+62 811 114 280 [email protected]

Cek 9 Hal ini Sebelum Melakukan Perjalanan Wisata ke Maroko!

Persiapan ke maroko

Cek 9 Hal ini Sebelum Melakukan Perjalanan Wisata ke Maroko!

Maroko menjadi salah satu destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi setiap tahunnya, tidak terkecuali oleh wisatawan dari Indonesia. Namun, negara ini sama sekali berbeda dengan Tanah Air Indonesia, baik lingkungan atau budayanya.

Oleh sebab itu, banyak hal yang harus Anda pelajari sebelum bertolak ke negara yang terletak di benua Afrika ini. Jangan sampai, kurang informasi tentang negara ini membuat perjalanan wisata Anda jadi terhambat dan berakhir kurang menyenangkan.

9 Hal Wajib yang harus Anda Ketahui tentang Maroko

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum melakukan perjalanan wisata ke Maroko. Setidaknya, sembilan hal berikut ini akan membantu Anda dan memperlancar perjalanan wisata di negara ini. Diantaranya adalah :

  • Belajar Bahasa Perancis dan Arab

Negara Maroko menggunakan 5 bahasa dalam keseharian mereka, yaitu bahasa Arab, Perancis, Barber, Spanyol dan Maroko. Bahasa Maroko hanya dipergunakan untuk komunikasi lisan dan tidak untuk tulisan.

Untuk kepentingan tulisan atau formal, masyarakat Maroko menggunakan bahasa Arab dan Perancis. Di Maroko bagian Utara, bahasa yang paling sering dipakai adalah bahasa Spanyol karena letaknya berdekatan dengan Spanyol.

  • Cuaca dan Iklim Maroko

Sangat penting untuk mengetahui jenis iklim dan cuaca sebuah negara sebelum datang untuk mengunjunginya. Hal ini berkaitan erat dengan jenis pakaian dan perlengkapan yang harus dibawa.

Maroko memiliki beberapa macam cuaca yang berbeda-beda, tergantung di bagian mana Anda akan berkunjung. Cuaca hangat terjadi di daerah sekitaran pantai. Sedangkan daerah daratan, cuacanya agak kering dengan iklim kontinental.

Di Maroko bagian selatan, cuaca panas dan kering terjadi sepanjang tahun. Siang hari yang panas dan dingin yang ekstrem di malam hari terjadi pada bulan Desember dan Januari.

  • Mata Uang
Baca juga:  Pantai Wisata di Maroko yang Indah Menawan dan Wajib Dikunjungi

Tidak peduli negara manapun yang dipilih untuk tujuan wisata, Anda harus mempersiapkan mata uang lokal. Mata uang yang dipergunakan di Maroko adalah Dirham.

Mata uang ini sebaiknya dipersiapkan sebelum Anda berangkat. Anda bisa saja menukarnya di bandara atau pelabuhan namun agak sedikit sulit melakukannya. Pemesanan untuk penukaran mata uang harus dilakukan seminggu sebelum keberangkatan.

Selain itu, harga mata uang dirham yang ada di pelabuhan atau bandara sudah pasti akan berbeda jauh atau lebih mahal. Harga 1 Dirham Maroko adalah 1.546, 22 Rupiah Indonesia pada update November 2020.

  • Transportasi Umum

Transportasi umum yang dipergunakan di Maroko ada dua macam yaitu Taksi Grande dan Taksi Petite. Sistem transportasi di negara ini masih sangat sederhana dan belum berkembang mengikuti teknologi terkini.

Taksi Grande adalah taksi dengan ukuran yang besar. Taksi ini bisa memuat hingga 6 orang. Taksi Grande umumnya dipergunakan untuk perjalanan jauh seperti antar kota atau bandara. Di Indonesia, kita mungkin akan menyebutnya dengan istilah Bus.

Taksi Petite memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu hanya muat sampai 3 orang saja. Taksi ini dipakai untuk transportasi di dalam kota atau jarak yang lebih pendek. Kalau di Indonesia, mungkin akan lebih mirip dengan angkot.

  • Makanan Utama

Jangan kaget jika Anda akan kesulitan menemukan nasi di negara ini. Penduduk Maroko memakan roti sebagai makanan pokok dan harian mereka. Negara ini juga merupakan satu-satunya negara yang mengonsumsi roti sebagai makanan harian.

Jika Anda pecinta Strawberry, maka negara ini ibarat surganya strawberry. Maroko dikenal sebagai negara ke empat di dunia yang menghasilkan strawberry terbaik dan berkualitas. Negara ini menghasilkan strawberry yang besar, merah, dan manis.

  • Adat dan Norma Setempat
Baca juga:  Rihlah Peradaban Maroko Spanyol Portugal

Mempelajari norma dan adat setempat sebelum berkunjung itu wajib. Jangan sampai Anda salah bersikap dan melanggar norma penduduk setempat. Bisa-bisa Anda akan mendapatkan masalah di sana.

Penduduk Maroko tidak terlalu suka difoto. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda membidik foto sembarangan, apalagi jika subjek foto adalah orang Maroko. Pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum mengambil foto.

  • Perbedaan Zona Waktu

Perbedaan zona waktu antara Indonesia dan Maroko adalah sekitar 7 jam. Indonesia berada di bagian timur Maroko sehingga waktu di Indonesia 7 jam lebih cepat dibandingkan di Maroko.

Pastikan Anda mengingat perbedaan waktu ini sehingga bisa mengira-ngira kapan waktu yang tepat untuk menghubungi keluarga di Indonesia. Selain itu, perjalanan dari Indonesia ke Maroko juga cukup panjang yakni sekitar 17 jam. Persiapkan fisik dan mental kuat supaya bisa melalui perjalanan panjang tersebut dengan nyaman.

  • Tidak Harus Membuat Visa

Untuk mengunjungi sebuah negara, lazimnya Anda harus memiliki visa perjalanan. Namun tidak dengan Maroko. Negara ini memberikan kebebasan kepada warga negara Indonesia untuk berkunjung tanpa harus menggunakan visa.

Perjalanan wisata ke Maroko tanpa visa ini berlaku selama 90 hari atau 3 bulan lamanya. Jadi, Anda bisa menghemat biaya karena tidak harus menerbitkan visa perjalanan wisata.

  • Hubungan Baik Indonesia dan Maroko

Tahukah Anda bahwa dibalik peniadaan visa untuk warga negara Indonesia yang berkunjung ke Maroko tersimpan kisah yang menarik? Ya, negara ini memiliki hubungan yang baik dengan negara Indonesia.

Maroko merupakan negara bekas jajahan Perancis. Mereka menyatakan bebas dan merdeka dari Perancis pada tahun 1956. Salah satu pemimpin di dunia yang mengakui kemerdekaan Maroko adalah Ir Soekarno. Karena itulah, Maroko menggunakan nama Soekarno sebagai salah satu jalan di ibu kotanya, Rabat, yaitu Rue Soekarno.

Baca juga:  5 Destinasi Wisata di Cordoba yang Menawan dan Sayang untuk Dilewatkan

Itulah 9 hal yang wajib dipelajari sebelum berkunjung ke Maroko. Pastikan Anda mempersiapkannya dengan baik supaya tidak mengganggu kenyamanan berlibur di negara bersejarah ini.

sumber :

tourmaroko.wordpress.com/2018/04/11/9-hal-yang-wajib-diketahui-sebelum-melakukan-tour-ke-maroko/

https://travel.okezone.com/read/2017/04/20/406/1672383/hal-yang-perlu-diketahui-sebelum-berlibur-di-maroko

https://plesirankotatua.blogspot.com/2019/03/hal-penting-traveler-lakukan-dan-lihat.html

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!