+62 811 114 280 [email protected]

Andalucia Abadi Dalam Ingatan Kaum Muslimin di Dunia

alhambra spanyol

Andalusia adalah Negeri yang indah dan eksotis yang terletak di Benua Eropa, yang tepatnya hari ini kita lebih mengenal dengan nama Spanyol dan sebagian wilayah di Portugal. Andalusia juga dikenal dengan Semenanjung Iberia denganluas wilayah sekitar 600.000 km persegi atau 2/3 Luas Mesir. Andalusia adalah sejarah Kegelimangan Kaum Muslimin yang berhasil menaklukan wilayah di benua eropa, yang kemudian mengisinya dengan tinta emas kejayaan dan keunggulan peradaban.

andalucia
Peta Andalucia, semenanjung Gibraltar meliputi sebagian besar wilayah Spanyol dan sebagian Portugal

Sejarah dimulai pada tahun 92H/711M hingga tahun 797H/1492 M, atau kurang lebih 805 tahun lamanya wilayah  ini menjadi Kekuasaan Kaum Muslimin. Kekhilafahan Islam dan dinasti-dinasti kaum muslimin berhasil menjadikan wilayah ini menjadi simbol kegemilangan peradaban dan kekuatan kaum muslimin. Andalusia menjadi Pionir Ilmu Pengetahuan dan memberikan sumbangsih bagi Peradaban seluruh penjuru Eropa termasuk menjadi acuan acuan ilmuwan barat.

Jika hari ini kita mengenal kota kota indah seperti Barcelona, Madrid dll terkenal dan identik dengan club sepak bola ternama bahkan menjadi tujuan wisata dunia. Ketahuilah pada tahun 92H – 797 H kota kota indah tersebut dihuni oleh kaum muslimin dan berada dalam pemerintahan islam. Pada masa itu, kota kota tersebut menjadi pusat pusat Ilmu Pengetahuan dengan berbagai Perpustakaan megah dan ulama ulama terkenal. Masjid masjid juga berdiri dengan Megah, Simbol Islam tersebar dimana mana.

Namun Sesuai Firman Allah dalam QS Al Imran ayat 140 :

“Dan masa (Kejayaan dan Kehancuran) itu kami pergilirkan diantara manusia (agar mereka mendapat pelajaran) dan agar Allah membedakan orang orang beriman dan kafir dan agar sebagian kamu dijadikan-Nya gugur sebagai Syuhada”

Kejayaanpun berubah kehancuran. Andalusia runtuh akibat berbagai Persoalan Internal Kaum Muslimin dan juga perlawanan yang terus dikobarkan oleh kaum kafir. Berbagai Persoalan Internal yang mendera kaum muslimin antara lain  : Terjerembab dalam kemewahan duniawi, melupakan jihad, munkar, merebaknya perpecahan sesama muslim dan merajalelamnya kemaksiatan ditengah masyarakat.

Baca juga:  Berakhir Tahun Di Kutub Utara Bersama Hayatun Tour
alhambra
Andalusia Spanyol

Karena itu Umat Islam di dunia hendaknya menjadikan Andalusia sebagai Pelajaran, agar selalu siaga dan waspada. Sejarah bisa saja berulang karena upaya upaya untuk menghapuskan umat islam di dunia akan senantiasa ada sampai hari kiamat tiba.

“Sungguh pada kisah – kisah mereka terdapat pelajaran bagi mereka yang memiliki akal. (Al-Quran) itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan (Kitab-kitab) yang sebelumnya,menjelaskan segala sesuatu,dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang orang yang beriman” (Yusuf – 111).

Andalusia adalah sejarah yang mengagumkan sekaligus memilukan. Itu Karena tau Kejayaan dan Kegemilangan itu telah selesai bahkan Hilang. Ya.. Andalusia seperti surga yang hilang. Masih sangat banyak warisan karya karya Islam yang berharga dari Kawasan Magribi dan Andalusia yang hilang. Karya karya tersebut ada yang hilang secara keseluruhan, namun banyak juga karya karya yang masih ada dan ditemukan dalam bentuk manuskrip yang harus dikaji dan diteleti terlebih dahulu oleh para ulama sebelum dijadikan referensi untuk disebarkan dan dimanfaatkan.

Sesungguhnya Sejarah Andalusia memiliki kekayaan yang sangat besar dalam bidang ilmu pengetahuan, pengalaman dan pelajaran yang bisa diambil. Oleh karena itu sudah sepatutnyakita sebagai Umat Muslim mempelajari Andalusia, Sejarah dima selama 800 tahun lamanya Umat Islam berkuasa di Daratan Eropa.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!