+62 811 114 280 [email protected]

5 Destinasi Wisata di Cordoba yang Menawan dan Sayang untuk Dilewatkan

tempat wisata di cordoba

Menjadi salah satu kota pusat tujuan wisata di Spanyol, Cordoba menyimpan banyak peninggalan yang amat menakjubkan. Cordoba adalah kota yang pernah menjadi ibukota bagi Andalusia, yang sekarang dikenal dengan nama Spanyol.

Kota ini pernah berada di bawah kepemimpinan kekhalifahan Bani Ummayah berabad-abad silam. Peradaban islam meninggalkan banyak bangunan bersejarah yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke sini.

5 Tempat Bersejarah Bekas Peradaban Islam di Cordoba

Berbagai macam peninggalan bersejarah mencatat memori perjuangan di masa lampau. Di kota ini, pernah bersanding beberapa agama dalam satu atap dengan damai dan jauh dari pertikaian. Dibawah kepemimpinan kekhalifahan islam, Cordoba menjadi pusat perhatian dunia karena pengetahuan, kebudayaan dan kejayaannya.

Berikut ini adalah beberapa bangunan menakjubkan di Cordoba yang menjadi bukti kejayaan islam di masa lalu. Diantaranya adalah :

Mezquita de Cordoba

Konon, bangunan ini adalah sebuah masjid di masa lalu. Kini, Mezquita de Cordoba telah beralih fungsi sebagai katedral bagi umat nasrani sejak kepemimpinan islam runtuh. Namanya pun diganti menjadi Cathedral of St. Mary of the Assumption.

Meskipun dipergunakan sebagai katedral, interior dan gaya arsitekturnya tidak mengalami perubahan. Anda masih akan dapat melihat kaligrafi-kaligrafi ayat islam di dinding-dinding bangunan ini.

Mezquita de Cordoba dibangun dengan 850 pilar penyangga yang kokoh. Dindingnya dibangun dengan menggunakan batu-batu bata merah dan putih. Penerangan bangunan ini sangat semarak. Setidaknya, dibutuhkan 11 ton minyak untuk mendukung 4700 lampu di sana.

Medina Azahara

Medina Azahara adalah tempat yang paling difavoritkan oleh para pelancong baik dalam ataupun luar negeri. Ini adalah sebuah kota di kaki pegunungan Sierra Morena, yaitu berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Cordoba.

Baca juga:  10 Bangunan Bersejarah Ini Bukti Kejayaan Islam Abad Pertengahan di Spanyol

Medina Azahara adalah sebuah kota yang sangat indah dengan tata letak kota yang rapi dan menawan. Kota ini ditujukan sebagai pusat pemerintahan Andalusia pada masanya. Dibangun oleh Abdul Rahman III, Medina Azahara menyimpan nilai sejarah yang sangat tinggi.

Kemegahan kota ini terlihat di setiap sudutnya. Kemana pun Anda memandang, yang terlihat adalah bangunan-bangunan indah yang masih nampak kokoh dan gagah. Anda pasti akan membayangkan bagaimana kota ini hidup di masa lampau.

Demi menjaga kelestarian Medina Azahara, Pemerintah Cordoba mewajibkan pelancong menggunakan bus jika ingin mengunjungi tempat ini. Kalaupun menggunakan mobil pribadi, kendaraan Anda hanya diperbolehkan sampai tempat parkir saja.

Jembatan Romawi

Salah satu tempat yang wajib dan tidak boleh terlewatkan adalah Jembatan Romawi. Meskipun bukan sisa peradaban islam, jembatan ini memegang peranan yang cukup penting. Jembatan ini dibangun pada masa pemerintahan Romawi di Cordoba.

Melintang diatas sungai Guadalquivir, jembatan ini membelah kota Cordoba menjadi dua bagian. Awalnya dibangun pada tahun 1 masehi, jembatan Romawi telah mengalami beberapa kali rekonstruksi.

Namun meskipun demikian, konstruksi awal yang tetap dipertahankan hingga kini adalah milik Bangsa Moor yang mengadakan perbaikan pada tahun 8 masehi. Jembatan ini menjadi saksi bisu pergantian penguasa di Cordoba.

Dari jembatan Romawi, Anda bisa menikmati keindahan senja di koto Cordoba. Keindahan khas Cordoba terpancar dari pilar-pilar penyangga jembatan dengan latar belakang masjid Cordoba. Tempat ini adalah sebuah spot foto yang sangat epik.

Alcazar de los Reyes Cristianos

Tempat ini adalah sebuah kastil yang menjadi tempat penting pada zaman dahulu. Alcazar de los Reyes Cristianos dijadikan kediaman Gubernur Romawi dan Khalifah Moor. Pada tahun 1328, kastil ini difungsikan sebagai kediaman raja saat melakukan kunjungan ke Spanyol.

Baca juga:  Kota-kota Bersejarah di Spanyol, Warisan Kejayaan Agama Islam

Alcazar de los Reyes Cristianos berlokasi di tepi sungai Guadalquivir dan berada di barat daya kota tua Casco Antiguo. Kastilnya sangat megah dan menyimpan ratusan artefak peninggalan bangsa Romawi, Moor dan Katolik.

Jewish Quarter

Saat kekhalifahan Islam berkuasa di Cordoba, semua agama diijinkan dengan bebas. Hal ini berlaku juga bagi pemeluk agama Yahudi, dengan syarat mereka mau patuh terhadap pemerintahan dan taat membayar pajak.

Karena itulah, beberapa agama seperti islam, kristen dan yahudi bisa hidup berdampingan dalam damai. Cordoba bahkan menjadi pusat kebudayaan Yahudi di Eropa sehingga banyak umat Yahudi yang berdatangan ke kota ini dari seluruh penjuru dunia.

Jewish Quarter adalah sebuah tempat yang menjadi bagian dari empat kota tua Yerussalem. Ini adalah sebuah perkampungan bagi warga Yahudi yang tinggal di Cordoba.

Tempat ini berlokasi di dekat Mezqueta-Catedral de Cordoba hingga Avenida del Gran Cpaitán. Keunikan tempat ini adalah terbentuknya gang-gang kecil yang diapit oleh bangunan-bangunan tinggi.

Pot bunga bergelantungan di tembok menjadi penghias gang-gang sempit ini. Namun, kehadiran pot-pot ini justru semakin memperindah dan menjadikannya spot yang iconic.

Di sini, Anda akan menemukan Sinagog yaitu sebuah tempat peribadatan bagi umat Yahudi. Ini adalah satu-satunya tempat ibadah yang ada di Andalusia. Konon, tempat ini telah ada sejak abad ke 14 dan merupakan salah satu dari 3 sinagog  pada jaman dahulu.

Di Jewish Quarter, Anda juga akan menemukan sebuah rumah dari abad ke 12 yang bernama Casa Andalusi. Rumah ini berisikan mozaik romawi dan benda-benda zaman dahulu yang telah ada sejak islam abad pertengahan.

Itulah 5 tempat di Cordoba yang sangat rekomended untuk dikunjungi. Jika melewatkan salah satunya, pasti wisata Anda di negara ini akan kurang lengkap. Jangan lupa untuk mempersiapkan memory kamera supaya bisa mengabadikan keindahan tempat-tempat bersejarah ini.

Baca juga:  Inilah Kisah Bersejarah Proses Penaklukan Spanyol oleh Umat Islam

sumber :

tourmaroko.wordpress.com/2018/04/06/jangan-lewatkan-5-tempat-wisata-di-cordoba-ini-wajib-kamu-singgahi/

https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g187430-Activities-Cordoba_Province_of_Cordoba_Andalucia.html

https://trip101.com/id/artikel/best-things-to-do-cordoba-spain-id

https://alowisata.com/tempat-wisata-di-cordoba-spanyol

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!