+62 811 114 280 [email protected]

Fakta Unik dan Menarik dari Menara Pisa

menara pisa

Siapa yang tidak tahu mengenai salah satu 7 keajaiban dunia yang satu ini, selain sebagai sebuah keajaiban tentunya Menara Pisa juga salah satu destinasi wisata yang menarik di Negara Italia khususnya. Menara ini merupakan menara miring yang menjadi simbol ciri khasnya, dari hal tersebut sudah menjadikan sebuah fakta dan cerita yang tersimpan di dalamnya. Ada beberapa fakta lain yang unik dan menarik mengenai menara miring Pisa ini yang sayang untuk dilewatkan, yaitu:

  1. Tinggi 57 Meter
    Hal ini menjadi fakta yang sangat pasti, bahwa tinggi dari menara tersebut adalah 57 meter dari permukaan tanah. Dengan letaknya berada di alun-alun.
  2. Kondisi Awal
    Mungkin banyak yang belum menyadari bahwa sebenarnya menara Pisa pada awalnya tidaklah dalam posisi miring seperti sekarang ini. Dan mungkin Anda juga sudah bisa menebak bahwa kemiringan itu terjadi dikarenakan kondisi tanah di bawah menara yang cukup buruk. Sebagian besar tanahnya merupakan tanah liat, sehingga kekuatan menopang menara juga tidak terlalu baik sehingga menimbulkan kemiringan yang berakhir seperti sekarang.
  3. Termasuk Bagian dari Komplek
    Perlu diketahui bahwa kawasan dibangunnya menara miring ini sebenarnya adalah di sebuah kawasan yang termasuk bagian dari sebuah komplek. Meskipun dibangun sendiri tidak bergabung dengan bangunan lainnya, tetapi dalam pembuatannya dimasukkan dalam arsitektur bangunan komplek sekitarnya.
  4. Situs Warisan Dunia
    Selanjutnya adalah fakta mengenai situs warisan dunia, dimana seperti yang diketahui bahwa menara ini terletak di kawasan komplek dan komplek tersebut dimiliki oleh UNESCO yang dikatakan sebagai situs warisan dunia sejak tahun 1987. Bangunan di sekitarnya bersama menara Pisa disebut dengan istilah Piazza del Duomo.
  5. Pembangunan Hampir 2 Abad
    Anda pasti akan terkejut dan tidak menyangka jika mengetahui lamanya pembuatan bangunan menara Pisa ini. Karena, berdasarkan infonya bahwa pembangunan dari menara ini ternyata cukup lama.yaitu, hampir mencapai 2 abad. Dimulai dari tahun 1173 sampai tahun 1372, disebabkan dengan adanya banyak hambatan salah satunya adalah pertempuran yang terjadi pada masa itu dan terjadi dalam 3 fase.
  6. Kemiringan Menara
    Bicara mengenai kemiringan menara Pisa ini lagi, diketahui bahwa terjadinya pada saat penyelesaian menara bagian lantai dua. Dimana awalnya hanya terjadi kemiringan 0,2 derajat. Masih belum selesai, kemiringan masih bertambah ketika penambahan bentuk lonceng yang menambah berat beban dan menjadikan kemiringan menjadi 1.6 derajat lebih miring.
  7. Miring dan Melengkung
    Pada kenyataannya, selain miring menara Pisa juga terlihat sedikit melengkung. Itulah bentuk yang terlihat pada bentuk struktur  bangunan ini. Pastinya hal ini pun juga ada penyebabnya, yaitu karena akibat dari perbaikan kemiringan yang pertama kali. Karena perbaikan tersebut tidak terlalu berhasil sehingga membuat bentuknya menjadi melengkung.
  8. Jumlah Anak Tangga 
    Untuk jumlah anak tangga pada bangunan ini pun juga menjadi keunikan tersendiri, yaitu terdapat 296 jumlah anak tangga yang harus dinaiki karena memang bangunan ini tidak menggunakan lift. Sudah pasti orang-orang yang ingin mencapai puncak menara memang harus menaiki semua anak tangga tersebut. Dengan begitu, Anda bisa melihat view yang sangat menakjubkan dari atas sana.
  9. Alasan Membangun
    Pasti belum ada yang mengetahui secara pasti, apa alasan dibangunnya menara miring di Pisa ini. Yaitu, pada awalnya pembangunan menara ini hanya sekedar untuk pamer karena keberhasilan menjarah Palermo dengan status Sisilia. Bangunan ini dijadikan tempat untuk memamerkan semua harta karun yang didapatnya tersebut.
  10. Banyak Menara Miring
    Sebagai informasi, pada dasarnya di daerah Pisa ini memang banyak menara miring. Karena, kondisinya juga mirip dengan menara miring  Pisa tersebut yang disebabkan oleh kondisi tanah tadi  Pembangunan menara  disana memang banyak, tetapi yang utama adalah menara ini. Diantaranya adalah menara lonceng Oktagonal, menara lonceng gereja San Nicola, menara lonceng kepunyaan gereja St. Michelle de Scalzi.
  11. Terdapat 7 Lonceng Besar di Menara
    Meskipun bukan menara lonceng seperti menara lainnya, tetapi diketahui bahwa menara miring yang satu iini memiliki 7 lonceng besar yang paling dikenal. Dan masing-masing lonceng tersebut memiliki nama yang sesuai dengan 7 not musik yang ada. Pada awalnya lonceng tersebut berbunyi dengan suara not musik tersebut, , tapi karena kejadian yang membuat menara menjadi miring maka lonceng tersebut tidak berbunyi lagi hingga sekarang. Hanya saja informasi terdapatnya lonceng memang  menjadi salah satu ciri khas dan daya tarik dari menara keajaiban dunia ini.
Baca juga:  Keindahan Karpet Turki, Permadani Berkualitas Tinggi

Beberapa fakta unik tersebut dapat menjelaskan secara detail bagaimana gambaran menara Pisa sebenarnya yang tidak atau belum Anda ketahui dengan jelas. Fakta-fakta ringan ini memang terdengar unik dan menarik untuk diketahui.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!