+62 811 114 280 [email protected]

Kota Madrid | Ini Dia Fakta Menarik Tentang Kota di Spanyol Ini

kota madrid

Salah satu kota besar dan menjadi ibukota negara Spanyol adalah Kota Madrid. Memiliki club sepakbola ternama dunia seperti Real Madrid, membuat Madrid semakin dikenal banyak orang. Kota dengan jumlah penduduk sekitar 6.55 juta jiwa pada tahun 2018 ini memiliki lahan yang luas sehingga terdapat banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Sebagai kota eksotis dengan kemegahan bangunannya yang khas, membuat siapapun yang pernah datang akan menuai rindu. Dengan segala keistimewaannya, Kota Madrid patut menjadi list kota wajib dikunjungi ketika berlibur ke Spanyol.

Fakta Menarik Kota Madrid

Bangsa Romawi selalu menyuguhkan desain arsitektur yang menawan. Begitu juga dengan Madrid yang memiliki bangunan kokoh nan megah berpadu ruang terbuka hijau. Bahkan saking hijaunya dinobatkan menjadi kota paling hijau di Eropa.

Hal ini membuat kota dengan sejuta seni budaya ini dipenuhi wisatawan yang ingin memanjakan mata. Tahukah Anda dibalik eksostisnya kota kelahiran si cantik Penelope Cruz ini  memiliki beberapa fakta menarik.

Berikut akan diulas mengenai fakta menarik dari Kota Madrid. Penasaran apa saja yang termasuk di dalamnya. Yuk simak dengan teliti.

Kota Magerit

Awal mula Madrid berasal dari bahasa Arab “Magerit” yang artinya tempat dengan banyak aliran sungai. Selain itu Magerit juga nama dari benteng yang dibangun di Sungai Manzanares pada abad 9 M. Berada pada ketinggian 650 mdpl menjadikan Madrid sebagai ibukota tertinggi di Eropa.

Baca juga:  Teddy Bear Museum Jeju | Wisata Antimainstream di Korea Selatan

Jaringan subway terbesar

Memiliki 12 jalur metro dengan 200 stasiun, menjadikan Madrid sebagai kota dengan jaringan subway terbesar kedua di Eropa. Jika di Indonesia sarana bepergian banyak menggunakan kendaraan pribadi, berbeda dengan Madrid yang lebih banyak menggunakan transportasi umum.  Selain mengurangi kemacetan Kota Madrid, ternyata menggunakan bus bisa menekan pengeluaran karena biayanya yang murah.

Tradisi makan 12 anggur

Negara Spanyol memang terkenal dengan anggurnya, oleh sebab itu mereka memiliki tradisi menarik. Dimana tradisi tersebut dilakukan setiap malam pergantian tahun, warga Madrid akan memakan 12 anggur ketika lonceng berbunyi. Konon katanya 12 anggur tersebut mewakili keberuntungan satu tahun ke depan.

Simbol beruang memakan buah cherry.

Sebagai kota yang memiliki nilai tinggi dalam bidang property, menjadikan Madrid sebagai salah satu kota terkaya di Eropa. Sebuah property yang identic dengan perkayuan disimbolkan dengan sosok beruang memakan buah cherry dari pohon madrono. Symbol yang terletak di Puerta del Sol ini melambangkan sebuah kemakmuran.

250 hari cerah tanpa awan

Kota Madrid memiliki keunikan pada cuaca dan musim, dimana Madrid memiliki 250 hari cerah tanpa awan per tahun. Meski jauh dari pantai, perubahan cuaca di sini membuat suhu berubah drastis. Ketika musim dingin tiba suhu bisa mencapai 0 C, sementara jika musim panas bisa mencapai 40 C.

Julukan Gatos

Menurut sejarah, dahulu kala Madrid merupakan kota bekas jajahan suku Arab Moor. Demi membebaskan rakyatnya dari jajahan tersebut, Raja Alfonso VI memerintahkan untuk memanjat benteng yang menjulang tinggi.

Hingga akhirnya terdapat pria yang mampu memanjat layaknya kucing dan kemudian mengulurkan tali kepada pasukannya. Dari situlah warga Madrid dikenal dengan julukan gatos yang artinya kucing.

Baca juga:  Fakta Menarik tentang 5 Destinasi Wisata Favorit di Eropa Timur, Wajib Tahu!

Dari fakta-fakta menarik nan unik tersebut mampu menjadi daya pikat wisatawan untuk mengunjungi Kota Madrid. Jika Anda berlibur ke Madrid sebaiknya jangan melewatkan keunikan dari kota satu ini. Anda bisa mengikuti tradisi-tradisi yang ada dan juga mencoba sarana transportasi umum untuk merasakan sensasi menjadi warga Madrid.

Destinasi wisata

Selain memiliki club sepakbola berkompeten dalam ajang turnamen dunia, Madrid juga memiliki berbagai destinasi wisata menarik. Berbagai objek wisata yang mempesona khas Madrid dapat  Anda sambangi demi sebuah kenikmatan berpetualang. Menyusur ibukota negara Spanyol ini akan menambah wawasan dan pengalaman seru.

Adapun destinasi wisata Kota Madrid yang tidak boleh terlewatkan oleh Anda, adalah sebagai berikut :

Santiago Bernabeu Stadium

Klub Real Madrid menjadi perwakilan klub sepakbola Madrid yang sudah terkenal sebagai klub papan atas. Bahkan di tanah air sendiri jumlah fans club Real Madrid tidak sedikit. Oleh karenanya berkunjung ke Santiago Bernabeu bisa menjadi pilihan. Anda bisa melihat secara langsung berbagai pertandingan sepakbola di markas tim sepakbola Real Madrid.

Gran Via

Jika Anda merupakan orang yang sering berbelanja, alangkah baiknya menyambangi Gran Via. Gran Via tidak pernah sepi pengunjung karena menjadi pusat perbelanjaan di pusat kota. Akses jalannya pun mudah dijangkau karena lokasinya strategis. Gran Via dikenal juga sebagai Spanyol Broadway.

Toledo

Menjadi perkumpulan 3 agama, menjadikan Kota Madrid memiliki aneka budaya menarik. Salah satu tempat yang digunakan untuk hidup bersampingan secara rukun meski beda agama adalah Toledo. Kota yang terletak di sekitar Madrid ini terkenal dengan “kota tiga budaya” dengan warisan budaya berupa gereja, masjid, istana, dan sinagong yang bernilai seni.

EL Madrid de los Austrias

Sebagai ibukota, Jakarta memiliki destinasi wisata bersejarah yakni kota tua. Begitu pula dengan Madrid sebagai ibukota Spanyol memiliki EL Madrid de los Austrias, sebuah bangunan bersejarah. Bangunan ini dibangun pada masa Dinasti Hasburg atau orang Spanyol menyebutnya dengan Casa de Austria.

Baca juga:  Göbekli Tepe, Kuil Tertua Yang Penuh Misteri

Casa de Camp Park

Tak melulu soal bangunan dengan arsitektur Romawi yang megah, Madrid juga memiliki destinasi wisata alam. Lelah dengan perjalanan wisata bersejarah dan berbelanja, Anda bisa menghirup udara segar di Casa de Camp Park, sebuah taman yang berada di pusat Kota Madrid. Memiliki luas sekitar 1.722 hektar semakin membuat hijaunya alam terbuka begitu terasa. Apalagi panorama alam ini dihiasi oleh sebuah danau cantik.

Selain destinasi wisata diatas, wisatawan juga bisa mencicipi sajian makanan khas dari kota satu ini. Aneka makanan dijajakan sepanjang jalan pusat kota, agar dapat dijamah oleh penggemarnya dengan mudah

Oleh-oleh khas

Berkunjung ke suatu tempat, akan terasa hampa jika tidak membawa oleh-oleh. Kota Madrid menyediakan aneka oleh-oleh khas Madrid pada setiap sudut kota. Adapun oleh-oleh khas Madrid yang wajib dibawa pulang wisatawan, diantaranya :

Liadro Porcelain

Liadro Porcelain merupakan patung miniature khas Valensia, sebagai oleh-oleh yang terkesan Spanyol banget. Patung ini terbuat dari porselen dan berharga tinggi.

Permen Turron

Permen kacang almond dan madu ini kerap ditemui sebagai sajian makanan pada perayaan natal dan tahun baru di Spanyol.

Tas dan sepatu kulit

Beralih ke dunia Fashion, Madrid memiliki tas dan sepatu yang terbuat dari kulit. Aneka macam fashion kulit ini bisa menunjang penampilan Anda dengan gaya barat

Demikian ulasan menarik mengenai informasi seputar Madrid yang bisa dijadikan referensi ketika Anda berlibur ke Kota Madrid. Jadi sudahkah Anda merencanakan perjalanan menyebrangi benua menuju ibukota Spanyol? Jangan lewatkan setiap sudut penjuru yang menyuguhkan destinasi menarik nan unik

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!