+62 811 114 280 [email protected]

Mana Saja Ya, Negara Penduduk Islam Terbesar Dunia?

negara islam terbesar di dunia

Umat muslim saat ini semakin tinggi dengan sebaran hingga semua negara dunia, tak hanya negara kita saja ya yang memiliki jumlah penduduk muslim tertinggi dunia tetapi masih ada negara lain dengan jumlah negara Islam terbesar di dunia terbanyak. Jamaah Islam sendiri memiliki aliran yang berbeda sesuai dengan paham mazhab yang dianutnya, tetapi semua masih bersumber ke Allah swt.

Berikut ini adalah negara penduduk Islam terbesar di dunia!

  1. Indonesia
    Anggota negara Asia Tenggara memiliki jumlah populasi Islam tertinggi. Angka persentase Islam Indonesia mencapai 12,7% dari semua populasi dunia. Dikabarkan sekitar 205 juta penduduk Indonesia sedikitnya 88% memeluk keyakinan Islam.
  2. Pakistan
    Negara Islam terbesar di dunia kedua dengan jumlah penduduk Islam setelah indonesia.  Penduduk Islam Pakistan diperkirakan 11% dari jumlah populasi penduduk Islam dunia. Namun, tahun 2010, jumlah Islam di Pakistan makin tinggi menjadi 178 juta orang, berarti 96,4% adalah mayoritas Islam Pakistan.
  3. India
    Adalah negara dengan jumlah lebih dari 100 juta Islam, dinobatkan sebagai negara ketiga umat Islam tahun 2010.  Angka persentase Islam India sekitar sebesar 10,9% dari populasi penduduk India. India mengalami kenaikan hingga 14,6%, atau 177 juta lebih dari penduduknya masuk Islam.
  4. Bangladesh
    Negara ini mempunyai jumlah 9,2% Islam tetapi saat ini angka persentase tersebut naik menjadi 90,4%. Dinobatkan sebagai negara peringkat 4 setelah India, dengan 149 juta islan di Bangladesh tahun 2010.
  5. Mesir
    Adalah negeri bagian ujung timur laut Afrika ini mempunyai pengikut 80 juta Islam, dengan persentase 4,9% dari jumlah warga Islam dunia. Mesir juga diperkirakan terdapat 94,7% warga Islam dari total warga negara ini.
  6. Nigeria
    Terletak di bagian Afrika Barat menjadi pemilik rangking 6 sebagai negara berpenduduk Islam. Menurut statistik, jumlah umat Islamnya tembus hingga 4,7% dari jumlah total Islam di dunia. Diperkirakan ada 76 juta penduduk menganut Islam di Nigeria.
  7. Iran
    Negara iran terletak di Asia Barat ini mempunyai jumlah persentase 99,6% Islam dengan 76 juta Islam warganya Iran. Bisa dikatakan bahwa 4,6% dari populasi Islam dunia. Mayoritas aliran Islam di negeri Iran yaitu Syiah. Tetapi warganya yang menganut paham lain yang masih satu Islam boleh dianggapkan.
  8. Turki
    Kekaisaran Ottoman yang terletak di bagian Asia Barat dan Eropa Tenggara ini kebanyakan adalah Islam dengan angka 98,6% dari jumlah penduduknya Turki. Sekitar 76 juta beragama Islam, jadi menyumbang 4,6% dari total umat Islam dunia.
  9. Algeria
    Negara di bagian Afrika Utara pantai Mediterania ini mempunyai jumlah keseluruhan 38 juta Islam. Dengan data tersebut dinobatkan sebagai negara berperingkat ke 9 dalam 98,2% dari total warga di Algeria. Dengan kata lain Algeria memberikan kontribusi 2,1% dari jumlah penduduk Islam dunia.
  10. Maroko
    Terletak di bagian Afrika Utara mempunyai jumlah populasi Islam sekitar 32 juta orang. Cakupan 99,9% Islamnya menurut data penduduk totalnya. Sedangkan untuk hitungan dunia menyumbang 2% dari jumlah penduduk negara Islam terbesar di dunia.
Baca juga:  Mengenal Hajar Aswad

Apakah negara tersebut terdapat agama lainya?

Iya, sama halnya dengan negara Indonesia yang berasaskan demokrasi kebebasan memeluk keyakinan, kesepuluh negara tersebut juga didiami agama lain seperti Kristen, Katolik, Budha, Hindu dan lainnya tetapi dalam jumlah kecil. Mereka hidup berdampingan damai sehingga tidak ada konflik soal agama. Tempat ibadah juga dibangun sesuai kebutuhan pengikut agama masing-masing.

Lantas, negara yang mayoritas non muslim apakah tetap ada umat Islam di dalamnya?

Iya ada, bayangkan seperti Thailand yang rerata beragama Hindu dan Budha juga terdapat agama Islam di dalamnya kendati sangat kecil sekali. Pemerintahnya juga membangun masjid untuk umat Islam sesuai kebutuhan. Misalnya, jumlah umat Islamnya sekitar 1% dari jumlah penduduk total maka masjid dibangun bisa 10 buah.

Apa saja kendala jika ada umat Islam minoritas di sebuah negara?

Bagi umat Islam yang sedang menempuh pendidikan di negara non muslim akan sedikit kesulitan jika ingin beribadah masjid karena bangunan tersebut tak banyak dibangun, hanya beberapa blok wilayah saja. Biasanya, komunitas Islam akan terbentuk di sebuah wilayah negara agar mereka mudah menjalankan ibadah sholat hingga puasa. Di Jepang, agama utamanya adalah sinto yang menyembah matahari tapi ada juga agama Islam dalam sebuah desa tertentu dan mereka dibantu oleh pemerintah Jepang dalam hal pembangunan masjid, mushola.

Indonesia memegang peringkat pertama sebagai negara Islam terbesar yang artinya hampir semua penduduknya menganut agama Islam. Persebaran Islam sendiri dibantu oleh ulama dan tokoh Islam ke semua daerah pelosok dan kota. Maka, Anda tentunya tak akan heran jika banyak peziarah datang ke makam penyebar agama Islam seperti wali songo, seperti Sunan Kalijaga, Sunan Idris, Sunan Muria, Syeh Subakir dan sebagainya.

Baca juga:  Alasan Yang Membuat Pelajar Tertarik Untuk Masuk Ke Al Azhar Kairo Mesir

Leave a Reply

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!