+62 811 114 280 [email protected]

Balkan Dengan Destinasi Wisatanya Yang Menarik Dan Jejak Sejarah Islamnya

kawasan balkan

Balkan sebenarnya merupakan nama geografis dari wilayah Eropa tenggara yang terdiri dari beberapa negara di dalamnya. Luasnya kira-kira 550.000 km2 dengan penduduknya 53 juta jiwa. Ada banyak keunikan dan daya tarik dari daerah ini mulai dari destinasi wisatanya yang menawan, kebudayaan, jejak islam dan juga wisata kulinernya.

Di daerah ini Anda dapat melihat sejarah jejak islam di masa lampau dan mendapatkan banyak informasi baru. Selain itu Anda juga dapat sekaligus menyusun rencana perjalanan wisata saat akan berkunjung kesana.

Destinasi Wisata Di Balkan

Jika Anda ingin berwisata di kawasan Balkan, ada banyak destinasi yang bisa dijadikan wilayah. Ada banyak tempat bersejarah dan juga banyak juga wisata alam yang memukau. Berikut ini adalah beberapa pilihannya:

Oia Santorini

Destinasi wisata Santorini ini berada di gugusan Cyclades dengan jarak 200 km dari daratan Yunani. Di daerah ini Anda dapat berkunjung ke tempat yang paling menarik yaitu Oia. Yang membuat istimewa tempat ini adalah hampir semua bangunan yang ada disana di cat dengan warna putih. Di tempat ini Anda dapat menghabiskan waktu senja dengan spot sunset terbaik dan merefresh pikiran.

Sveti Stefan Montenegro

Sveti Stefan adalah sebuah pulau yang kecil dan disana terdapat hotel resort tepatnya kurang lebih 6 km di sebelah tenggara Budva. Sejak desember 2008, hotel bintang lima ini telah dikelola Aman Resort. Kawasan ini juga terhubung dengan daratan kecil.

Stari Most, Mostar Bosnia & Herzegovina

Stari most adalah jembatan yang cukup terkenal di kawasan Bosnia. Di dalam perang yang terjadi 20tahun lalu, stari most pernah hancur. Ditempat ini Anda dapat mempelajari banyak hal mulai dari sejarah berdirinya stari most atau jembatan tua hingga masa kepemimpinan Ottoman.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Recommended di Slovenia Bagi Wisatawan Mancanegara

Di bawah jembatan ini terdapat sungai yang mengalir dengan air yang jernih. Andadapat juga bersantai di tempat ini sambil menikmati kopi dan pemandangan di Stari Grand Caffe.

Blagaj Bosnia & Herzegovina

Destinasi wisata Balagai ini adalah tempat wisata religi yang recommended untuk para muslim. Di sini terdapat Balagai Teke yang merupakan tempat ibadah di tepi mata air sungai Buna. Tempat ini dijadikan sebagai tempat sholat, ruangan untuk kelas belajar agama dan lain sebagainya. Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat ini, Anda dianjurkan untuk berpakaian tertutup. Kegiatan lain yang dapat dilakukan di sini adalah rafting di Sungai Buna.

Devetashka Cave Bulgaria

Letak dari Devetashka Cave ini kurang lebih 18 km dari timur laut Lovech. Sedangkan dari devetaki, jaraknya kurang lebih hanya 2 km.

Di Devetashka Cave, terdapat Maarata atau Oknata untuk 7 buah lubang yang memiliki ukuran berbeda dan terdapat di langit-langit gua. Dari sini, sinar matahari dapat masuk dan memberikan cahaya penerangan di pusat gua dan juga di 2 bagian gua yang lain.

Dubrovnik Croatia

Dubrovnik adalah sebuah kota tua yang berada di daerah kroasia. Tempat ini tidak terlalu dikenal dan tidak banyak orang yang mengetahuinya. Letaknya berada di tepian laut Adriatik, yaitu laut yang paling bersih di dunia.

Tak heran bila Dubrovnik ini menjadi kota yang paling indah di daerah Kroasia dan mendapatkan julukan sebagai Pearl of the adriatik. Unesco juga telah menetapkan kota ini sebagai world heritage pada tahun 1979 karena memilih banyak bangunan tua dan tempat bersejarah.

Vintgar Gorge Slovenia

Keindahan alam dari wilayah Slovenia ini sangat menakjubkan dan telah banyak dikenal oleh orang. Salah satu tempat yang memukau adalah Vintgar Gorge. Letak dari Vintgar Gorge ini ada di sebelah barat laut Slovenia yang terbentang indah dengan tebing yang sangat tinggi dan terjal.

Baca juga:  Negara Balkan Republik Makedonia: Negara di Wilayah Eropa dengan Jejak Islam Menarik

Ketinggiannya kurang lebih 50 hingga 100 meter dan memiliki kemiringan 250 meter. Air terjun yang dimiliki tempat ini kurang lebih setinggi 13 meter dengan air yang jernih. Berkunjung ke tempat ini sangat aman karena terdapat pagar pembatas tebing yang menjaga keamanan agar wisatawan tidak terjatuh.

Jajak Sejarah dan Islam Di Balkan

Di daerah Eropa, Balkan merupakan tempat yang memiliki populasi muslim paling besar. Selain itu Balkan juga merupakan pusat ideology dari Islam yang sangat menentang pada kesepakatan nama Makedonia dan Yunani.

Namun wilayah Balkan ini menjadi daerah yang disengketakan karena etnis yang meninggali tempat tersebut dan juga batas negaranya. Di sisi lain ada pula para kaum nasionalis ekstrem yang melawan Islam secara terang-terangan.

Balkan juga memiliki masjid terbesar yang bernama masjid Namazgah yang dibangun oleh Direktorat Urusan Agama Turki dan Turkiye Diyanet Foundation (TDV). Letaknya ada di Albania yang nantinya akan menjadi masjid terbesar di daerah Balkan. Pembangunannya sudah dimulai dari tahun 2015 dan memiliki 4 menara yang berdiri kokoh dan megah. Pembangunan masjid ini dilakukan secara maksimal agar dapat segera digunakan sebagaimana mestinya.

Luas lahan dari masjid ini kurang lebih adalah 10 hektar dan dapat menampung orang sebanyak 10 ribu jamaah bila halamannya juga dipergunakan. Di tahun 1950 kurang lebih ada 40 masjid di daerah Tirana namun para komunis melarang adanya masjid tersebut.

Akhirnya seluruh masjid ditutup pada tahun 1967. Yang lebih menyedihkannya lagi, masjid tersebut banyak yang hancur tidak terawatt. Sebagian besar digunakan sebagai museum, pusat budaya dan juga gudang.

Namun kini sudah ada kurang lebih 18 masjid yang ada di Tirana dan memiliki jamaah yang cukup banyak yaitu 1 juta orang. Saat shalat jumat dan idul fitri, para umat muslim biasanya beribadah di pusat kota dan juga jalan.

Baca juga:  Yuk, Menelusuri Peradaban Islam Di Negara Kroasia

Hal ini terjadi karena masjid yang ada di daerah tersebut tidak dapat mencukupi kapasitas. Yang lebih menggembirakan lagi, ternyata dari 3 juta penduduk yang ada di Albania 50% adalah umat muslim.

Makanan Halal Khas Balkan

Bila berkunjung ke wilayah Balkan, jangan lupa untuk mencicipi kulinernya yang sangat menggoda. Berikut ini adalah beberapa kuliner halal khas Balkan yang dapat Anda coba dan nikmati sensasinya.

Šopska Salad

Makanan ini merupakan hidangan salad yang cukup sederhana dengan bahannya berupa paprika, bawang Bombay, tomat, mentimun dan keju feta. Keju ini merupakan khas dari Balkan yang sering disebut sirene.

Cara mengolahnya cukup mencampurkan semua bahan tersebut dengan minyak zaitun dan juga cuka apel. Anda dapat menikmatinya dengan dikombinasikan bersama makanan lain. Yang menjadi ciri khas makanan ini adalah salad yang dihidangkan tanpa selada.

Cevapi

Bila Anda penggemar hidangan kebab, jangan lewatkan untuk menikmati cevapi. Makanan ini mirip dengan sosis yang ditemukan di seluruh penjuru Balkan dan disajikan bersama dengan roti pipih yang dinamai somun atau lepinje beserta bawang.

Namun akan lebih baik bila Anda menanyakan terlebih dahulu daging yang digunakan karena biasanya selain daging sapi dan domba, ada pula yang menggunakan daging babi.

Dolma

Salah satu hidangan khas yang iconic dari Balkan adalah dolma. Makanan ini terdiri dari kubis, paprika, bawang Bombay, zucchini dengan tambahan daging sebagai isian dan juga nasi.

Burek

Bagi para penggemar roti, Anda wajib mencicipi nikmatnya burek. Makanan ini adakah pastry khas dari balkan. Semuanya diisi dengan isian yang lezat dan Anda dapat memilihnya sendiri. Namun yang paling banyak adalah yang berisi daging. Ternyata banyak sekali yang bisa digali dari Balkan ini. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Anda dan memperluas wawasan.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!