+62 811 114 280 [email protected]

10 Destinasi Wisata di Aqsa Terbaik dan Wajib Dikunjungi

destinasi di aqsa

Mengunjungi destinasi di Aqsa bisa menjadi sebuah pengalaman tidak terlupakan dalam kehidupan siapapun. Berada di kawasan Timur Tengah, masjid Al Aqsa ini memang merupakan sebuah saksi dari peristiwa bersejarah bagi umat islam yaitu Isra Miraj. Masjid ini berlokasi di Ibu Kota Ramallah, Jerusalem Timur.

Negara ini memang menyimpan sejarah umat islam yang sangat kental. Tidak hanya itu saja, Jerusalem ternyata juga menyimpan tempat-tempat indah dan menarik untuk dijadikan sebagai wisata. Anda bisa memasukkan beberapa list kunjungan ketika memiliki rencana berkunjung ke Aqsa, Jerussalem.

10 Destinasi di Aqsa yang Patut Dikunjungi

Berbagai macam tempat menarik di Aqsa memang patut untuk dijadikan sebagai tujuan Anda. Dengan begitu, Anda akan memiliki pengetahuan sejarah lebih banyak mengenai kota tersebut. Berikut beberapa list kunjungan yang bisa dimasukkan dalam daftar Anda.

1. Masjid Al Aqsa

Kunjungan pertama yang harus dilakukan tentu saja menuju masjid Al Aqsa. Ini merupakan sebuah bangunan kompleks Bukit Bait Suci di Palestina. Masjid ini didirikan pada masa kekhalifahan Umar Bin Khattab pada tahun 705 Masehi. Panjang masjid kurang lebih 83 meter dengan lebar 56 meter.

Dengan ukuran tersebut, maka sekitar 5000 pengunjung bisa ditampung. Selain dijadikan sebagai tempat ibadah bagi umat islam, masjid ini dijadikan sebagai tempat wisata karena memang memiliki keindahan di dalamnya. Bahkan, masjid ini merupakan salah satu masjid yang diutamakan oleh Rasulullah SAW.

Baca juga:  14 Tempat Wisata Di Istanbul Yang Menawarkan Banyak Keindahan

2. Hezekia’s Tunnel

Terowongan Hizkia merupakan saluran air dan berada di bawah kota Daud. Ini merupakan sebuah destinasi di Aqsa terkenal dengan Raja Yehuda. Saluran air tersebut bisa mengalirkan air dari Gihon menuju Kolam Siloam. Hal ini dilakukan untuk menghadapi ancaman pengepungan dari Raja Asyur.

3. Dome of the Rock

Banunan arsitektur islam tersebut memiliki senin dan indah meskipun dinyatakan sebagai bangunan paling tua di Jerussalem. Sultan Abdul Malik Bin Marwan membangunnya pada tahun 691 Masehi. Model bangunan ini sangat menarik dan memiliki kubah berlapis emas dengan ukuran 20,30 meter dan tinggi 20,48 meter.

Pada kubah bangunan tersebut terdapat sebuah batu. Dipercaya oleh umat islam bahwa batu tersebut merupakan pijakan pertama bagi Rasulullah SAW ketika melakukan Isra Miraj menuju langit.

4. Pantai Gaza

Pantai ini merupakan destinasi di Aqsa dengan pemandangan yang indah. Terletak di Jalur Gaza, tempat ini begitu disukai oleh para wisatawan. Selain panoramanya yang memang indah, pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan bisa dijadikan sebagai tempat bersantai sejenak ketika berkunjung ke Aqsa.

5. Kota Jerusaalem

Kota tua Jerusalem banyak menyimpan bangunan-bangunan sejarah. Bagi masyarakat Kristen dan Yahudi, kota ini disebut sebagai tempat suci. Rupanya, kota ini pun memiliki peranan penting bagi umat islam. Meskipun terdapat perbedaan agama yang cukup banyak, namun kota ini tetap memiliki norma untuk menghargai setiap perbedaan.

6. Kota Kuno Sebastian

Aqsa memang menyimpan berbagai macam kota kuno seperti kota kuno Sebastian. Wisata ke Aqsa tidak akan lengkap tanpa mengunjungi tempat ini. Kota ini terletak di Barat Laut Kota Nablus. Penduduknya berjumlah kurang lebih 4.500 jiwa.

Baca juga:  26 Tempat Wisata Di Mesir Yang Mengesankan dan Bersejarah

Berbagai keindahan bisa dilihat di dalam kota ini. Anda bisa melihat sisa reruntuhan istana Samaria, Gereja Bizantium, Kebun zaitun, dan masih banyak lagi. Salah satu destinasi di Aqsa juga menyimpan sejarah-sejarah Palestina.

7. Kota Deir Ghassana

Berada di Kota Ramallah, kota ini memang dikelilingi dengan bangunan-bangunan bernuansa kuno yang menarik. Anda bisa melihat di setiap penjuru rumah yang berada di kota ini memiliki sumur untuk menyimpan air, biji-bijian, serta minyak zaitun.

Sumur digunakan untuk menyimpan bekal selama peperangan. Selain bangunan-bangunan nan bersejarah di Kota Deir Ghasanna, rupanya makanan-makanan lokalnya pun sangat menarik dan lezat untuk dicoba.

8. Bukit Zaitun

Berkunjung ke Aqsa tidak akan lengkap sebelum Anda mengunjungi Kebun di Bukit Zaitun. Sebagai destinasi di Aqsa yang ramai, bukit ini memang menyajikan pemandangan yang sangat indah. Anda bisa langsung menikmati pemandangan kota Jerusallem dari bukit ini.

Dari atas puncak bukit dengan ketinggian 400 mdpl ini wisatawan bisa melihat kapel. Kapel tersebut didirikan oleh para Kesatria Perang Salib yang terjadi pada abad ke 12. Terdapat setidaknya 150 makam di bukit ini. Beberapa mengatakan bahwa ada makam dari anak Nabi Daun bernama Nabi Zakharia dan Absalom di bukit tersebut.

9. King Davia’s Thomb

Ini merupakan tempat wisata menarik dan paling banyak dikunjungi. Hal tersebut dikarenakan tempat ini dikatakan sebagai kuburan Nabi Daud. Jadi, banyak para peziarah yang berkunjung untuk mendoakannya.

10. Kota Tua Akka

Di masa lalu, kota ini merupakan tempat pertahanan bagi para pasukan perang Salib. Namun, kota ini rupanya diambil alih oleh Napoleon Bonaparte yang merupakan kaisar dari Perancis. Banyaknya sejarah di kota ini bisa membuat pengunjung belajar dan mengetahui informasi lebih banyak tentang sejarah Palestina. Lengkapi liburan Anda selama di Aqsa dengan mengunjungi beberapa tempat di atas. Anda bisa melakukan liburan sembari mengenal kebudayaan dan sejarah lebih mendalam mengenai kota Aqsa. Yuk buat list destinasi di Aqsa agar tidak sampai terlewat!

Baca juga:  2 Januari 1492, Sejarah Kelam Muslim Andalus
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!