+62 811 114 280 [email protected]
Australia

Wisata Australia – Australia merupakan satu2nya benua yang terdiri dari satu Negara. Benua ini merupakan benua terkecil dari 7 benua, yaitu benua Asia, Africa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Antartika dan Australia.

Nama Australia berasal dari kata Latin Australis yang berarti ‘bagian selatan’. Keyakinan tentang adanya daratan luas di bagian selatan telah dianut oleh banyak orang. Pada abad ke-2, seorang ahli matematika dan geografi, Ptolemeous membuat sebuah peta dunia yang sudah dikenal dan sketsa daratan luas yang belum dikenal di selatan Asia.

Daratan ini disebut ‘terra australis incognito” atau daratan selatan yang belum dikenal. Benua ini merupakan salah satu daratan tertua di bumi yang baru ditemukan oleh orang Eropa pada awal abad ke-17 (tahun 1606) oleh Willem Janz (bgs Belanda). Selama abad ke-17, orang2 Belanda yang secara teratur hilir-mudik dari negeri Belanda ke Jawa yaitu daerah koloninya di Asia Tenggara, mencapai benua Australia dan mereka menamakan tempat ini ‘New Holland’ (1).

Mereka juga menelusuri pantai barat daya Australia dan menamai beberapa pantai di benua tsb. Kapten Tasman yang menemukan Pulau yang sekarang disebut Tasmania yang merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadapnya. Setelah menjelajahi selama bertahun-tahun, laporan umum tentang daratan selatan yang luas ini tidak begitu mengembirakan (dibandingkan dengan bumi Indonesia) sehingga orang2 Belanda tidak tertarik untuk menjelajah lebih jauh benua tsb.

Kemudian pada tahun 1688, seorang petualang Inggris ‘William Dampier’ mendarat di Selat King, dekat kota yang sekarang  bernama Broome. Ia merupakan orang Inggris pertama yang berceritera tentang bagian benua yang dikunjunginya. Tetapi gambaran tentang pantainya yang gersang serta penduduknya yang primitive tidak merangsang orang2 Inggris lain untuk mengikutinya. Baru setelah ¾ abad berikutnya yaitu pada tgl. 20 April 1770, Kapten James Cook dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris, sebagai komandan kapal Endeavour mendarat di Teluk Botani (dekat airport Sydney). Ia kemudian menancapkan bendera Inggris di tempat tsb. dan menklaim bahwa seluruh daerah pantai Timur benua itu menjadi milik Raja Inggris ‘ George III’ dan menamainya ‘New South Wales’(2).

Setelah kembali ke Inggris, Kapten James Cook membuat laporan mengenai tempat baru yang ditemukan itu.

Pada Perang Revolusi di Amerika, Bangsa Inggris secara rutin mengirim para Narapidana ke koloni mereka di Amerika. Tetapi setelah Amerika memenangkan Perang Kemerdekaan di tahun 1783, Bangsa Inggris mulai mencari daerah baru untuk mengirim para tahanan mereka. Dan penemuan benua Australia oleh James Cook merupakan sesuatu yang berharga bagi kerajaan Inggris. Oleh karena itu pada tgl. 13 Mei 1787, Kapten Arthur Philip bertolak dari Inggris menuju New South Wales sebagai Gubernur di koloni Inggris yang baru.

Baca juga:  Takjub oleh Bentang Alam Selandia Baru

Dia memimpin 11 kapal yang terdiri dari 1.487 orang dan 759 di antaranya adalah para Narapidana (06 kapal). Mereka tiba di Teluk Botani tapi menemukan bahwa Teluk itu kurang bagus dan akhirnya meneruskan perjalanan menuju Port Jackson, yang dianggab sebagai salah satu pelabuhan terindah di dunia. Pada tgl. 26 Januari 1788, pemukiman tetap dimulai di salah satu tempat di Port Jackson, yang dinamai Sydney Cove (3) oleh Kapten Phillip. Tanggal 26 Januari diperingati di Australia sebagai Hari Australia (Libur National).

Pemerintahan lalu didirikan dan hak kepemilikan tanah mulai ditetapkan di benua tsb. Orang2 Aborigin hanya melihat kejadian itu tanpa bisa melakukan protes. Kehidupan para penghuni awal sangatlah sulit karena mereka bertani masih menggunakan peralatan yang sederhana. Para pemukim  juga memerlukan lahan tambahan untuk industri biri-biri. Biri-biri pertama dibawa ke Australia dari Tanjung Harapan pada tahun 1797. Sedangkan biri-biri yang banyak dikembangkan di Australia adalah biri2 Marino dari Spanyol. Kehidupan di daerah baru ini terus berkembang hingga akhir abad ke-19, dimana benua tsb. telah dibagi menjadi 06 koloni yaitu New South Wales, Victoria, Australia Selatan, Queensland, Tasmania dan Australia Barat.

Tahun 1851, Emas ditemukan di Negara bagian New South Wales dan Victoria, dan hal tersebut telah menarik perhatian bangsa2 lain (terutama Asia) untuk datang ke benua ini. Hal ini juga menambah jumlah penduduk di benua ini dari 400.000 jiwa menjadi 1.1 juta jiwa di akhir tahun 1860an.

Pada tgl. 01 Januari 1901, keenam koloni tsb. bergabung bersama-sama menadatangani suatu Proklamasi menjadi Negara Persemakmuran, dengan ibukota waktu itu adalah Melbourne. Tapi para Anggota Negara persemakmuran berpendapat bahwa suatu Negara baru hendaknya memiliki tempat yang baru pula. Oleh karena itu pada tahun 1908 mereka mencari suatu tempat baru untuk dijadikan ibukotanya. Tempat yang dipilih yaitu Canberra. Canberra berasal dari bahasa Aborigin yaitu Canburry yang berarti ‘tempat pertemuan’.  Tahun 1927, ibukota Negara Persemakmuran Australia dipindahkan dari Melbourne ke Canberra.

Australia juga berperan aktif pada Perang Dunia I dan II, ketika Darwin di bom oleh pasukan Jepang. Dalam perang tersebut, OZ kehilangan 35000 nyawa(27000 mati di eropa dan asia, 8000 lainnya mati sebagai tahanan Jepang. Banyak tentara meraka yang meninggal pada Perang tsb. Akhir tahun 1960-an, banyak orang Asia yang berimigrasi ke Negara ini dan hal tsb juga menimbulkan discriminasi antara bangsa Eropa dan Asia. Akhir tahun 1970-an, diadakan pemutihan bagi orang2 yang tinggal di Australia.

Baca juga:  13 Tempat Wisata Di New Zealand Yang Memukau Dan Memikat Wisatawan

Tahun 1998, ada suatu pemungutan untuk menjadikan Australia sebagai Negara Republik dimulai tgl 01 Januari 2001, tapi usaha tsb sampai sekarang belum tercapai, karena mayoritas masih menganggab Ratu Inggris sebagai Ratu mereka juga.

Gambaran umum orang OZ keturunan eropa

Suka berada diluar ruangan, suka nonton acara olah raga di TV/langsung tp tidak suka olah raga, paling Cuma lari atau olah raga atletik lainnya

Nama2 yg umum : Lilly, Mia, Lachlan, Jack

Dlm decade terakhir, jumlah pasangan tanpa anak meningkat 30%

Pekerja lebih banyak habisin waktu di kantor drpd di rumah, rata2 41 jam seminggu dg pendapatan kotor rata2 AUd 1,145/minggu

Usia pension rata2 60 tahun, tp sekitar 20% dari mereka yg berusia 65th tetap kerja

Rumah2 biasanya memiliki 02 TV dan sebuah computer, memiliki area utk bbq di belakang rumah

Sebagian besar sampah rumah tangga, klo ngga dikasih ke anjing, di recycled

Orang OZ suka sekali berada diluar rumah saat matahari cerah, krn itu bangsa OZ secara prosentase paling banyak menderita kanker kulit disbanding negara manapun, dg perbandingan 1:2

Weekend/hari libur biasanya dihabiskan dg pergi ke pantai, nonton acara olah raga lewat tv or langsung, belanja atau ke bioskop utk nonton

40% dari orang OZ diatas usia 18tahun, mengalami obesitas

Setiap tahun tercatat lebih dari 4 juta perjalanan keluar negeri dg tujuan : Pulau Fiji, New Zealand, UK, USA dan sebagian Indonesia (Bali)

Rata2 orang OZ minum 107 liter bir per tahun, menempati urutan ke 4 di seluruh dunia untuk jumlah konsumsi bir. Rangking pertama diduduki oleh Chechnya dimana rata2 minum 160liter/orang/tahun.

Karena penduduknya beragam dan sebagian besar adalah ras pendatang, tingkat toleransi sangat tinggi, sehingga jarang ada konflik yg diakibatkan oleh isu rasial.

Menurut sensus 2006, 24 % penduduk OZ lahir diluar OZ, dan 20% lainnya paling tidak salah satu ortunya lahir diluar OZ

Saat ini rata2 setiap 2 menit 36 detik, ada penduduk luar OZ yg pindah ke OZ dari berbagai negara/bangsa. Rata2 mrk berasal dari UK, NZ, China, Vietnam, India dan Africa.

Baca juga:  16 Tempat Wisata Di Australia Yang Menarik Dan Menguji Adrenalin

Ahli sejarah dan Ahli Sosiologi cenderung menganggap orang OZ sbg bukan orang religious. Dan orang OZ sendiri memang menganggap agama sbg urusan pribadi yg tidak perlu diceritakan ke orang2

Catholic 27%, Anglican 21%, Christian denomination 21%, Budhis 2%, Islam 1,5%. Aliran2 alternatif juga berkembang seperti orang katholik yg vegetarian dan bermeditasi

LIngkungan OZ

Para ahli hewan dan tumbuhan sepakat OZ memiliki hewan dan tumbuhan yg paling aneh di bumi, hal ini disebabkan oleh alam OZ telah terisolasi dari bagian lain di planet bumi selama paling tidak 45 juta tahun.

200 – 65jt thy g lalu Benua Pangaea menjadi 2 :

  1. Laurasia
  2. Gondwanaland

50 juta tahun yg lalu, Gondwana pecah menjadi beberapa bagian dg Antartica dan Australia tetep jadi 1.

40jt tahun yg lalu, Antartica dan Australia pecah, hingga saat ini benua Australia bergerak kea rah utara dg kecepatan 8cm/tahun.

Hal tsb menyebabkan hewan2 di OZ cukup aneh, banyak diantaranya ditemukan mirip dg hewan2 di belahan dunia yg lain yg sudah musnah, jd hewan2 yg ada di OZ spt hewan2 yg telat proses evolusinya.

Misalnya :

  1. Angsa berwana hitam
  2. Platypus : mamalia yg bertelur
  3. Banyak hewan yg besar yg cara berjalan/larinya adalah dg melompat
  4. Pohon menggugurkan kulit kayunya dan bukan daunnnya
  5. Beberapa jenis burung (mis : kokabura, magpies dan blue wrens) membutuhkan anaknya (biasanya yg termuda dari angkatan sbelumnya) untuk membantu menjaga dan memberi makan anak2 dari angkatan berikutnya

Semua itu diesbabkan oleh dua factor utama : tanah dan iklim, dua2nya sangat unik jika dibandingkan dg di tempat lain dibelahan bumi ini.

Tanah di tempat lain ada yg terbuat oleh proses: gunung berapi, pembentukan gunung, erosi gunung oleh sungai / sungai es

Semua proses pembentukan tanah tsb tdk terjadi di OZ, kecuali pengaruh gunung api, dan itupun kecil sekali (hanya 2%). Tanah di OZ secara geologis mengalami ‘koma’, tidak berkembang.

Begitu juga dg iklim, di OZ walopun mengenal musim dingin, tp hamper tdk ada pohon yg menggugurkan daunnya dan hamper tidak ada hewan yg berhibernasi

Keadaan alam OZ yg keras, menyebabkan sangat penting bagi hewan2 di OZ utk menghemat energy : kangoro melompat, koala sering klihatan melamun, ternyata ahli bilang otak koala tdk penuh. Aktifitas otak menghabiskan 20% energy yg kita dapatkan dari makan. Otak merupakan organ tubuh yg kecil (2% dari total berat tubuh) tp asupan energinya besar.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!