+62 811 114 280 [email protected]

Ingin Lebih Dekat Dengan Al-Quran, Yuk Cari Tahu Nama-Nama Al-Quran Apa Saja

nama-nama al quran

Kita tahu bahwa al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan oleh Allah melalui perantara Malaikat Jibril dan diwahyukan kepada Baginda Rasulullah SAW tidak hanya sekedar dibaca melainkan juga untuk dipahami dan diamalkan sebagai pedoman hidup manusia. Sesungguhnya nama-nama al-Quran telah disebutkan oleh Allah SWT di dalam firman-Nya. Sebagai umat muslim alangkah lebih baiknya jika mengetahui nama-nama al-Quran dan artinya. Simak saja penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Terdapat banyak sekali nama-nama al-Quran yang dapat kamu ketahui dari beberapa pendapat para ulama yang tentunya di antara mereka berbeda pendapat mengenai berapa jumlah nama-nama al-Quran tersebut. Pada setiap nama-nama al-Quran tersebut juga sudah pasti dilengkapi dengan artinya dalam rangka menjelaskan sifat dan karakter penamaan. Namun, selain sebagai pengetahuan diharapkan jika sudah mengetahui nama-nama al-Quran tersebut kita dapat memahami satu persatu untuk lebih dekat dan mendalami karakter dari al-Quran.

Daftar Isi:

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat ‘Gunung Cahaya’ Jabal Nur

Berikut ini adalah beberapa nama-nama al-Quran:

1.     Al-Kitab (Kitab Yang Tertulis)

Salah satu nama lain dari al-Quran adalah al-Kitab atau Kitabullah yang mana memiliki arti buku. Sebagaimana penjelasan di dalam surat al-Baqoroh:2 yaitu:

ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

Artinya :”Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa”.

2.             Al-Huda (Petunjuk)

Kedua yakni al-huda yang memiliki arti petunjuk, jadi al-Quran merupakan petunjuk bagi umat muslim, sebagaimana dijelaskan dalam surat al-Baqarah ayat 185 yang bunyinya:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Artinya :” Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq (benar) dan yang batil (salah)”.

3.             Al-Furqan (Pembeda)

Selanjutnya adalah al-Furqon yang memiliki arti pembeda, simak ayat al-Quran di bawah ini pada surat al-Furqon ayat 1 :

تَبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِۦ لِيَكُونَ لِلْعَٰلَمِينَ نَذِيرًا

Artinya: “Maha Suci Allah yang telah menurunkan Al-furqan kepada hamba-Nya agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.

4.             Asy-Syifa (Obat)

Nama al-Quran yang keempat adalah asy-syifa yang memiliki arti obat atau penyembuh, hal ini dimaknai bahwa al-Quran diturunkan untuk menyembuhkan hati manusia. Jika hati Anda sedang merasa tidak enak bisa menggunkan al-Quran sebagai obat. Sebagaimana firman Allah SWT pada surat Yunus:57 yang berbunyi:

 يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ مَّوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَشِفَاۤءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوْرِۙ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya: “ Wahai manusia!Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (AL-Quran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang dalam dadan dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman ”.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Akan Dinasti Ayyubiyah

5.             Al-Haq (Kebenaran)

Mengapa dikatakan Al-haq karena Al-Quran mengajarkan Al-Quran dan isi kandungannya secara benar. Lihatlah ayat al-Quran di bawah ini surat Ali ‘Imran ayat 62:

اِنَّ هٰذَا لَهُوَ الْقَصَصُ الْحَقُّ

Artinya: “Sungguh, ini adalah kisah yang benar”.

6.             Ar-Rahmat (Rahmat)

Ar-rahmat yang artinya pemberi rahmat, dengan maksud Allah menurunkannya untuk memberikan rahmat, hikmah, dan kekuatan iman kepada mereka yang membacanya. Sebagaimana di dalam al-Quran QS. Al-Isra:82 :

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا

Artinya: “Dan Kami turunkan dari Al-Quran (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Quran itu) hanya akan menambah kerugian”.

7.             An-Nuur (Cahaya)

An-Nuur yang berarti cahaya maksudnya dengan diturunkannya al-Quran akan menjadi cahaya dalam kehidupan seluruh umat manusia. Telah difirmankan Allah SWT dalam surat an-Nisa ayat 174 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ قَدْ جَآءَكُم بُرْهَٰنٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَأَنزَلْنَآ إِلَيْكُمْ نُورًا مُّبِينًا

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang”.

8.             Al-Kalam (Perkataan)

Nama Al-Quran berikutnya adalah al-kalam artinya perkataan Allah SWT, yang mana isi dari Al-Quran tersebut adalah perintah, larangan, dan panduan hidup dari Allah SWT, Sebagaimana di dalam surat at-Taubah ayat 6 yaitu:

وَإِنْ أَحَدٌ مِّنَ ٱلْمُشْرِكِينَ ٱسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّىٰ يَسْمَعَ كَلَٰمَ ٱللَّهِ ثُمَّ أَبْلِغْهُ مَأْمَنَهُۥ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لَّا يَعْلَمُونَ

Artinya: “Dan jika seorang di antara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah Ia supaya Ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah Ia ke tempat yang aman baginya”.

Baca juga:  15 Keindahan Alam Indonesia Menjadi Daya Tarik Mata Dunia

Kedelapan Nama-nama al-Quran di atas dapat kamu pahami dan resapi maknanya, setelah mengetahui dan memahami nama-nama al-Quran dan dalilnya maka langkah berikutnya adalah memanfaatkan serta mengaktualisasikan ke dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Semoga artikel mengenai nama-nama al-Quran ini sedikit banyak menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!