+62 811 114 280 [email protected]

Mengenal Objek Wisata Terkenal di Yordania, Tertarik Mengunjunginya?

kaum sadum berada di wilayah

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar nama Yordania? Sebagian besar dari Anda mungkin akan membayangkan sebuah negara yang memiliki banyak tempat yang bersejarah yang indah. Namun, sebagian lain dari Anda juga mungkin mengingatnya sebagai tempat yang diduga kuat  merupakan lokasi tempat yang disebutkan di dalam Alquran.

Sebab diduga zaman dulu, Kaum Sadun berada di wilayah Yordania atau tepatnya ada di kota Sodom-Gomora.

Sekarang, Kami akan mengajak Anda untuk mengenal beberapa objek wisata di Yordania yang terkenal karena Keindahannya.

  • Petra

Jika membicarakan tempat yang paling terkenal di Yordania maka Petra adalah jawabannya.

Petra merupakan simbol peradaban Nabatea Arab yang dipakai untuk menjadi salah satu pusat perdagangan terpenting pada waktu itu.

Menurut perkiraan, Petra sudah ada sejak abad ke-4 sebelum Masehi dan pernah digunakan sebagai lokasi untuk syuting film Indiana Jones.

  • Al-Khazneh

Al Khazneh adalah salah satu legenda pada masa Nabatea. Sebab tempat ini dulunya menjadi lokasi bajak laut untuk menyembunyikan harta karun yang mereka dapatkan. Hal tersebut membuat Al-Khazneh mendapat sebutan sebagai  Ruang Harta.

Selain dimanfaatkan oleh bajak laut. Ada juga legenda lain yang mengatakan kalau tempat ini dipakai sebagai kantor keuangan di masa Firaun Mesir.

  • Jerash atau Gerasa

Dulu tempat ini disebut dengan Gerasa dan merupakan kota kuno romawi yang ada di luar Italia.

Untuk mencapai tempat ini, Anda perlu melakukan perjalanan selama 1 jam dengan jarak  48 meter terlebih dahulu dari kota Amman. Anda bisa melakukan perjalanan dengan memakai kendaraan.

Hal menarik yang dapat Anda temukan di lokasi ini adalah Hardian Arch, sebuah gerbang besar yang namanya diambil dari nama seorang kaisar yang sudah berjasa membuat Jerash menjadi lebih terkenal.

  • Wadi Rum
Baca juga:  Sejarah, Makna, Syarat, dan Tata Cara Sa’i

Bisa dikatakan kalau Wadi Rum merupakan salah satu tempat wisata terbaik yang dimiliki Yordania yang bahkan diakui UNESCO sebagai salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO.

Nama Wadi Rum bisa dibilang sangat menggambarkan tempat ini, dimana Wadi memiliki arti lembah sedangkan Rum berarti menanjak atau tinggi. Selain lembah, Anda bisa melihat gurun pasir serta bukit batu yang memiliki warna kuning, merah, dan oranye.

Sebagai informasi, pihak Hollywood juga kerap melakukan syuting di tempat ini.

  • Aqaba

Kalau Anda menyukai pantai, maka tempat yang mendapat julukan kota pantai ini sangat cocok untuk Anda datangi jika berkesempatan mengunjungi Yordania.

Aqaba merupakan kota dengan kurang lebih 70.000 penduduk yang amat dekat dari perbatasan Israel.

Kota ini juga kerap disebut sebagai kota budaya, sosial, ilmiah dan juga industri.

Selain memiliki banyak resort, Aqaba terkenal karena terdapat reruntuhan arkeologi Tall Hujayrat Al-Ghuzlan. Terdapat juga kebun kurma Shatt Al-Ghandour.

  • Mujib Nature Reserve

Kalau Anda mencari pemandangan alam yang indah dan segar maka Mujib Nature Reserve ini perlu Anda sambangi.

Pemandangan lembah sungai berliku sampai lembah dengan sisi curam yang merupakan hasil dari pahatan berabad-abad lalu merupakan pemandangan menakjubkan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

  • Ajloun

Tidak jauh dari kota Amman, Anda akan bisa menemukan kota Ajloun. Kota Ajloun merupakan kota yang terkenal dengan Ajloun Castle. Istimewanya, sekarang pengunjung bisa melakukan hiking ke puncak kastil tersebut.

Kastil tersebut beroperasi setiap hari, mulai dari pukul 8 pagi sampai 7 malam.

  • Laut Mati

Laut Mati atau Dead Sea bisa jadi merupakan nama tempat yang paling familiar bagi sebagian besar orang. Alasan kenapa laut ini disebut demikian adalah karena laut ini tidak pernah menunjukkan adanya tanda-tanda kehidupan.

Baca juga:  Hadits – hadits Tentang Palestina Pada Akhir Zaman, Menjadi Sebuah Tempat yang Terbaik

Uniknya adalah justru ada banyak orang yang berendam di laut ini serta mengoleskan lumpur di tubuh mereka. Sebab, kandungan kalium dan mineral yang ada di dalam lumpur tersebut dipercaya akan memberi efek baik untuk tubuh.

Jika dibandingkan dengan laut lain yang kandungan garamnya rata-rata hanya ada 3 %, Laut Mati bisa dikatakan sebagai laut dengan kandungan garam tertinggi dengan kandungan yang mencapai 32 %.

  • Irbid

Kota Irbid memiliki banyak tempat yang akan memanjakan Anda, mulai dari kafe, restoran sampai museum bisa banyak Anda temukan disini.

Di kota ini juga terdapat Universitas Yamouk yang masuk dalam daftar Universitas yang bergengsi.

Anda mungkin penasaran tentang lokasi yang disebutkan sebagai  kota tempat tinggal kaum Sadun berada di wilayah apa?

Kabarnya lokasi yang dulunya merupakan tempat tinggal kaum Sadun berada di wilayah Lembah Yordan Selatan tepatnya di situs Tall El Hamman. Steven Collins, seorang Profesor Studi Alkitab dan Apologetika dari Universitas Trinity Southwest mengungkapkan bahwa tempat itu sesuai dengan kriteria kota Sodom. Hanya saja belum ada penelitian yang bisa membuktikan kebenarannya 100 %.

Itulah beberapa lokasi wisata yang bisa Anda datangi ketika berkunjung ke Yordania, semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!