+62 811 114 280 [email protected]

Cara Mempersiapkan Perlengkapan Umroh Bagi Pria dan Wanita

perlengkapan umrah

Umroh merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan oleh umat islam. Umroh sering disebut dengan haji kecil. Ketika akan melakukan umroh, persiapan perlengkapan umroh harus dilakukan dari awal. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa terburu-buru ketika jadwal keberangkatan akan segera dilakukan.

Perlengkapan umroh untuk laki-laki dan wanita cukup berbeda. Jika Anda belum pernah melakukan ibadah ini, Anda harus memperhatikan dengan baik barang apa saja yang perlu dibawa dan dibutuhkan saat melakukan ibadah umroh. Jadi, ibadah umroh akan menjadi semakin lancar.

Mengapa Harus Mempersiapkan Perlengkapan Umroh

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk melakukan ibadah umroh tahun ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Semuanya harus dipersiapkan dari awal karena perjalanan umroh adalah perjalanan yang cukup jauh dan tidak hanya sebentar.

Ini dia beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika mempersiapkan perlengkapan sedari awal.

1.Ibadah akan menjadi lebih tenang

Keuntungan pertama jika Anda melakukan persiapan secara matang adalah ibadah akan menjadi lebih khusyuk dan tenang. Umroh adalah perjalanan untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT. Ini bukan hanya sekedar jalan-jalan ke tempat suci saja.

Baca juga:  Referensi Wisata Menurut Peta Wilayah Eropa Barat

2.Resiko barang tertinggal kecil

Anda harus tahu bahwa perlengkapan umroh memang cukup banyak. Jika Anda mempersiapkan dari jauh-jauh hari, maka resiko barang tertinggal menjadi lebih kecil. Contohnya saja, barang sepele seperti kacamata hitam.

Jika terburu-buru, benda kecil ini mungkin bisa saja tertinggal. Padahal, penggunaan kacamata hitam di tanah suci sangat penting untuk melindungi mata Anda dari debu.

3.Proses keberangkatan menjadi lebih lancar

Mempersiapkan segala sesuatu dari awal akan membuat keberangkatan umroh menjadi lebih lancar. Ketika hari keberangkatan tiba, Anda tidak akan merasa terburu-buru karena semua sudah dipersiapkan dari awal. Bayangkan saja jika Anda terburu-buru karena ada perlengkapan yang belum dibawa, ini akan mengganggu kelancaran keberangkatan umroh.

Oleh karena itu, persiapan perlengkapan umroh memang harus dilakukan dengan baik demi kelancaran pelaksanaan ibadah umroh yang akan dilakukan. Baik bagi kaum laki-laki maupun perempuan, semua persiapan harus dibawa. Dengan begitu, ibadah akan menjadi lebih afdol.

Perlengkapan Umroh Untuk Laki-laki dan Perempuan

Perlengkapan penting yang harus dibawa oleh kaum laki-laki dan perempuan untuk dibawa ibadah umroh ke tempat suci cukup berbeda. Berikut beberapa yang harus dibawa.

1.Untuk Laki-laki

Meskipun dibilang kalau perlengkapan umroh laki-laki tidak seribet untuk perempuan, namun tetap saja barang yang dipersiapkan lumayan banyak. Barang-barang yang perlu dipersiapkan oleh para kaum laki-laki adalah sebagai berikut.

1.1.Kain ihrom

Persiapkan kain ihrom lengkap beserta ikat pinggang ihrom. Pastikan kain ihrom yang Anda bawa tidak hanya satu untuk cadangan.

1.2.Kaos kaki

Anda bisa mempersiapkan kaos kaki putih baik panjang maupun pendek.

1.3.Gunting

Bagi laki-laki, gunting menjadi perlengkapan yang tidak boleh dilewatkan. Anda perlu menggunakan gunting untuk melakukan tahalul. Jangan lupa untuk membawa gunting kuku dan alat cukur. Semuanya harus dipersiapkan secara pribadi

Baca juga:  Kincir Angin Kinderdijk, Desanya Kincir Angin Nan Indah di Belanda

1.4.Minyak wangi

Minyak wangi juga penting untuk dibawa. Bawalah minyak wangi dengan aroma yang lembut dan tidak terlalu menyengat.

1.5.Sarung

Bawalah kain sarung yang cukup. Setidaknya, Anda bisa membawa 2 kain sarung yang bisa digunakan sebagai cadangan jika terjadi hal-hal di luar dugaan. Jadi, Anda tidak akan merasa bingung untuk mencari pengganti sarung.

2.Untuk Kaum Wanita

Daftar perlengkapan umroh yang harus dipersiapkan oleh kaum wanita sedikit berbeda. Barang-barang yang harus dibawa lumayan banyak jika dibandingkan barang-barang yang harus dibawa oleh kaum laki-laki.

Berikut beberapa daftar barang yang perlu dipersiapkan.

2.1.Pakaian ihrom

Bawalah pakaian ihrom lengkap sebanyak 2 stel. Pakaian ihrom bagian atas dan pakaian ihrom bagian bawah bisa berupa rok atau celana sesuai dengan keinginan dan kenyamanan Anda.

2.2.Kaos kaki

Kaos kaki menjadi bagian sangat penting karena digunakan oleh kaum wanita saat menjalankan ibadah umroh. Setidaknya, Anda bisa membawa 3 stel kaos kaki agar memiliki cadangan.

2.3.Manset tangan

Manset tangan juga penting untuk dibawa. Ini akan melindungi lengan Anda agar tidak terlihat. Bawalah kaos manset lengan panjang sesuai kebutuhan.

2.4.Gamis

Gamis digunakan untuk baju sehari-hari selama berada di sana. Selain itu, gamis bisa digunakan untuk melakukan ibadah lain selama melakukan ibadah umroh di tanah suci.

2.5.Baju tidur

Baju yang digunakan untuk tidur dan digunakan untuk melakukan ibadah tentu saja berbeda. Bawalah beberapa baju tidur untuk digunakan tidur selama berada di tanah suci.

2.6.Celana panjang legging

Celana panjang tebal atau celana legging merupakan perlengkapan umroh yang harus dibawa. Ini bisa digunakan untuk membuat tubuh menjadi lebih hangat. Bisa saja ketika Anda berangkat umroh ternyata udara di tanah suci sedang sangat dingin. Jadi, kesehatan Anda akan lebih terjaga.

Baca juga:  Summer Palace Beijing, Kemegahan Istana Perpaduan Alam dan Buatan Manusia

2.7.Pembalut dan panty liner

Pembalut dan panty liner bisa dibawa sedari rumah. Jadi ketika Anda membutuhkannya sewaktu-waktu, Anda tidak akan merasa kerepotan untuk mencarinya.

2.8.Mukenah

Mukenah menjadi perlengkapan yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa membawa mukenah sebanyak 1 buah saja untuk melakukan ibadah sholat selama berada di tanah suci.

Tambahan Perlengkapan Umroh yang Penting Dibawa

Untuk perlengkapan umroh yang telah dijelaskan bagi laki-laki dan perempuan di atas memang harus dibawa masing-masing. Selain beberapa perlengkapan di atas, ada beberapa perlengkapan tambahan lain yang perlu dipersiapkan baik bagi laki-laki maupun perempuan.

1.Obat-obatan

Bawalah obat-obatan yang sekiranya akan dibutuhkan. Contoh obat-obatan yang penting dibawa adalah minyak angin, obat anti mual, obat penunda haid, vitamin, obat pusing, obat flu, dan lain-lain. Anda tidak akan pernah tahu kondisi kesehatan di tanah suci.

2.Sandal dan pembungkus

Anda sebenarnya bisa menemukan pembungkus sandal di Masjidil Haram Mekah. Namun jika persediannya habis , Anda tidak akan kebagian. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa membawa pembungkus sandal sendiri.

3.Al Qur’an kecil

Al Qur’an kecil bisa dibawa ketika sewaktu-waktu Anda ingin membaca kitab suci di tanah suci. Jadi, jangan sampai ketinggalan perlengkapan umroh yang satu ini.

4.Kacamata hitam dan masker

Di Mekah, udara di luar sangat terik, panas, dan berdebu. Untuk melindungi mata Anda dari debu dan sengatan matahari, Anda bisa menggunakan kacamata hitam serta masker. Anda akan terhindar dari batuk-batuk karena debu yang beterbangan.

5.Seperangkat alat mandi dan make up

Persiapkan perlengkapan mandi seperti sampo, sabun, sikat gigi, dan pasta gigi. Bawalah sisir, bedak, dan perlengkapan make up sederhana saja.

6.Jaket

Jaket menjadi perlengkapan tambahan yang perlu dibawa. Ini akan melindungi tubuh Anda dari cuaca dingin selama berada di tanah suci.

Semua perlengkapan harus dipersiapkan dengan baik dan matang. Selain persiapan di atas, Anda juga harus mempersiapkan kesehatan baik fisik maupun batin. Semuanya harus dipersiapkan sebaik mungkin agar ibadah umroh bisa berjalan dengan lebih lancar. Lakukan persiapan perlengkapan umroh dengan sebaik-baiknya.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!