+62 811 114 280 [email protected]

Daftar Tempat Wisata Kuno di Uzbekistan Paling Menarik

Berkunjung ke tempat wisata kuno di Uzbekistan bisa menjadi sebuah pengalaman liburan yang menyenangkan. Terdapat beragam tempat wisata kuno yang berada di Asia Tengah ini. Berbagai macam legenda datang dari Uzbekistan dengan cerita menarik dan unik. Inilah salah satu hal yang membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung.

Berbagai bangunan indah mempesona berdiri megah di kota ini. Sejak jaman dahulu, menara-menara dan madrasah dengan arsitektur oriental menghiasi kota. Anda juga bisa melihat ragam makam dengan pemandangan budaya islam di tanah tersebut. Jadi, Uzbekistan sangat cocok dimasukkan dalam list destinasi liburan bersama keluarga.

10 Tempat Wisata Kuno di Uzbekistan yang Patut Dikunjungi

Ketika Anda memutuskan untuk berkunjung ke bagian wilayah Asia Tengah ini, maka siapkanlah list kunjungan terlebih dahulu. Disana, banyak sekali tempat wisata nan unik untuk dijamah. Maka, dengan menggunakan list Anda akan lebih mudah dan tertuju untuk menikmati wisata favorit.

Berikut beberapa tempat wisata kuno di Uzbekistan yang bisa dimasukkan dalam list destinasi kunjungan Anda.

Makam Imam Al Bukhari

Makam Imam Al Bukhari

Siapa si yang tidak kenal dengan Imam Al Bukhari? Setiap umat islam pasti mengenalnya. Kompleks pemakaman imam ini berada di dekat Samarkand. Arsitektur makan dibangun dengan menggunakan arsitektur nasional bercampur tradisi.

Tidak hanya makam saja yang berdiri di area ini. Namun, Anda juga bisa menemukan kantor administrative, masjid, dan beberapa bangunan lainnya. Makam sang Imam berbentuk kubus dan tertutup dengan kubah. Makam ini juga ditutupi dengan marmer dan lokasinya berada pada atas sebuah panggung.

Baca juga:  Al – Qarawiyin, Universitas Pertama yang didirikan Seorang Muslimah Cantik

Registan Square

registan square

Ini merupakan tempat wisata kuno di Uzbekistan yang menarik karena menjadi bagian dari komplek pendidikan masa lalu. Komplek ini terdiri dari tiga buah gedung madrasah dan sebuah masjid. Ini merupakan tempat wisata paling ramai di Samarkand yang didatangi oleh wisatawan mancanegara maupun local.

Samarkand

samarkand

Samarkand sendiri merupakan nama sebuah kota yang masuk dalam warisan dunia. Bangunan-bangunan di tempat ini memiliki arsitektur kuno dan megah. Samarkand mempunyai beragam monument bersejarah dan masih kokoh berdiri. Anda isa menemukan Kubah Pirus Samarkand yang merupakan symbol arsitektur kota ini.

Bukhara

bukhara

Bukhara merupakan sebuah tempat wisata kuno di Uzbekistan yang lokasinya tidak jauh dari sungai panjang bernama Oxus. Sungai ini mengaliri seluruh Negara di kawasan Asia Tengah. Kota ini merupakan kota dimana Imam Bukhari dilahirkan. Ada banyak bangunan indah yang bisa dilihat mulai dari Mausoleum Ismail Samani, Masjid Magoki Attori, Masjid Kalon, dan masih banyak lagi.

Wisatawan bisa menikmati beragam bangunan indah yang merupakan bukti peninggalan peradaban islam di masa lampau. Banyaknya bangunan bersejarah di tempat ini membuat Bukhara masuk dalam situs warisan dunia oleh UNESCO.

Tashkent

Tashkent

Sejak bertahun-tahun lamanya, kota ini disebut dengan nama Binkent, Shash, atau Chach. Dulunya, tempat ini adalah sebuah pemberhentian rute perdagangan jalur Sutra dari wilayah Benua Asia menuju Benua Eropa. Terdapat banyak bangunan kuno bersejarah di tempat ini seperti Genuine Muskhafe Usma Koran, Khazret-Imam Mosque, Independence Square, dan masih banyak lagi.

Jizzakh

Jizzakh adalah sebuah tempat wisata kuno di Uzbekistan yang berlokasi dekat dengan sungai Sanzar. Pemandangan di kota ini sungguh indah dan mempesona. Terdapat pemukiman warga dengan benteng-benteng kuno yang indah di Jizzakh.

Baca juga:  9 Tempat Wisata Religi Di Jordan Dan Aqsa

Gerbang Neraka

Ketika Anda mendengar tempat wisata ini, mungkin akan merasa sedikit merinding. Disebut gerbang neraka karena ini merupakan sebuah lubang yang begitu panas. Lubang ini memiliki luas hampir dua kali lapangan sepak bola dengan kedalaman hingga 30 meter. Pada saat ditemukan di tahun 1975, luas lubang ini belum sebesar seperti sekarang ini.

Fergana

Lembah bernama Fergana adalah sebuah tempat yang menjadi saksi perkembangan dari peradaban Khanate di abad ke 19. Berbagai peninggalan dari peradaban masa lalu tersimpan dengan rapi di tempat ini. Beberapa diantaranya adalah Istana Khudayar Khan yang merupakan istana paling megah pada dinasti Kokand Khanate.

Nukus

Salah satu daerah di Uzbekistan Nukus berbatasan langsung dengan Rusia. Ini merupakan tempat wisata yang cukup populer. Namun demikian, ada berbagai sejarah unik dan menarik yang bisa dinikmati di tempat ini. Beberapa diantaranya adalah koleksi terkenal seniman Rusia seperti seni Sokolov Komarovskiy da Amaravella. Berbagai macam karya seni tersebut dikumpulkan di Museum of Art.

Khiva

Tempat bersejarah terakhir yang patut dikunjungi di Uzbekistan adalah Khiva. Khiva memiliki gaya arsitektur Timur Tengah. Dinding-dinding bangunan di Khiva memiliki kesan antic dan tidak anker. Terdapat berbagai macam pasar tradisional yang menjual barang-barang mulai dari jajanan hingga barang-barang lain dengan harga murah. Jika Anda berencana untuk berlibur di Uzbekistan, masukkanlah tempat-tempat di atas dalam list perjalanan. Dijamin, akan didapatkan pengalaman seru dan mendebarkan dengan mengunjungi tempat wisata di atas. Pada dasarnya, tempat wisata kuno di Uzbekistan memang memberikan kesan tersendiri karena memiliki nilai sejarah tinggi.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!