+62 811 114 280 [email protected]

Menarik! Fakta Unik Tentang Pegunungan Alpen dan Desa Mempesona Untuk Berwisata

pegunungan alpen

Pegunungan Alpen merupakan nama dari dataran tinggi berupa pegunungan besar yang telah terbentuk sejak sekitar 30 juta tahun yang lalu. Pegunungan Alpen terletak di Wilayah Eropa dan membentang sepanjang 1200 kilo meter dari Slovenia hingga ke Prancis. Apa sih keistimewaan dari pegunungan ini? Simak beberapa fakta uniknya berikut ini.

Fakta Unik Pegunungan Alpen

Melewati 8 Negara

Bentangan Pegunungan Alpen sejauh 1200 kilo meter atau sekitar 750 mil tersebut melalui 8 negara. Dimulai dari timur ke barat, berikut ini adalah negara yang dilalui oleh Pegunungan Alpen yaitu Slovenia, Austria, Jerman, Liechtenstein, Swiss, Italia, Monako, dan Prancis.

Terbagi Atas Enam Wilayah

Enam wilayah dari Pegunungan Alpen tersebut meliputi Pegunungan Alpen Prancis, Pegunungan Alpen Swiss, Pegunungan Alpen Austria, Pegunungan Alpen Bavaria, Pegunungan Alpen Italia, serta Pegunungan Alpen Julian.

Sebagai Sumber Air Warga Eropa

Pegunungan Alpen memberikan sumbangan sekitar 90% air untuk dataran rendah Eropa terutama ketika memasuki musim panas. Selain itu, warga sekitar juga menggunakan air dari pegunungan tersebut untuk keperluan irigasi hingga pembangkit tenaga listrik tenaga air.

Menyimpan Keanekaragaman Flora dan Fauna

Pegunungan ini memiliki banyak ragam flora yang tumbuh cantik seperti bunga edelweiss dan bunga Eritrichium yang memiliki ciri khas warna kelopak biru keunguan. Selain itu, keanekaragaman faunanya pun tidak kalah luar biasa.

Pegunungan Alpen menjadi tempat tinggal dari 30 ribu lebih spesies satwa liar antara lain adalah beruang coklat, tupai merah, marmot, elang emas, salamander, ibex, lynx, kelinci, dan masih banyak jenis hewan unik lainnya. Kebanyakan hewan yang tinggal di sekitar wilayah Pegunungan Alpen adalah hewan yang mudah untuk beradaptasi pada lingkungan dingin yang ekstrem.

Baca juga:  Yuk Ketahuilah Fakta dan Keistimewaan Kota Madinah

Curah Hujan Tinggi dan Salju Abadi

Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, membuat Pegunungan Alpen memiliki curah hujan yang tinggi setiap tahunnya. Rata-rata curah hujannya mencapai 2.600 mm hingga 3.600 mm per tahun.

Tak hanya itu, di Pegunungan Alpen juga terdapat salju yang bersifat abadi atau permanen dan letaknya berada di atas 3000 mdpl. Suhu di wilayah tersebut rata-rata -5ºC hingga 8ºC, yang mana masih termasuk dalam suhu dingin.

Desa Mempesona di Pegunungan Alpen

Selain lima fakta menarik tentang Pegunungan Alpen tersebut, terdapat pula desa-desa yang indah dan mempesona di sekitarnya yang sangat cocok kamu kunjungi sebagai destinasi wisata. Apa saja desa-desa tersebut, berikut jawabannya.

Grindelwald, Swiss

Desa ini terletak di kaki Gunung Eiger dan wilayah administrasinya termasuk dalam wilayah Interlaken-Oberhasli, Swiss. Pemandangan Pegunungan Alpen dan hijaunya hamparan lembah yang tersuguh dari desa ini memanjakan mata layaknya negeri dongeng. Selain pegunungan yang menakjubkan, apabila kamu berkunjung ke desa ini, terdapat pula laut biru yang sangat cantik.

Charmonix, Prancis

Wilayah desa ini terletak di Haute-Savoie, sebelah Tenggara Prancis. Desa Charmonix termasuk kota kecil kuno yang terdapat banyak gereja-gereja bersejarah dan penginapan yang nyaman dan menawan.

Objek wisata yang menjadi andalan di desa ini yaitu Mont Black yang merupakan puncak tertinggi Pegunungan Alpen. Mont Black menyediakan banyak area ski mulai dari lereng curam dan ekstrem untuk pemain ski professional, atau bahkan untuk pemain ski pemula, juga ada area atau jalur yang aman untuk belajar.

Tak hanya ski, olahraga lain yang dapat kamu coba antara lain hiking, paralayang, tenis, golf, panjat tebing, dan bahkan jika kamu hanya bersantai untuk menikmati pemandangan, tidak ada ruginya jika berkunjung ke desa yang satu ini.

Baca juga:  15 Keindahan Alam Indonesia Menjadi Daya Tarik Mata Dunia

Lauterbrunnen, Swiss

Lauterbrunnen merupakan sebuah desa di lembah Lauterbrunnen yang letaknya di areal puncak Jungfrau dan secara administratif masuk ke dalam wilayah Kota Tua Bern. Keunikan dari desa ini yaitu dikepung oleh 72 air terjun dan dikelilingi oleh tebing-tebing kokoh serta terjal dengan rata-rata ketinggian sekitar 300 meter.

Sejak tahun 2001, Desa Lauterbrunne sudah terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO dan disebut sebagai desa terindah di Eropa. Apabila kamu berkunjung ke sini, sangat wajib untuk mencoba hiking di wilayah tersebut. Tak hanya hamparan Pegunungan Alpen yang terpampang, kamu juga dapat menikmati danau menakjubkan, wisata safana yang menyenangkan, hingga kuliner yang menggiurkan siap memanjakan kamu selama masa liburan.

Oberammergau, Jerman

Apabila kamu hobi mendaki dan ingin bersantai sambil hunting foto-foto aesthetic, desa yang satu ini bisa jadi pilihan. Oberammergau merupakan kotamadya di Distrik Gamisch-artenkirchen yang terkenal dengan karya ukiran kayu, patung, monument, dan bangunan-bangunan gaya arsitektur unik dan indah. Untuk tempat wisata yang wajib kamu datangi di Oberammergau antara lain Pilatushaus, Geburtshaus von Ludwid Thoma, Bronze Brunnen, dan tempat lainnya yang sangat instagramable.

Itulah fakta-fakta unik tentang Pegunungan Alpen dan rekomendasi desa wisata disekitarnya yang sangat cocok untuk berwisata dan menghabiskan waktu berharga bersama teman, pasangan, atau bahkah keluarga besar.

1 Response
hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!