+62 811 114 280 [email protected]

Summer Palace Beijing, Kemegahan Istana Perpaduan Alam dan Buatan Manusia

summer palace beijing

Berbicara tentang Beijing tentunya tidak akan membosankan. Ibukotanya Tiongkok itu membuat para wisatawan terpikat. Mereka datang ke kota terpadat di dunia ini selalu penasaran akan destinasi plesirannya. Apalagi kalau ingin belajar tentang budaya Tiongkok, akan pas sekali langsung mengeksplornya. Beberapa tempat warisan budaya pun sudah diakui UNESCO. Salah satunya objek wisata Summer Palace.

Ada Apa di Summer Palace?

Yihe Yuan sebutan dalam Bahasa Mandarin dari Summer palace.  Nama lainnya The Museum of Royal Garden. Lokasinya berjarak 15 KM dari Beijing, yang berada di Barat Laut Distrik Haidian, Beijing. Memiliki luas sekitar 300 hektar dan ada ribuan bangunan berdiri. Air dan Danau Kuming mengisi area ini tiga per empat dari keseluruhan Yihe Yuan.

Di istana ini terdapat  jembatan, paviliun, menara, kuil, dan taman. Mau tahu kan spot-spot lainya? Berikut bagian-bagian bangunan Summer Palace Beijing.

Front Hill Area

Bangunan yang paling megah ini menelan biaya pembangunan sangat fantastis. Jumlahnya 780.000 tael perak. Tingginya yang mencapai 41 meter ini mempunyai motif China klasik. Tower of Buddhist menjadi pusat dari area ini.

Istimewanya bangunan di bagian barat dan timur begitu simetris. Bahkan terdapat taman indah di dalamnya. Sementara jika pergi ke arah puncaknya akan menjumpai Beaoyoun Pavillion, Hall of Glory, serta Hall of Colouds.

Rear Hill Area

Berbeda dengan Front Hill Area yang ramai wisatawan, tempat ini begitu sepi. Masih terdapat beberapa bangunan yang rusak parah akibat masa peperangan dulu. Sehingga area ini sulit dijangkau untuk menujunya.

Baca juga:  Larangan Haji, Kewajiban dan Ibadah Sunahnya, Yuk Kita Ketahui

Di belakang bukitnya ada tempat ibadah yang bernama Candi Houda. Gaya rancangan mirip seperti Tibet dan Han. Namun sekarang sudah tidak ada lagi. Bagi turis yang ingin berwisata dengan merasakan kesunyian bisa nih datang ke area ini.

Danau Kunming

Salah satu area yang bikin suasana rileks adalah Danau Kunming. Di tempat ini pelancong dapat menyusuri Summer Palace Beijing dengan perahu atau kapal.

Turis pun juga bisa berkeliling dengan jalan kaki di The Long Coridor ditemani pohon-pohon yang teduh.

Lake Area

Terdiri dari puluhan jembatan di Summer Palace Beijing. Jembatan yang paling besar panjangnya berukuran 150 meter dan lebar delapan meter. Seventeen-Arch Bridge namanya.

Wisatawan pun bisa menyusuri dari Danau Kunming ke Pulau Nanhu (sebaliknya) dengan jembatan tersebut. Di sini juga diperlihatkan tanaman yang cantik berupa bunga teratai dan pohon willow.

Court Area

Di tempat inilah dijadikan pertemuan orang-orang yang sangat penting di Tiongkok. Zaman dahulu Kaisar Guangxu dan Ibusuri menggunakan wilayah ini untuk membahas permasalahan politik. Bahkan menjadi pusat pertemuan-pertemuan resmi. Sekarang pun para pejabat masih juga memanfaatkannya sebagai agenda kenegaraan.

Selain itu, letaknya yang berada di barat laut istana ini dulunya sebagai tempat tinggal Permaisuri Longyu. Dinamakan dengan Taman Harmoni dan Kebijakan berupa Balai Yiyun. Bahkan di sini tidak kalah cantiknya menikmati pemandangan Danau Kunming atau Bukit Longevity.

Mengenal Asal Usul Summer Palace Beijing

Sesudah menikmati setiap titik area yang apik di Summer Palace, rasanya kurang puas jika tidak mengetahui sejarahnya. Mengenal lebih dalam sebuah objek wisata, rasa kagum semakin bertambah. Penasaran dengan riwayat istana ini?

Awal berdirinya

Tahun 1115 M dimulainya tempat ini dibangun.  Didirikan pada masa Dinasti Jin. Cikal bakal suku Mancu dari Dinasti Jin ini kemudian mendirikan Dinasti Qing. Awal mulanya istana ini dibangun hanya untuk tempat hiburan dan taman saja. Lalu fasilitas tersebut dialihfungsikan menjadi tempat kediaman keluarga kerajaan. Istana ini bernama asli Qingyi Garden.

Baca juga:  Göbekli Tepe, Kuil Tertua Yang Penuh Misteri

Masa kehancuran

Istana ini pernah mengalami kerusakan parah pada tahun 1860. Pasukan Inggris dan Prancis menyerangnya secara brutal. Mereka membakar istana tersebut. Peristiwa ini terjadi pada perang opium atau candu kedua. Penyebabnya karena penghinaan China dan adanya bentuk agresi asing.

Bangkitnya Summer Palace

Enam tahun kemudian penduduk setempat merestorasi Summer Palace Beijing. Pemugaran tersebut mengacu pada gaya arsitektur semula, kebun klasik Tiongkok. Setelah mengalami rekonstruksi, namanya berubah menjadi Yuang Ming Yuan.

Pada tahun 1881 Ibusuri Cixi, istri Xianeng,  mengubah nama bangunan tersebut menjadi Yihe Yuan. Dia juga mendiami Istana Musim Panas sampai ajal menjemput. Bahkan diperistirahatkan di area istananya.

Beberapa tahun kemudian tempat ini mulai dibuka untuk publik. Tepatnya pada tahun 1924. Nah sampai sekarang sudah dijadikan destinasi wisata yang paling indah di Beijing.

Warisan Budaya Dunia

Tahun 1998 menjadi sejarah yang menyenangkan bagi masyarakat Tiongkok. Pasalnya UNESCO mengakui Yihe Yuan menjadi cagar budaya warisan dunia. Apa sih alasannya?

Daerahnya yang berbukit disertai adanya danau, membuat orang zaman dahulu memutuskan mendirikan bangunan di tempat tersebut. Perpaduan istana, jembatan, kuil, paviliun, dan aula dikelilingi danau dan bukit. Menerapkan juga arsitektur tradisional Tiongkok yang menambah keindahan wilayah tersebut.

Dari penggabungan penciptaan diatas timbullah karya seni yang kreatif. Adanya kreasi buatan tangan manusia disertai pemandangan yang alami. Hal itu menyimpan arti filosofi bagi rancangan karya China. Selain itu menyimbolkan tentang  peradaban Tiongkok di dunia. Wajib dijaga dan dilestarikan ya!

Moda, Waktu Buka, dan Tiket Summer Palace Beijing              

Transportasi

Apabila menggunakan kereta bawah tanah, naiklah MRT atau Subway. Di Stasiun Shichahai menuju line 8. Bila di Stasiun Beihai pilih jalur 6. Untuk sekali jalan ongkosnya sekitar 4 sampai 6 Yuan.

Baca juga:  Cara Mempersiapkan Perlengkapan Umroh Bagi Pria dan Wanita

Jikalau ingin naik bus, perhatikan nomor-nomor bus yang menuju Summer Palace Beijing. Angkanya ialah 623, 111, 609, 118. Dan 13. Halte Beiahai Beiman tempat turunnya tujuan.

Biayanya pun lebih murah dari kereta bawah tanah. Hanya mengeluarkan uang 2 Yuan. Tetapi jika memakai kartu isi ulang bus cukup dengan 1 Yuan saja. Super murah kan?

Jam operasional

Sama seperti tempat wisata lainnya, wisata istana ini dibuka setiap hari. Namun agak berbeda di bulan-bulan tertentu. Pada bulan April hingga Oktober mulai jam setengah tujuh pagi sampai enam sore waktu setempat.

Berbeda di bulan November- Maret jam bukanya diundur setengah jam dan tutup lebih awal, 07.00-17.00.

Harga tiket

Sama dengan waktu bukanya wisata tersebut, tarif tiket pun berbeda di bulan-bulan yang sudah ditentukan. Membeli tiket masuk di tempatnya langsung 60 Yuan, akan berbeda jika membeli secara online cuma setengah harga.

Hal itu terjadi di bulan April sampai Oktober. Sementara dari November hingga Maret karcisnya lebih murah, turun 10 Yuan. Jika tidak menggunakan tour guide, bisa nih menyewa panduan audio. Cukup mengeluarkan uang 40 Yuan.   Summer Palace Beijing memang menyenangkan jika dilihat pada musim panas. Akan tetapi hal itu tidak berarti memberikan kekecewaan selain musim tersebut. Pada musim dingin, Danau Kunming akan membeku. Sayangnya tidak boleh digunakan untuk ice skating. Terlebih pada musim semi, komplek istana diramaikan bunga-bunga yang bermekaran. Romantis kan?

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!