+62 811 114 280 [email protected]

10 Bangunan Bersejarah Ini Bukti Kejayaan Islam Abad Pertengahan di Spanyol

menara giralda

Menjadi salah satu negara tujuan wisata karena kekayaan alamnya, Eropa rupanya memiliki sisi religius yang mendalam. Benua yang menjadi pusat perkembangan teknologi ini menyimpan sejarah panjang yang sangat menarik untuk digali.

Di benua ini, Islam pernah berjaya dan mencapai masa-masa keemasan di bawah kepemimpinan khalifahnya. Selama berabad-abad lamanya islam berkuasa, banyak tempat bersejarah yang dibangun dan menjadi bukti peninggalan islam.

10 Bangunan Bersejarah di Spanyol Peninggalan Kekhalifahan Islam

Islam datang ke Eropa khususnya Spanyol melalui perantara Khalifah Al-Walid dari Dinasti Bani Ummayah di Damaskus. Keberadaan islam di negara ini cukup lama sehingga tidak heran jika meninggalkan bukti seperti bangunan-bangunan bersejarah yang sangat banyak.

Arsitektur islam terasa sangat kental di negara ini. Keunikan dan kekhasan arsitekturnya sangat mudah dikenali dan berbeda dengan arsitektur dari zaman pemerintahan lain. Berikut ini adalah bangunan bersejarah peninggalan islam di Spanyol.

1. Menara Giralda (Seville)

Menara Giralda disebut-sebut sebagai salah satu menara paling indah di Eropa. Menara ini mulanya adalah menara sebuah masjid agung di Seville dan dibangun pada tahun 1184 oleh arsitek bernama Ahmad Ibnu Baso.

Menara Giralda menjadi bangunan tertinggi selama 800 tahun sejak pembangunannya. Kini, menara ini telah dialihfungsikan sebagai menara lonceng Katedral Seville. Namun, nuansa keislaman di dalamnya tetap terasa kental.

Baca juga:  25 Tempat Wisata Di Maroko Yang Menakjubkan

2. Torre del Oro (Seville)

Ini juga merupakan salah satu menara peninggalan penguasa Islam yang dibangun pada masa dinasti Muwahidun. Menara ini dibangun dengan tujuan mempermudah akses kontrol ke kota Seville melalui sungai Guadalquivir.

Tempat ini juga berfungsi sebagai gudang dan penjara pada abad ke 13. Kini, Torre del Oro dilestarikan sebagai situs peninggalan penguasa islam dan dipergunakan sebagai museum angkatan laut Seville.

3. Istana Alhambra

Istana ini dibangun pada abad ke 10 dan menjadi salah satu bukti kejayaan islam di Spanyol. Istana ini sangat indah dengan arsitektur khas bangsa Moornya. Terdapat beragam bagian unik seperti Taman Generalife, Court of Lion dan Hall of Abencerrajes.

4. Aljaferia Palace

Aljaferia Palace atau dikenal juga dengan nama istana Alcazar adalah sebuah istana yangberlikasi di Zaragoza. Istana ini dipergunakan sebagai kediaman sekaligus benteng pertahanan. Dibangun pada abad ke 9, istana ini menjadi kediaman Dinasti Bani Hud di era kepemimpinan Abu Jaffar Al-Muqtadir.

5. Alcazar of Seville

Alcazar of Seville merupakan sebuah istana yang dibangun pada masa raja-raja Moor. Istana ini terletak di kota Seville dan menjadi istana kerajaan tertua di Eropa yang masih difungsikan sampai sekarang.

Pada tahun 1987, istana Seville didaftarkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Tempat ini juga merupakan contoh arsitektur mudéjar terbaik di Semenanjung Iberia.

6. Alcazar of Jerez de la Frontera

Ini adalah salah satu peninggalan Islam yang juga tak kalah mempesona dibandingkan dengan peninggalan lainnya. Dibangun pada abad ke 11, istana ini bisa dikatakan sebagai bangunan yang paling tua di Spanyol.

Alcazar of Jerez de la Frontera tersusun atas batu alam telanjang yang tidak diplester atau dicat. Justru dari susunan bebatuan inilah, istana ini memiliki daya tarik yang tidak biasa.

Baca juga:  Wisata Religi di Maroko dan Spanyol, Menapaki Jalan Sejarah Kegemilangan Islam

Kelebihan lainnya dari istana ini adalah karena bangunan ini menjadi satu-satunya masjid yang masih berdiri kokoh saat ini. Dahulu, ada sekitar 18 masjid yang pernah dibangun di kota ini.

7. Masjid Cristo de la Luz (Toledo)

Masjid Cristo de la Luz  adalah sebuah bekas masjid yang berlokasi di daerah Toledo Spanyol. Bangunan ini adalah salah satu dari 10 masjid yang dibangun pada periode Moor. Kini, bangunan ini dikenal dengan nama Masjid Bab Al-Mardum.

8. Alcazar of Segovia

Alcazar of Segovia adalah sebuah istana yang dibangun pada sekitar abad pertengahan. Letaknya berada di kota Segovia yaitu satu jam dari Madrid. Bangunan bersejarah ini mulai disebutkan dalam sejarah pada sekitar tahun 1120 masehi.

Pada mulanya, istana ini dibangun sebagai sebuah benteng dan istana. Arsitekturnya sangat unik dan paling terkenal di Spanyol. Karena keunikannya inilah, Walt Disney menjadikannya sebagai icon dan logo Walt Disney. Karena itu, jangan heran jika Anda melihat kemiripan logo Walt Disney dengan foto istana Segovia ini.

9. Alcazaba of Malaga

Alcazaba of Malaga adalah sebuah benteng yang juga dijadikan tempat kediaman oleh Bani Hammud pada sekitar abad ke 11. Benteng ini merupakan saksi dari pertahanan terakhir umat islam menguasai Spanyol.

Umat islam mengalami kekalahan di Malaga usai peperangan melawan Raja Ferdinand dan Ratu Isabella pada 19 Agustus 1487. Penaklukan ini menjadi awal mula penaklukan kekuasaan islam di wilayah lain seperti Andalusia dan Granada.

10. Medina Azahara

Keindahan Medina Azahara memang sudah bukan hal yang asing lagi di telinga para pelancong. Kota indah ini menjadi bukti kejayaan islam pada masanya. Dibangun pada masa pemerintahan Abdur-Rahman III, Medina Azahara sempat menjadi pusat pemerintahan pada saat itu.

Baca juga:  Cek 9 Hal ini Sebelum Melakukan Perjalanan Wisata ke Maroko!

Demikianlah ringkasan 10 bangunan bersejarah yang menjadi bukti kejayaan islam di Eropa pada abad pertengahan. Meskipun sekarang ini islam tak lagi menjadi agama mayoritas di sana, namun bangunan-bangunan tersebut menjadi saksi yang tidak terelakkan.

sumber :

tourmaroko.wordpress.com/2018/04/06/10-peninggalan-bersejarah-ini-bukti-kejayaan-islam-di-spanyol/

https://republika.co.id/berita/p3rpw1313/warisan-peradaban-islam-di-spanyolhttps://www.kompasiana.com/jelajaheropa/568b9986c3afbd3e0913fb1a/10-bangunan-jejak-kejayaan-islam-di-spanyol

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!