+62 811 114 280 [email protected]

Wisata ke Bulgaria, Menapaki Jejak Islam di Wilayah Benua Eropa

bulgaria balkan

Bulgaria merupakan sebuah Negara yang berada di Benua Eropa dengan akulturasi islami yang cukup kental. Negara ini memiliki nilai eksotis tersendiri yang menarik untuk dijelajahi. Negara yang berbatasan langsung dengan Yunani dan Turki ini pada jaman dulunya pernah menjadi bagian dari Ottoman.

Ada banyak hal yang diadaptasi dari Turki mengenai Negara ini. Ini bisa dilihat dari music tradisionalnya yang sangat khas dengan gaya Turki. Ada pula makanan khas berupa daging babi yang diolah menjadi kofta dan kebab yang merupakan adaptasi gaya masakan dari budaya orang Turki.

Di Bulgaria sendiri, Islam menjadi sebuah agama yang minoritas. Mayoritas penduduk Negara ini menganut agama Kristen. Awal mula Islam masuk di Bulgaria terjadi ketika Dinasti Utsmaniyah berkuasa. Pada tahun 1385 itu, Negara ini jatuh ke tangan umat Islam. Sejak itu, Negara ini berada dalam kekuasaan Islam.

Bagaimana Sejarah Masuknya Islam di Bulgaria?

Meskipun dikatakan bahwa Kristen merupakan agama mayoritas di Negara Bulgaria, namun rupanya islam pernah berkuasa di Negara ini. Islam mulai bersemi di Negara Bulgaria tepatnya pada pertengahan abad yang ke 9. Pada saat itu, ada seorang utusan dari sebuah negeri Islam mendatangi Negara Bulgaria.

Pada masa kekuasaan Tsar Simeon, beberapa pengaruh islam pun muncul di Bulgaria. Tepatnya pada abad ke 11 dan abad ke 12 Masehi, mulai berdatanganlah para orang-orang Turki ke Negara Bulgaria. Sebagian dari orang-orang Turki yang datang ke Negara Bulgaria adalah orang Islam. Migrasi ini mulai terjadi pada masa Dinasti Utsmaniyah.

Ketika kekhalifahan Turki Usmani menduduki kota Sofia, maka selama kurang lebih 5 abad pun islam berkuasa di Negara ini. Kekuasaan islam di Bulgaria berakhir pada saat terjadinya pertempuran yang mengakibatkan tentara Turki kalah. Akibatnya, umat islam pun semakin tersudut dan menyurut.

Baca juga:  Masjid Ahmad Kadyrov, Pesona dari Jantung Kota CHECHNYA (destinasi Anti Mainstream)

Kemudian pada tahun 1989, 310 ribu umat islam dari etnis Turki pun meninggalkan Bulgaria. Hal ini terjadi karena rezim komunis yang memaksa mereka untuk meninggalkan praktik dan tradisi keislaman. Ketika rezim komunis terjatuh, maka dibukalah kembali pengajian-pengajian di kampong. Bahkan, umat islam pun memiliki surat kabar tersendiri di Bulgaria. Surat kabar ini dinamakan Musulmani.

Meskipun sekarang Islam menjadi sebuah agama minoritas terbesar nomor dua di Negara Bulgaria, namun sejarah Islam di Negara ini tidak akan pernah terlupakan. Banyak sekali kenangan-kenangan manis tentang kekuasaan islam selama menduduki Negara ini. Hingga sekarang, Anda bahkan masih bisa menyaksikan peninggalan-peninggalan Islam di negara ini.

Destinasi Wisata Menarik di Bulgaria

Agama Islam yang diajarkan oleh Rasulullah SAW rupanya memang telah menyebar di berbagai Negara di seluruh penjuru dunia. Agama ini juga masih dianut oleh sebagian orang-orang yang berada di Negara Bulgaria. Dari sejarah islam yang telah diceritakan di atas, maka ada banyak peninggalan-peninggalan islam di Bulgaria yang masih bisa dilihat hingga sekarang.

Ada beberapa peninggalan islam yang bisa menjadi destinasi menarik selama Anda berkunjung ke Bulgaria. Di samping itu, ada pula destinasi menarik lain yang bisa Anda kunjungi selama melancong di Negara ini.

Sofia

Sofia merupakan salah satu kota yang wajib Anda kunjungi selama berkunjung ke Bulgaria. Di Sofia, Anda bisa menemukan Masjid Banya Bashi. Masjid peninggalan islam ini hingga sekarang masih bisa dijadikan sebagai tempat untuk menunaikan ibadah sholat bagi muslim yang berkunjung ke Bulgaria.

Masjid ini memiliki menara berbentuk oval. Adanya menara dan kubah yang memiliki bentuk oval membuat bangunan ini berbeda dengan bangunan lain di sekitarnya. Tingginya menara pada masjid ini juga menjadi sebuah petunjuk alami bagi para pelancong yang menunjukkan bahwa ini merupakan bangunan masjid. Jika muslim mencari tempat untuk shalat atau sekedar tempat bersinggah di kota Sofia, menara masjid ini pasti akan terlihat.

Baca juga:  NOWY SWIAT, Arena Jalan Kaki Terpopuler di Warsawa

Selain itu, tingginya menara pada masjid ini bukan hanya memiliki fungsi sebagai tempat untuk mengumandangkan azan bagi muazin. Namun, ini merupakan penunjuk arah bagi umat islam. Tidak hanya menaranya saja yang tinggi, namun ada hal menarik lain yang lebih menarik dari masjid ini.

Plovdiv

Kota ini merupakan kota tertua nomor dua di Eropa. Dulunya, kota ini bahkan pernah menjadi kota besar dalam kekaisaran Romawi. Itulah mengapa banyak bangunan bersejarah yang masih terawetkan hingga sekarang.

Terdapat Plovdiv Roman Stadium dan Odeon yang hingga sekarang masih bisa dikunjungi oleh pelancong. Hal menarik dari kota Plovdiv adalah hampir semua rumah di kota ini di cat dengan warna yang hampir sama.

Sozopol

Kota ini terletak di dekat daerah pantai. Pelancong yang berkunjung ke kota ini pasti akan melihat deretan perahu warna warni milik para nelayan. Pada bulan September, diadakan Apollonia Art di kota ini. Pada festival tersebut, Anda bisa menyaksikan konser, film, dan pertunjukan seni lainnya. Pertunjukan ini tepatnya dilakukan setiap tanggal 29 Agustus hingga 7 September.

Bagi Anda para pelancong muslim yang berniat untuk mengunjungi kota Bulgaria, sempatkanlah untuk menunaikan ibadah sholat di masjid ini. Selain bangunan masjid, ada pula makanan khas islam yang sampai sekarang masih bisa dijumpai di Negara Bulgaria. Penasaran apa saja masakan islam lezat yang bisa ditemukan di Bulgaria?

5 Makanan Khas Bulgaria

Bagi Anda yang berkunjung ke Sofia, Bulgaria, tidak perlu khawatir untuk tidak bisa mengkonsumsi makanan halal. Ada banyak makanan halal yang bisa dinikmati di Sofia. Anda bisa mampir ke Soup House. Ini adalah salah satu kedai makanan halal. Tidak cukup sulit kok untuk mendapatkan makanan halal di Sofia.

Baca juga:  Pilihan Destinasi Menarik di Amsterdam, Belanda

Berikut beberapa makanan khas Bulgaria yang bisa menjadi pengetahuan untuk Anda.

1.Banitsa

Banitsa adalah roti khas Bulgaria yang biasanya dijadikan sebagai makanan pendamping. Banitsa dibuat dari adonan roti yang dibentuk lebar bulat dan tipis. Banitsa diisi dengan telur dan keju putih. Namun, ada pula banitsa yang diisi dengan beras, daging, bayam, dan bermacam-macam isian lainnya.

2.Sarmi

Sarmi bisa dikatakan sebagai makanan ringan khas Negara Bulgaria. Makanan ini dibuat dari nasi dan potongan daging cincang. Meskipun dikatakan sebagai makanan ringan, namun Anda yang mencoba Sarmi pasti akan merasa kenyang. Bentuk penyajiannya adalah disajikan hangat bersama dengan anggur.

3.Salad Shopska

Ini merupakan makanan paling populer di Negara Bulgaria. Shopska memiliki aroma yang sangat kental dan lezat. Bahan utamanya adalah tomat segar dan sayuran beraroma. Ditambah keju putih khas Bulgaria membuat makanan ini terasa semakin gurih dan mantap.

4.Tarator

Makanan ini sebenarnya adalah sebuah sup mentimun  yang bisa dinikmati di musim panas. Hal ini dikarenakan mentimun memiliki efek mendinginkan tubuh. Bahan pembuat trator sendiri adalah minyak sayur, yoghurt, mentimun, garam, kenari, dan rempah-rempah.

5.Mekitzi

Ini merupakan makanan khas dari Negara Bulgaria yang dibuat mirip dengan bola-bola yang digoreng. Tekstur bagian luarnya sangat renyah. Anda bisa mencobanya untuk dijadikan sebagai camilan.

Meskipun Bulgaria merupakan sebuah Negara dengan umat islam yang minoritas, namun Anda masih tetap bisa merasakan kuliner di Negara ini. Nikmati destinasi wisata masjid Banya Basih ketika mengunjungi Negara keren ini. Jangan lupa, mampirlah ke kedai-kedai makanan halal khas Bulgaria untuk memanjakan lidah Anda.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!