+62 811 114 280 [email protected]

Yuk, Menelusuri Peradaban Islam Di Negara Kroasia

Kroasia Balkan

Kroasia merupakan sebuah negara yang terletak di antara Selatan dan Timur benua Eropa. Negara ini berbatasan disebelah utara dengan Hongaria dan Sloveni, di sebelah timur Serbia, Bosnia, Montenegro dan Herzegovina berada di tenggara serta Laut Adriatik berada di sebelah barat daya.

Dalam sejarahnya, Negara Kroasia pernah membentuk sebuah kerajaan yang bernama Yugoslavia pada Perang Dunia I. Pada saat terjadi Perang Dunia ke 2 berubahlah menjadi sebuah Negara Komunis yaitu Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Akhirnya pada tahun 1991, Kroasia berhasil melepaskan diri dan merdeka dari Yugoslavia.

Jejak Islam di Negara Kroasia  

Republik Kroasia merupakan negara berbentuk bulan sabit yang berada di Eropa dan di sebelah tenggara berbatasan dengan Balkan. Ibu Kota Kroasia adalah Zagreb. Kroasia diperkenalkan pada islam oleh kekaisaran Ottoman abad ke – 15 hingga abad ke – 19 pada saat peperangan antara Kroasia dan Ottoman. Banyak penduduk Kroasia yang memeluk Islam setelah Ottoman dapat menguasai Kroasia.

Keyakinan penduduk negara berbentuk bulan sabit ini sebagian muslim. Sebanyak 1,47 persen penduduk menganut agama Islam sehingga agama islam menjadi agama terbesar kedua setelah agama Kristen.

Islam berpengaruh di wilayah Eropa Tenggara. Walaupun penduduk muslim di Kroasia merupakan minoritas, namun islam mengambil peran dalam perkembangan Kroasia. Dari mulai makanan halal yang sangat diminati di negara tersebut hingga tempat – tempat wisata yang merupakan peninggalan – peninggalan Islam pada jaman dahulu.

Islam berpengaruh di Kroasia karena adanya pengaruh kekaisaran Islam Ottoman yang pernah berkuasa di Kroasia. Jumlah muslim di Kroasia mengalami kenaikan setelah Konstitusi Yugoslavia memperbolehkan pengakuan resmi dari muslim sebagai kebangsaan. Setelah pembubaran Yugoslavia, ada peningkatan tambahan muslim yang merupakan dari Bosnia.

Baca juga:  Pesona Wisata Kosovo dengan Syiar Islam yang Mengudara

Hal ini terlihat dari adanya dua tempat yang merupakan pusat islam di Kroasia yaitu di ibu kota Zagreb dan Rijeka dan memiliki 17 masjid. Sedangkan di Kota Rejeka memiliki masjid pertama yang dibangun di tepi Laut Adriatik.

Daya Tarik Yang Dimiliki Kroasia

Negara Kroasia merupakan negara kecil dengan peringkat 127 besar dari seluruh dunia. Negara ini tak kalah indah dengan negara – negara di benua Eropa lainnya. Kroasia memiliki 1.246 pulau yang menawarkan keindahan yang tak dimiliki oleh negara – negara lain.

Tidak hanya itu, selain memiliki bentang alam yang jempolan Kroasia memiliki peninggalan – peninggalan budaya Islam dan berbagai macam makanan – makanan halal yang menjadi magnet tersendiri untuk menarik minat para wisatawan.

Jika anda memiliki rencana liburan dan berencana melakukan wisata religi di Negara Kroasia  ini, anda dapat mengunjungi beberapa tempat yang menjadi alternatif destinasi wisata yang memiliki sejarah peradaban Islam di Negara Kroasia.

Masjid Zegreb

Masjid Zegreb merupakan masjid terbesar yang ada di Negara Kroasia dan terletak di ibu kota Krosia yaitu Zaggreb. Dengan keunikan arsitektur yang dimiliki oleh masjid tersebut menjadikan daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Jika anda sejak melakukan berlibur di Negra Kroasia, anda jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi Masjid Zagreb karena keunikan yang dimiliki pada kubah yang dimiliki oleh masjid tersebut yang berbentuk kubah yang terbelah menjadi tiga.

Masjid Zagreb didirikan pada tahun 1981 dan mulai digunakan pada tahun 1987 dan lokasi sebelumnya berada di pusat kota. Saat anda mengunjungi Masjid Zagreb, anda perlu mengunjungi sebuah display yang menampilkan sejarah atas perpindahan masjid tersebut.

Baca juga:  Negara Balkan Montenegro: Negara Kaya Akan Pesona Alamnya

Masjid Zagreb dibangun dengan donasi yang dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia dan donasi utama berasal dari muslim Zagreb. Masjid Zagreb dianggap menjadi salah satu pusat Islam yang indah dan penting di Eropa.

Masjid Zagreb tidak hanya digunakan sebagai tempat beribadah saja namun berperan juga sebagai Islamic Center. Masjid Zagreb dilengkapi dengan Sekolah Menengah Islam.

Tujuannya untuk menjaga akidah dan memberikan sarana pendidikan yang berbasis Islami, dan terdapat Restoran Halal yang ramai dikunjungi oleh turis domestic ataupun mancanegara, serta baru – baru ini baru diresmikan sebuah Institut Bahasa Arab dan Studi Islam.

Masjid Rijeka

Salah satu masjid yang menjadi Islamic Center selain Masjid Zagreb di Kroasia adalah Masjid Rijeka. Masjid Rijeka mengagumkan dengan keunikan yang dimilikinya. Masjid yang didesain menyerupai sebuah teater yang berbentuk nyentrik yaitu seperti seekor keong serta dibangun di tepi Laut Adriatik.

Masjid Rijeka yang diresmikan tahun 2013, tak hanya berfungsi sebagai Islamic Center namun sebagai salah satu mahakarya seni patung terbesar di negara ini. Masjid Rijeka dimulai pembangunan pada tahun 2009 dengan arsitektur yang modern serta desain yang eksentrik.

Tak hanya itu, selain kubah yang unik, masjid ini juga memiliki sebuah menara dengan tinggi 23 meter yang terpisah dengan bangunan masjid. Menara ini dibangun dan difungsikan sebagai penanda bahwa bangunan ini adalah pusat kebudyaan islam di Kroasia.

Daftar Makanan Khas Halal di Kroasia

Selain melakukan wisata religi tentunya tak lengkap jika anda tidak melakukan wisata kuliner dan memanjakan lidah dengan makanan yang ada di Negara Kroasia ini. Di sini, terdapat berbagai macam makanan khas yang tentunya terjamin kehalalannya.

Baca juga:  Mengapa Memilih Wisata ke Balkan Bersama Keluarga? Ini Dia Alasannya

Beberapa rekomendasi makanan halal yang dapat anda coba antara lain sebagai berikut.

Zganci

Makanan khas Kroasia ini biasa disajikan untuk sarapan. Makanan berbahan dasar gandum dan tepung soba ini dapat dinikmati dengan tambahan daging dan madu. Anda dapat menyantap Zganci bersamaan dengan segelas susu atau yogurt.

Hobotnica Ispod Peke

Untuk anda penggemar seafood wajib mencoba makanan khas Kroasia ini. Dengan perpaduan kentang yang disajikan dengan gurita utuh di atasnya dapat menambah nafsu makan anda. Cita rasa yang khas karena rempah – rempah yang kuat dan diolah menggunakan metode yang masih tradisional menambah cita rasa dari makanan ini.

Manestra

Manestra merupakan sup kacang yang menjadi makanan favorit di masyarakat Kroasia. Anda cukup mudah menemukan makanan ini di kota Kroasia. Tak hanya itu, sup Manestra juga memiliki bermacam – macam pilihan rasa yang bisa disesuaikan dengan selera anda.

Brodet

Brodet merupakan makanan khas Kroasia yang berbeda dengan hidangan lainnya. sup ikan ini biasa disajikan dengan nasi dan sayuran. Makanan ini sangat bergizi pastinya dan dapat menambah energi anda untuk melanjutkan perjalanan berkeliling Kroasia.

Arancini

Arancini merupakan manisan popular atau permen tradisional asli Kroasia. Menu penutup ini terbuat dari manisan kulit jeruk.  Arancini banyak dijual dalam kemasan dan dijadikan buah tangan khas Krosia. Jadi anda dapat menjadikan Arancini sebagai salah satu buah tangan yang tak lupa untuk dibeli. Itulah informasi tentang Negara Kroasia yang memiliki sejarah tentang islam.  Jika anda berkesempatan melakukan wisata religi pastikan untuk berkunjung dan menikmati tempat wisata dan makanan khas di atas. Semoga informasi ini bermanfaat dan informatif untuk anda.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!