+62 811 114 280 [email protected]

5 Tempat Wisata di Spanyol Bersejarah Layak Untuk Dijelajahi

tempat wisata di spanyol

Melakukan kunjungan ke berbagai tempat wisata di Spanyol yang masih kental dengan sejarah islam adalah hal menarik untuk dilakukan. Spanyol merupakan sebuah Negara Eropa dengan pemandangan menakjubkan. Berbagai sejarah islam bisa dijelajahi di Negara ini untuk membuat Anda lebih dekat dengan sang Pencipta langit dan bumi.

Berada di Bagian Barat Daya Eropa, Spanyol memang terkenal dengan nama negeri matador. Tidak hanya itu, Negara ini juga begitu populer dengan klub sepakbola mereka yang telah mendunia. Berada di Semenanjung Liberia juga membuat Negara ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, Negara ini juga memiliki beberapa peninggalan islam yang terjaga.

Sejarah Peninggalan Islam di Negeri Spanyol

Beragam tempat wisata di Spanyol memang masih sangat kental dengan sejarah islam. Semua peninggalan tersebut ternyata juga masih tersimpan dan terjaga dengan rapi. Tidak heran jika tempat-tempat tersebut kemudian banyak dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Berikut kelima peninggalan sejarah Islam yang masih berdiri di negeri matador ini.

1. Menara Giralda

Ini merupakan tempat wisata di Spanyol berupa menara adzan. Tempatnya terletak di masjid agung di Kota Sevilla. Namun hingga sekarang, menara ini sudah tidak berfungsi lagi sebagai menara adzan melainkan menjadi menara lonceng Katredal Sevilla. Nama itu pun sudah diganti menjadi Menara Giralda.

Bangunan menara ini memiliki tinggi 105 meter dan dibangun oleh arsitektur terkenal Ben Ahmad Baso pada tahun 1198. Selama kurang lebih 800 tahun lamanya, Menara Giralda ini disebut-sebut sebagai menara paling tinggi di Sevilla.

Baca juga:  Sejarah Kota Bratislava, Slovakia

2. Alcazar of Jerez de la Frontera

Bangunan ini memiliki bentuk  dan gaya arsitektur yang sungguh indah dan mempesona. Pada bagian dalamnya, Anda bisa menemukan masjid. Konon, masjid tersebut merupakan satu-satunya masjid yang masih tersisa di kota tersebut.

Tempat bersejarah ini dibangun pada tahun 1931. Kompleks tempat wisata di Spanyol Alcazar of Jerez de la Frontera tersebut sebenarnya sudah dibangun sejak abad ke 11. Namun pada saat itu, tempat tersebut sebenarnya merupakan sebuah benteng dan memiliki fungsi sebagai istana.

3. Madinat Az Zahra

Ini merupakan salah satu tempat wisata di Spanyol paling banyak dikunjungi. Jika didefinisikan dalam bahasa Arab, Madinat Az Zahra memiliki arti kota yang bersinar. Pada sekitar abad ke 10, tempat tersebut dijadikan sebagai kediaman dari Khalifah Abdur Rahman III.

Pada jamannya, tempat tersebut menjadi sebuah pusat budaya serta kesenian paling besar di Andalusia. Diceritakan bahwa Khalifah Abdur Rahman III mempersembahkan tempat tersebut kepada istri tercintanya yang bernama Az Zahra. Jika Anda mengunjungi tempat ini, akan dijumpai tempat-tempat menakjubkan seperti Edificio Basilical Superior dan Casa de Yafar.

4. Masjid Cordoba

Untuk tempat wisata di Spanyol pasti sudah Anda kenal. Dulunya, masjid ini merupakan sebuah gereja dengan nama Katedral Saint Vincent. Katredal tersebut telah ada sejak tahun 600 Masehi. Diceritakan bahwa Abdul Rahman I membeli setengah dari Katedral tersebut.

Kemudian, ia membangun masjid agar umat islam dapat menjalankan ibadah di masjid. Hingga saat ini, Masjid Cordoba merupakan lambing dari persatuan 3 agama. Ketiga agama tersebut adalah Islam, Yahudi, dan Kristen. Pada abad ke 16, di tengah-tengah masjid tersebut dibangun sebuah katedral bernama Mezquita Catedral.

Baca juga:  Seputar Hongaria, Eropa Timur

Salah satu daya tarik yang bisa disaksikan di Masjid Cordoba adalah taman jeruk. Taman jeruk ini bisa dijumpai setelah memasuki pintu utama. Minaret pada saat itu telah diubah menjadi sebuah menara jab. Mihrabnya didekorasi dengan menggunakan mozaik emas dan terdapat sekitar 856 kolom menghiasi ruangan utamanya.

5. Istana Alhambra

Tempat wisata yang masih kental dengan sejarah islam terakhir yang bisa dijelajahi selama berlibur di Spanyol adalah Istana Alhambra. Istana ini merupakan sebuah peninggalan dari Dinasti Nasrid pada wilayah Cordoba. Istana kediaman raja pada kala tersebut memiliki bangunan megah, kokoh, dan indah.

Raja yang membangun istana ini adalah Sultan Muhammad bin Al Ahmar. Beliau membangun istana ini pada tahun 1232 Masehi. Dibangun di sebuah bukit La Sabica Kota Granada, pemandangan latar belakang istananya terlihat sangat indah dan mempesona.

Jika Anda berdiri di istana tersebut, maka pemandangan seluruh kota sejauh mata memandang akan terlihat. Hal tersebut dikarenakan istana berada pada ketinggian kurang lebih 150 meter. Luas kompleks istana mencapai 14 hektar dan dikelilingi oleh benteng-benteng berpola tidak beraturan.

Konstruksi bangunan dari istana bahkan masih bisa bertahan hingga sekarang. Alhambra benar-benar memiliki arsitektur yang begitu detail dan kuat. Setelah Cordoba jatuh ke tangan Katolik, maka istana tersebut dibangun kembali. Pembangunan dilakukan dengan memberikan beberapa macam perubahan di dalamnya. Jangan lewatkan tempat-tempat di atas untuk dijadikan sebagai destinasi terbaik selama berkunjung di negeri matador. Saksikanlah betapa islam pernah Berjaya di negeri Spanyol. Rencanakanlah liburan bersama keluarga dan kerabat di tempat wisata di Spanyol yang masih kental dengan sejarah islam di atas.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!