+62 811 114 280 [email protected]

Patung Sphinx, Pusat Peradaban Mesir Kuno, Investasi Dunia Pariwisata

patung sphinx

Siapa sih yang tidak tahu patung dengan bertubuh singa dan berkepala manusia. Sebut saja patung sphinx begitulah masyarakat dunia mengenalnya. Salah satu aset dunia yang tak dapat dibeli dengan mata uang, sehingga memunculkan daya tarik tersendiri di mata wisatawan dunia. Keberadaannya telah banyak diperbincangkan dunia karena banyaknya orang yang penasaran. Karena patung sphinx menjadi ikon negara maka, kita akan mengupas tuntas mengenai pembahasan tersebut. Yuk…simak dan ikuti terus sampai tuntas pembahasan artikel ini.

Seluk Beluk Patung Sphinx

Pasti Anda penasaran kan sebenarnya apa sih patung sphinx yang dimaksud. Sebelumnya sudah disinggung mengenai patung sphinx, yakni makhluk mitologis dengan wujud tubuh singa dan berkepala manusia yang mana sering muncul pada legenda Mesir dan Yunani. Mungkin sedikit merinding jika membayangkannya.

Bahkan ada yang menyampaikan bahwa patung sphinx merupakan gambaran dari Raja Amenhotep III atau Firaun ke-19. Patung sphinx diklaim berwajah pria dengan mengenakan hiasan kepala loreng khas Mesir. Menurut cerita mitos disampaikan bahwa perwujudan makhluk mitologis atau sphinx ini berperan sebagai pelindung manusia dari roh-roh jahat dan sebagai pelindung dalam melawan kegelapan.

Patung ini ditemukan oleh seorang arkeolog asal Mesir, Ia menemukan patung yang tertimbun selama ribuan tahun tersebut tersebut di dalam pasir. Ukuran dari patung sphinx ini amatlah besar kurang lebih tingginya 26 kaki atau sekitar 20 meter dan panjangnya 73 meter. Maka dari itu patung ini merupakan patung terbesar di dunia. Jika dilihat wujudnya patung sphinx merupakan patung dengan pahatan batu kapur.

Kira-kira di manakah letak patung sphinx? Jika melihat peta dunia Anda dapat mencari sebuah tempat yang bernama Mesir. Tepatnya patung sphinx ini berada di atas dataran tinggi Giza, di tepi barat Sungai Nil sebelah barat Kairo, Mesir. Jika, suatu saat Anda berkunjung ke Mesir sesekali dapat mengunjungi patung sphinx. Situs patung sphinx ini ada dalam pengawasan Kementerian Pariwisata Mesir. Sehingga dapat dikatakan sebagai aset dan juga investasi dunia pariwisata Mesir, jadi wisatawan dari berbagai belahan negara di dunia pun dapat melihat mahakarya Patung Sphinx dan Piramida.

Baca juga:  Sebelum Berangkat, Yuk Ketahui Sunah Haji Berikut Ini

Asal-Usul Patung Sphinx

Penasaran kan bagaimana sejarah menuliskan permulaan munculnya patung sphinx di Mesir, simak sekilas tentang sejarah patung sphinx. Sphinx merupakan karya seni yang terbesar semasa pemerintahan seorang Raja bernama Khafre. Yakni Raja ke-4 dari Dinasti ke-4 2575 SM – 2465 SM. Keberadaan patung sphinx ini sebagai patung potret seorang raja di masanya.

Namun beberapa sumber memiliki argumen yang berbeda ada pula yang menyampaikan sphinx ada sejak 9000 tahun lalu. Seiring dengan erosi karena panasnya padang pasir tersebut melatar belakangi lamanya patung tersebut ada.

Sphinx Agung Giza yang menjadi ikon Mesir  ini lebih dikenal di kalangan Arab dengan sebutan Bapak Teror atau Abu Al-Hawl. Sphinx yang dilengkapi dengan sayap yang berasal dari  Thebes juga merupakan sphinx terkenal dalam legenda. Telah dikatakan melakukan terror terhadap orang-orang menuntut jawaban sebuah teka-teki.  Yang mana teka-teki tersebut diajarkan oleh Muses, dengan kesimpulan akhir dari legenda tersebut sphinx itu maha tahu segalanya.

Ternyata Sphinx Tidak Cuma Satu

Selain sphinx yang ditemukan di Mesir terdapat pula patung sphinx di Yunani. Bagaimana mungkin ya? Sphinx ditemukan di Yunani pada tahun 1600 SM, bentuknya sedikit berbeda daripada sphinx di Mesir. Sphinx Yunani mengenakan topi datar dengan flamel di atasnya selain itu juga terdapat sayap sebagai ciri khasnya.  Di dalam sejarah Yunani sphinx digambarkan dengan wajah seorang wanita bertubuh singa, dengan sayap burung, ekor.

Memang kedua legenda antara Mesir dan Yunani sedikit berbeda dalam menjelaskan makhluk mitologis berwujud sphinx ini. Dapat ditarik kesimpulan bahwa : pertama, sphinx patung makhluk hibrida dari gurun Mesir memiliki tubuh leonine dan dilengkapi kepala makhluk lain yakni manusia. sedangkan sphinx  menurut mitologi Yunani merupakan iblis dengan ekor dan sayap.

Baca juga:  Puncak Kejayaan Dinasti Usmani, Perluasan Wilayah Hingga ke Tiga Benua

Sebagai salah satu cagar budaya yang dilindungi oleh arkeolog Mesir tentu menarik perhatian para wisatawan mancanegara. Banyak sekali saat ini tour & travel yang membuka layanan jasa wisata termasuk salah satunya ke patung sphinx. Jika Anda sangat penasaran bagaimana real monument sphinx itu sendiri maupun cerita dari nara sumber, bisa saja langsung mengagendakannya ke sana. Atau bahkan penyedia paket umroh beberapa juga menyisipkan fasilitas untuk sekedar mengunjungi patung sphinx dan piramida di Mesir.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai patung sphinx yang selama ini masih menimbulkan misteri mitologis di kalangan masyarakat dunia. Semoga sedikit banyak dapat menambah wawasan dan memberikan manfaat bagi Anda yang membaca artikel ini.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!