur ini sebagai penawar racun.

  • Kyobayashi

Anda juga bisa berkunjung ke Kyobayashi yaitu area perbelanjaan yang sudah ada sejak jaman dahulu. Di tempat ini, Anda bisa merasakan kota Osaka di bidang perdagangan.

Pesona Osaka Castle memang terlalu indah untuk dilukiskan dalam kata-kata. Dengan nilai sejarah yang dikandungnya, memang pantas jika istana ini semakin diminati untuk dikunjungi. Istana wisata Osaka Castle ini akan menjadi salah satu destinasi utama dalam itinerary perjalanan wisata yang diadakan oleh jasa tour dan travel. Hampir semua paket wisata selalu menyertakan tempat ini dalam daftar kunjungan lokasi wisata mereka.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!