+62 811 114 280 [email protected]

26 Tempat Wisata Di Mesir Yang Mengesankan dan Bersejarah

tempat wisata di mesir

Menghabiskan masa liburan di Mesir adalah salah satu pilihan yang bagus untuk Anda karena disana memiliki banyak tempat wisata. Beberapa tempat wisata di Mesir yang terkenal adalah Sphinx dan Piramida Giza. Tak hanya itu saja, negara ini juga memiliki objek wisata berupa bangunan dari peradaban kuno. Pemandangan alamnya juga tak kalah menarik bagi para wisatawan.

Beberapa tempat wisata di Mesir yang menarik dan wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda adalah sebagai berikut ini:

1. Piramida Giza

Tak afdol rasanya bila berlibur atau berkunjung ke Mesir tanpa mengunjungi Piramida Giza. Piramida ini merupakan yang paling besar di Mesir dengan tinggi 139 meter. Pembangunan piramida ini dilakukan selama 3 generasi dan menyimpan daya tarik tersendiri.

2. Abu Simbel

Bangunan ini cukup unik karena dibuat dari gunung yang dipahat. Tempat wisata Mesir yang satu ini ditujukan untuk dijadikan bangunan abadi bagi Ramses dan Nefertari yaitu istrinya.

3. Laut Merah

Salah satu hal yang iconic dari Mesir adalah adanya laut merah yang sangat indah. Warna merah yang terjadi ini karena efek dari Trichodesmium erythraeum yang berkembang. Anda dapat menikmati diving ataupun snorkeling di perairan ini sambil mengagumi terumbu karang. tentu saja di dalamnya juga terdapat banyak biota laut yang tak kalah cantiknya.

4. Sungai Nil

Sungai Nil merupakan salah satu sungai yang sangat erat kaitannya dengan peradaban Mesir. Untuk menjelajahinya, Anda dapat menyusurinya dengan menggunakan kapal. Jika ingin sensasi yang berbeda, Anda dapat menggunakan kapal Felucca yang sudah dipakai sejak ribuan tahun silam. Mata Anda akan dimanjakan dengan suasana yang nyaman dan indah.

Baca juga:  14 Tempat Wisata Di Istanbul Yang Menawarkan Banyak Keindahan

5. Masjid Ibnu Tulun

Masjid ini merupakan salah satu tempat wisata Mesir yang sudah berumur ratusan tahun namun tetap indah, kokoh, terawat dan menarik. Masjid ini juga pernah menjadi latar gambar dari film James Bond yang judulnya adalah The Spy Who Loved Me. Masjid ini merupakan pilihan yang pas bagi Anda yang ingin melakukan wisata religi.

6. Siwa Oasis

Ingin berwisata dengan latar gurun pasir? Siwa oasis bisa dijadikan pilihan yang tepat. Letaknya berada di gurun Libiya dan tempat ini sudah memiliki fasilitas seperti hotel atau penginapan. Bagi para backpacker, tempat ini sangat cocok sambil menikmati suasana khas gurun pasir.

7. Dahab

Dahab merupakan destinasi wisata yang merupakan desa kecil yang ada di kawasan pesisir dan terpencil. Disini Anda dapat senorkeling, berselancar ataupun scuba. Selain itu Anda juga bisa menikmati pengalaman baru dengan selancar angin, berpetualang dengan jeep atau menunggang unta.

8. Karnak

Tempat ini adalah situs keagamaan kuno yang berupa temple dan didedikasikan bagi Theben tiga serangkai Amun, Mut dan Khonsu. Kejayaan Mesir kuno juga tercermin dari bangunan ii walaupun saat ini sudah terlihat rusak namun masih menarik untuk dikunjungi.

9. Museum Mesir

Ingin berkunjung di tempat wisata Mesir yang berupa museum? Anda dapat berkunjung ke museum Mesir. Bangunan ini terdiri dari 2 lantai dan menyimpan banyak benda antic yang jumlahnya kurang lebih 120.000 buah. Beberapa barang tersebut antara lain adalah koleksi koin, artefak, mumi dan lain sebagainya.

10. Lembah Para Raja

Tempat ini adalah makam untuk para bangsawan yang berjumlah kurang lebih 63 makam. Anda dapat menyaksikan keindahan makam yang berhias ukiran mitologi yang terlihat unik dan menarik.

11. Al-Azhar Park

Al-Ahzar park merupakan tempat wisata yang sangat indah dengan arsitektur yang mirip dengan taman-taman islam yang ada di abad pertengahan. Bagi Anda wisatawan yang muda, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Selain itu ada pula museum tentang sejarah kairo dan menyimpan cerita tentang kejayaan Mesir.

Baca juga:  Turki, Bukti Kisah Kejayaan Peradaban Islam

12. Tahrir Square

Tahrir square merupakan tempat wisata Mesir yang berwujud alun-alun terbesar di Mesir yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Letaknya ada di ujung utara Qasr al-Ayn Street, ujung barat Talaat Harb Street, dan Qasr el-Nil Street.

13. Gunung Sinai

Gunung Sinai adalah salah satu tempat yang cukup bersejarah karena merupakan tempat bertemunya Tuhan dengan Musa dan membuat perjanjian dengan suku Israel. Di puncak gunung ini Anda dapat menemukan masjid sambil menikmati keindahan alam.

14. Hurghada

Tempat wisata Mesir yang satu ini menyajikan keindahan pantai berpasir putih. Anda dapat menikmati suasana tempat ini dengan menginap di hotel, penginapan ataupun resort. Disini Anda juga dapat melakukan banyak kegiatan seperti berlayar, menyelam ataupun selancar angin.

15. Luxor

Wujud tempat ini sangat memukau karena banyak terdapat monumen megah di dalamnya yang merupakan peninggalan dinasti XI. Sampai saat ini masih banyak para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati peninggalan-peninggalan sejarah kuno.

16. Makam Wakil Raja Tutankhamun

Makam ini memiliki daya tarik tersendiri karena adanya lukisan yang menggambarkan agungnya budaya Mesir kuno. Salah satunya terlihat dari iring-iringan bangsa Nubia menuju ke penguasa mereka sambil membawa cincin-cincin emas.

17. Piramida Khafre dan Sphinx

Tempat wisata Mesir lainnya yang berupa pyramid adalah piramida Khafe atau disebut juga Sphinx. Piramida ini merupakan piramida terbesar di urutan ke dua dengan panjang 215.5 m dan tingginya 148.5 m. Sphinx merupakan perwujudan patung singa berkepala manusia yang dijadikan sebagai penjaga makam kerajaan.

18. Patung Ramses II

Patung ini walaupun sudah berusia ribuan tahun namun masih terlihat kokoh dan gagah. Lokasi patung ini ada di wilayah Abu Simbel, di pinggir Danau Nasser. Selain patung Ramses II ini, masih banyak patung lainnya yang ukurannya lebih kecil.

19. Jembatan Terusan Suez

Salah satu tempat wisata Mesir yang iconic adalah jembatan terusan suez dengan panjang 163 km. Jembatan ini menghubungkan pelabuhan Said dengan suez yang dibangun dalam waktu yang lama.

Baca juga:  Ingin Berwisata Ke Turki? 23 Tempat Ini Bisa Menjadi Referensi Anda

20. Bazar Khan El Kholili

Bagi Anda yang ingin berburu oleh-oleh khas Mesir, jangan lupa untuk mampir ke Bazar Khan El Kholili. Selain itu di sini juga ada masjid yang bersejarah yang bernama Masjid Husein. 

21. Benteng Salahudin Al-Ayubi

Di dalam benteng yang sudah berusia ratusan tahun ini kita dapat menemukan masjid Muhammad Ali. Selain itu terdapat juga taman cantik yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai, restoran, museum dan indahnya pemandangan kairo dilihat dari ketinggian.

22. Alexandria

Kota Alexandria merupakan lokasi yang indah dan menjadikannya sebagai daya tarik bagi wisatawan. Di tempat wisata Mesir ini Anda dapat menyaksikan kemegahan Sphinx dan teater romawi kuno. Tak hanya itu saja, ada spot yang tak kalah menarik yaitu the great lighthouse yang masuk dalam 7 keajaiban dunia.

23. Benteng Qaitbay

Benteng ini dahulunya didirikan dengan tujuan sebagai tempat pertahanan saat musuh datang. Tak heran bila bangunannya memiliki bentuk lorong dengan banyak celah untuk mengintai para musuh. Dari tempat ini Anda dapat menikmati keindahan Laut Mediterania.

24. Taman Montazah

Taman ini berada di area istana mun El Montazah Palace yang merupakan tempat peristirahatan keluarga Raja Fuad I. halamannya tertata degan sangat rapi dan banyak terdapat pohon kurma. Yang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata Mesir ini adalah Istana Raja Farouk.

25. Masjid Abu Al-Abbas Al-Mursi

Masjid ini memiliki ciri khas yang kental dengan arsitektur Mamluk. Tinggi dari bangunan masjid hingga 23 meter dan memiliki 2 pintu masuk beserta kubah berbentuk silinder dengan hiasan yang sangat artistik.

26. Perpustakaan Besar Alexandria

Perpustakaan ini pernah menjadi salah satu perpustakaan terbesar di dunia. Banyak sekali koleksi penting dan manuskrip keagamaan yang ada disini termasuk Salinan langka dari Al-Quran. Ternyata ada banyak sekali pilihan tempat wisata Mesir yang bisa dikunjungi. Jangan lupa segeralah menyusun tujuan wisata yang ingin dikunjungi agar nantinya perjalanan semakin menyenangkan sesuai dengan harapan Anda.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!