+62 811 114 280 [email protected]

15 Keindahan Alam Indonesia Menjadi Daya Tarik Mata Dunia

keindahan alam indonesia

Nusantara terbentang dari aceh bagian timur hingga Papua bagian barat dengan keindahan alam indonesia dan sumber daya alam tiada tandingannya. Indonesia memiliki luas wilayah sekitar 1,9 juta km2 dengan ratusan tempat wisata yang begitu indah. Wisata alam Indonesia memiliki kontur wilayah yang berbeda setiap daerahnya.

Yuk, intip 15 keindahan alam Indonesia!

  1. Pulau Weh
    Berlokasi di bagian paling barat Indonesia tepatnya di titik nol kilometer sebagai awal perjalanan ke daerah bagian barat. Pulau weh ini dekat juga dengan pantai iboih, Pantai Kasih, Pantai Tapak Gajah, Pantai Sumur Tiga, dan Pantai Anoi Itam.
  2. Pulau Bangka Belitung
    Novelis Andrea Hirata yang menuliskan laskar pelangi mengambil pulau Belitung sebagai objek keindahan alam tiada duanya. Air disini sangat jernih sekali, Anda bisa melihat ikan dan terumbu karang dengan jelas. Tak hanya Belitung saja yang bernuansa indah, ada juga Tanjung Binga, Pulau Leebong, Pantai Tanjung Kelayang, dan Pulau Lengkuas.
  3. Danau Toba
    Legenda Danau Toba sebagai bentuk kisah cinta pemuda desa dengan bidadari jelmaan ikan dan akhirnya berubah petaka terjadi di Danau Toba dengan keindahan pulau Samosir di tengahnya. Air Danau Toba yang biru hijau membuat suasana menjadi berbeda.
  4. Candi Borobudur
    Salah satu keajaiban dunia yang terletak di kabupaten Magelang ini menyajikan bangunan bangunan batu bertumpuk dengan relief di setiap tingkatnya. Menceritakan kisah perjalanan hidup manusia dari status terendah hingga tertinggi. Jika Anda naik ke desa pakis, akan melihat megahnya gunung merapi aktif.
  5. Candi Prambanan
    Terletak di desa Prambanan perbatasan dengan kota Klaten, wilayah timur Yogyakarta. Candi tersebut memiliki sejarah kandasnya cinta Ken Arok terhadap ken Dedes yang kala itu disyaratkan membuat 1000 candi dalam semalam. Keindahan alam lainnya lagi ada di sederet pantai gunung kidul jogja seperti pantai Sundak, Baron, Kukup, Drini dan sebagainya.
  6. Taman laut Bunaken
    Berada di segitiga terumbu karang, Sulawesi Utara yang bagian dalamnya berisi keindahan alam bawah laut. Anda bisa snorkeling dengan nyaman dan bermanja ria dengan biota jinak, tetapi harus pelan-pelan ya agar tidak merusak terumbu karang.
  7. Raja Ampat
    Berlokasi di pulau Papua dengan keindahan alam air dan daratan penuh kontur istimewa. Terdapat Pianemo atau Painemu merupakan kawasan karst batuan kapur. Jangan lupa mengunjungi arborek yang memiliki suasana ketenangan pantai.
  8. Pulau Bali
    Sudah tidak asing lagi ya dengan Pulau Bali, menyajikan banyak sekali wisata air dan wisata alam gunung. Bali juga terkenal dengan budaya tarian kecak dan religiusmu agama Hindu. Untuk masuk ke Pulau Bali sebaiknya Anda mengenakan selendang kuning di pinggang.
  9. Wae Rebo
    Adalah sebuah desa keindahan alam indonesia di Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang bentuknya desa wisata indah atas alam. Jika Anda melihat desa Wae Rebo akan nampak seperti negeri bidadari. Untuk menempuh perjalanan kesana Anda harus banyak tenaga ekstra.
  10. Pulau komodo
    Berada di pulau Komodo yang memiliki habitat reptil komodo hingga 2000 ekor lebih. Jika ingin ke sana, sebaiknya memakai baju dengan warna khas kulit komodo atau hijau daun. Anda juga bisa melakukan diving dan snorkeling.
  11. Wakatobi
    Terletak di Sulawesi Tenggara yang menampilkan hutan alam asri bagian darat dan laut sehingga sangat sayang sekali jika Anda melewatkan Wakatobi. Banyak flora dan fauna baik jinak atau buas sehingga Anda wajib didampingi oleh pemandu wisata yang telah berpengalaman.
  12. Derawan
    Terletak di Kalimantan Timur yang memiliki keindahan air memesona mata. Area ini seringkali dibuat tempat diving, snorkeling mencari ikan. Derawan memiliki ombak yang sedikit tenang untuk beberapa aktivitas air tetapi ada juga yang beriak untuk dihindari aktivitas air.
  13. Kawah ijen
    Terletak di Banyuwangi, Jawa Timur dengan keindahan alam kawah berwarna hijau biru. Kawah tersebut berada di ketinggian 2.687 km di atas permukaan laut. Untuk melihat kawah api tersebut Anda harus hati-hati karena konturnya curam dan berliku.
  14. Puncak Jayawijaya
    Satu-satunya gunung dengan puncak bersalju hanya bisa Anda temukan di puncak Jayawijaya Papua. Berbatasan dengan Australia dan Oceania. Untuk naik puncak jayawijaya tidaklah mudah, Anda harus ekstra hati-hati dan tentunya memakai peralatan lengkap, jaket super tebal.
  15. Danau sentani
    Sentani dalam bahasa Papua artinya kami ingin hidup tenang dan damai, tak banyak orang tahu bahwa danau ini memiliki budaya tarian khas bulan Juni. Anda bisa menengoknya ketika berwisata awal Juni sembari menikmati desa budaya khas Papua.
Baca juga:  Pengertian, Seluk Beluk, Makna, Jenis, dan Tata Cara Tahallul

Tak hanya 15 keindahan alam Indonesia di atas saja yang terkenal di Indonesia tetapi juga wisata pelosok negeri yang belum kita ketahui secara detail karena alasan keindahan akan tercemar.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!