+62 811 114 280 [email protected]

8 Fakta Menarik Tentang Piramida Giza, Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

piramida giza

Seperti diketahui bersama, piramida Giza atau dalam hal ini Piramida Agung Giza adalah salah satu dari 3 piramida yang ada di komplek Piramida Giza, sekaligus piramida yang tertinggi dan terbesar, bahkan di dunia. Dibangun antara sekitar tahun 2560 hingga 2540 SM, dan bangunan yang satu ini menyimpan begitu banyak misteri. Berikut adalah beberapa fakta menarik di dalam bangunan tersebut.

1. Awalnya berwarna putih

Tidak banyak yang tahu, bahwa pada awalnya piramida Giza ini berwarna putih. Balok yang digunakan sebagai dinding piramid sendiri terbuat dari batuan kapur yang dipotong sedemikian rupa hingga menjadi sebuah bongkahan batu. Batuan kapur ini sengaja digunakan, karena jenis batuan tersebut mampu memantulkan cahaya matahari. Sehingga bangunan piramida tersebut akan tampak bercahaya.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak yang mencuri batu kapur tersebut, serta menggunakanya sebagai struktur bangunan lain. Selain itu warna batu pada Piramida Giza mulai berubah, serupa dengan warna gurun yang ada di sekitarnya.

2. Sebuah mahakarya

Selain sejarah piramida Giza yang terbilang cukup terkenal, bisa dibilang pembangunan Piramida Giza sendiri termasuk salah satu keajaiban ilmu pengetahuan, yang menarik untuk ditelusuri.

Lantaran piramida tersebut, berkaitan erat dengan sistem perhitungan matematika, geologi, serta ilmu astronomi. Lebih tepatnya, posisi Piramida Giza tersebut, berada tepat di atas pusat geografis bumi, serta selaras dengan konstelasi Orion.

3. Mempunyai 8 sisi

Banyak dari Anda yang mengira bahwa piramida Giza Mesir ini mempunyai 4 buah sisi. Tapi pada kenyataanya, Piramida Giza justru mempunyai 8 buah sisi. Ini juga yang jadi satu-satunya piramida di Mesir yang mempunyai 8 sisi.

Baca juga:  Keutamaan dari Hari Arafah untuk Umat Muslim

Anda dapat melihat detailnya dari udara, tepatnya pada saat fajar atau juga pada saat matahari terbenam, tepat pada ekuinoks musim semi serta musim gugur. Tepat ketika matahari membuat sebuah bayangan dari atas, maka piramida dengan 8 sisi akan jelas terlihat.

4. Makam terbesar di dunia

Adapun fakta piramida Giza menarik lainya adalah sebagai makam terbesar di dunia. Yang besar bangunannya sekitar 146,6 meter, sekaligus jadi bangunan tertinggi yang pernah dibuat manusia.

Namun pada tahun 1311, Piramida Giza kehilangan statusnya sebagai bangunan tertinggi, lantaran Katedral Lincoln kemudian menyabet gelar sebagai bangunan tertinggi di dunia. Namun demikian, hingga kini predikat Piramida Giza sebagai salah satu makam tertua di dunia, masih belum berubah.

Tidak seperti kompleks pemakaman pada umumnya, yang menampung banyak orang. Komplek Piramida Giza ini hanya digunakan untuk memakamkan Pharaoh Khufu dan juga para istrinya.

5. Kapal tertua di dunia

Ada fakta unik lain yang perlu Anda ketahui, dimana selain menyimpan makam, ternyata di dalam Piramida Giza juga ditemukan kapal Khufu atau bisa dibilang kapal tertua di dunia.

Panjang kapal ini sekitar 46,6 meter, dan kapal tersebut ditemukan pada salah satu bagian kaki piramida. Sedangkan di bagian dalam kapal, terdapat berbagai macam barang, yang dipercaya menemani sang raja / Pharaoh menuju alam baka, setelah kematiannya. Kini kapal tersebut, dapat Anda lihat di Giza, Solar Boat Museum.

6. Piramida Khufu

Ini adalah nama lain dari Piramida Giza. Disebut demikian, karena bangunan ini memang digunakan sebagai makam untuk Firaun / Pharaoh dinasti keempat Mesir yang bernama Khufu.

Bangunan tersebut dibangun selama 20 tahun, dan diperkirakan dibangun sekitar tahun 2560 SM.

Baca juga:  Fakta Unik Tentang Selat Gibraltar

7. Isi Piramida Giza

Berdasarkan beberapa penemuan, mengungkap bahwa isi piramida Giza tersebut terbilang cukup rumit. Yang baru teridentifikasi hanya ada 3 ruang. Dimana masing masing ruang tersebut dinyatakan sebagai makam / kamar raja, makam / kamar ratu dan kamar bawah tanah.

Pada masing masing kamar, berisi berbagai macam barang milik Khufu, termasuk didalamnya berisi aneka macam barang atau harta karun, yang akan dibawa ke akhirat kelak.

Kamar atau ruang yang paling besar tentu saja kamar raja, yang berukuran sekitar 20 hasta. Sedangkan kamar ratu, letaknya ada di tengah, tepat di antara sisi utara dan selatan piramida.

8. Rongga misterius

Salah satu misteri piramida Giza yang sampai saat ini masih belum terpecahkan adalah, ada berapa ruang, dan digunakan apa saja akan aneka ruang tersebut.

Belakangan ini para peneliti gencar melakukan penelitian dengan menggunakan robot berukuran kecil. Dimana salah satunya berhasil mengungkap adanya dinding palsu yang ada di kamar ratu. Di dalam dinding palsu tersebut ditemukan sebuah lorong sempit berukuran 20 x 20 cm.

Sedangkan ketika dilakukan pemindaian menggunakan sinar kosmik yang kuat, terungkap, bahwa ada 2 rongga misterius di dalam piramida Giza tersebut. Dimana salah satu  rongga misterius tersebut, berukuran paling besar, terletak tepat diatas galeri besar, yang diduga mengarah ke makam Raja. Sedangkan ukuran rongga tersebut sekitar 30 meter dengan tinggi 6 meter. Rongga lainya berukuran kecil, dan sampai sekarang belum diketahui persis fungsi dari kedua lorong tersebut.

Jadi demikianlah beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang piramida Giza. Semoga ulasan kali ini memberikan sedikit informasi pada Anda tentang salah satu piramida terbesar di dunia tersebut.

Baca juga:  7 Fakta Menarik Masjid Hagia Sophia, Dari Museum Jadi Masjid Kembali
hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!