+62 811 114 280 [email protected]

Kota-kota Bersejarah di Spanyol, Warisan Kejayaan Agama Islam

seville spanyol

Islam tak hanya populer di benua Asia atau negara Arab saja. Islam bahkan pernah menguasai hampir sebagian besar wilayah benua Eropa. Salah satu negara yang pernah dipimpin oleh kekhalifahan islam adalah Spanyol.

Spanyol merupakan negara yang pernah berjaya di masa pemerintahan islam. Perkembangannya sangat luar biasa hingga sempat menjadi sorotan dunia. Banyak kota-kota di Spanyol yang mengalami kemajuan pesat semenjak islam berkuasa.

5 Kota di Spanyol yang Mengalami Puncak Kejayaan di Masa Pemerintahan Islam

Kejayaan islam di Spanyol bukan cerita isapan jempol belaka. Banyak bukti-bukti yang menyuratkan bahwa kehadiran islam di negara tersebut memang nyata adanya. Beragam bangunan dan peninggalan bernafaskan islam bisa ditemui dengan mudah di Spanyol.

Berikut ini adalah kota-kota dimana islam pernah berjaya. Kota-kota ini wajib Anda kunjungi ketika melakukan perjalanan wisata religi ke negara ini. Diantaranya adalah :

1. Seville

Kebudayaan islam di kota ini masih sangat kental terasa hingga sekarang ini. Kota Seville merupakan bagian yang terlepaskan dari sejarah kejayaan islam di abad pertengahan. Kota ini ditaklukkan oleh pasukan muslim pada tahun 716 masehi.

Berlokasi di tepi sungai Guadalquiver, Seville merupakan kota terbesar kedua setelah Cordoba. Sebelum islam datang, kota ini dikuasai oleh bangsa Romawi yang juga banyak meninggalkan warisan bekas era kepemimpinannya.

Seville mengalami banyak perombakan dan konstruksi besar-besaran ketika islam berkuasa. Abdur-rahman II penguasa dari Dinasti Bani Ummayah memerintahkan untuk memperkuat tembok kota sebagai benteng-benteng pertahanan.

Pada masa khalifah Abu Ya’kub Yusuf, sebuah masjid besar dibangun di kota ini. Kesibukan dan perkembangan Seville terus berlanjut di berbagai segi kehidupan. Kota ini menjadi pusat dari banyak aspek seperti keagamaan, ilmu pengetahuan, ekonomi hingga budaya.

Baca juga:  Cek 9 Hal ini Sebelum Melakukan Perjalanan Wisata ke Maroko!

2. Cordoba

Cordoba atau dikenal juga dengan nama Qurtubah merupakan kota terbesar di Andalusia atau Spanyol pada masa itu. Selain menjadi ibukota Andalusia, Cordoba juga menjadi titik awal permulaan peradaban islam di Eropa.

Penaklukan khalifah islam terhadap Qordoba pada tahun 711 masehi membuka jalan untuk penaklukan di daerah lainnya. Hal ini dikarenakan kota ini sangat penting bagi penguasa sebelumnya yaitu bangsa Visigothic.

Cordoba juga merupakan kota yang sangat penting bagi kekhalifahan islam. Di sini, semua cabang kehidupan berkembang dengan pesat. Para ilmuwan dari seluruh dunia datang ke kota ini untuk menimba ilmu-ilmu pengetahuan.

Tidak hanya itu saja. Cordoba juga menjadi kota yang mengagumkan. Bangunan-bangunan bernafaskan islam, taman-taman, istana, dan warisan lain bisa ditemukan dengan mudah di kota ini.

Di kota ini, juga tinggal penganut agama lain selain islam. Pemerintah islam tidak pernah memaksakan masyarakat untuk memeluk agama islam. Bahkan, kristen dan yahudi bisa hidup dengan damai di Cordoba.

3. Toledo

Toledo atau kota Tulaytullah juga berhasil ditaklukkan oleh pasukan islam pada tahun 711 masehi. Dahulu, Toledo merupakan ibukota pemerintahan Visigothic yang kemudian ditaklukkan oleh penguasa Iberia pada tahun 520 masehi.

Toledo menjadi salah satu kota yang ditetapkan sebagai kota warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1986. Kota ini penuh dengan situs-situs bersejarah yang eksotik dan mengagumkan.

Kota ini juga pernah menjadi pusat ilmu pengetahuan seperti matematika, kedokteran, astronomi, botani dan cabang ilmu lainnya. Anda dijamin tidak akan kecewa mengunjungi kota bersejarah ini.

4. Granada

Salah satu kota lain di Spanyol yang sayang sekali dilewatkan adalah Granada. Kota ini adalah benteng terakhir keberadaan islam di Eropa. Saat kota-kota lain ditaklukkan, penduduk islam bermigrasi ke kota ini sebagai tempat terakhir mereka.

Baca juga:  10 Bangunan Bersejarah Ini Bukti Kejayaan Islam Abad Pertengahan di Spanyol

Pemerintahan muslim bertahan hingga tahun 1492 masehi sebelum akhirnya mereka dipaksa takluk pada Ratu Isabella dan Raja Ferdinand. Meskipun akhirnya tak lagi berada di bawah kepemimpinan islam, kota ini masih menyimpan warisan-warisan yang tak terlupakan.

Saat mengunjungi Granada, Anda akan melihat sebuah kota tua islam bernama Albaicin di sana. Kota tua ini merupakan pusat kafe dan pusat penghasil kerajinan tangan. Anda juga bisa melihat bangunan benteng islam dan istana Granada yang masih berdiri kokoh.

5. Madrid (Al-Majreet)

Madrid adalah ibukota Spanyol saat ini dan menjadi kota terbesar di negara ini. Konon, Madrid menjadi salah satu kota terpenting pada abad ke 9 selain Toledo. Madrid dahulu dikenal dengan nama Al-Majreet yang artinya kanal air.

Pada masa kepemimpinan islam, Madrid merupakan kota yang berada di garis depan karena berada di bagian utara Andalusia. Karena itu, Madrid sangat menghormati dan menjunjung tinggi sejarah islam. Sebuah program edukasi dan kebudayaan bernama El Legado Aldalusi diadakan demi menjaga dan melestarikan keberadaan islam di sana.

Itulah 5 kota yang sangat kental dengan kehadiran islam. Kota-kota ini merupakan saksi bisu menyebarkan islam di Eropa. Agar bisa merasakan sendiri kehadiran islam di benua ini, pastikan untuk tidak melewatkan untuk mengunjungi 5 kota ini.

sumber :

tourmaroko.wordpress.com/2018/04/03/5-kota-islam-di-spanyol-yang-wajib-dikunjungi-wisata-halal/

https://kumparan.com/hijab-lifestyle/5-kota-di-spanyol-yang-pernah-menorehkan-sejarah-islam-1tMkHZZ3g8y/fullhttps://mizanpublishing.com/4-kota-jejak-sejarah-islam-di-spanyol

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!