+62 811 114 280 [email protected]

Kenapa Thailand, Disebut “Negara Gajah Putih”

negara gajah putih

Siapa yang tidak kenal dengan negara Thailand. Salah satu negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos, Malaysia, Kamboja, dan Myanmar ini mempunyai julukan unik yaitu Negara Gajah Putih. Tentunya ada alasan kenapa negara tersebut memperoleh julukan yang dimaksud.

Negara Thailand

Seperti yang selintas disebutkan di atas, Negara Gajah Putih adalah julukan negara Thailand. Lebih tepatnya Kerajaan Thailand, dengan nama resmi dalam bahasa Thai, yaitu Ratcha Anachak Thai atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Thailand.

Adapun bentuk pemerintahan dari negara dengan julukan Negara Gajah Putih, ini adalah Monarki konstitusional. Yang mana perdana menteri akan memegang kekuasaan tertinggi legislatif.

Alasan disebut Negara Gajah Putih

Salah satu alasan mengapa Thailand dijuluki Negara Gajah Putih lantaran diperkirakan, dahulu, keluarga kerajaan Thailand ini dulunya mempunyai seekor gajah yang warnanya putih.

Namun gajah putih yang dimaksud disini adalah gajah yang mempunyai warna kulit yang lebih cerah. Dimana orang-orang Thailand sendiri menyebutnya dengan “Chang Samkhan”, yang artinya “Gajah Keberuntungan”, atau juga “Putih”, yang artinya kemurnian. Kemudian gajah-gajah tersebut kemudian ditangkap, untuk nantinya dirawat oleh pihak keluarga kerajaan. Dalam hal ini hanya gajah putih yang memenuhi syarat saja yang akan benar-benar dipelihara.

Syarat yang dimaksud antara lain, gajah tersebut harus mempunyai jari kaki, sistem reproduksi yang baik, bulu mata, dan juga perilaku yang baik. Jika syarat tersebut berhasil dipenuhi oleh gajah, makan gajah tersebut nantinya akan dirawat oleh pihak kerajaan.

Alasan lain, kenapa Gajah Putih ini penting bagi Thailand, karena Gajah Putih ini mempunyai peran penting dalam proses kelahiran Budha dan Budha adalah agama terbesar di Thailand.

Baca juga:  Mana Saja Ya, Negara Penduduk Islam Terbesar Dunia?

Simbol serta sejarah dari Gajah Putih

Walaupun Negara Gajah Putih adalah Thailand, namun sebenarnya gajah putih ini, juga digunakan oleh beberapa negara lain, seperti Myanmar, Kamboja dan juga Laos. Karena Gajah Putih ini digambarkan sebagai hewan Suci, oleh agama Budha.

Di Thailand sendiri, Gajah Putih lebih melambangkan pada simbol Ilahi dan juga kekuatan bagi kerajaan Thailand itu sendiri. Lebih tepatnya merujuk pada kekayaan, kebijaksanaan, kesuksesan dan juga kemakmuran. Semakin banyak gajah putih yang dimiliki oleh negara, maka negara tersebut akan kuat dan sejahtera.

Yang menarik, gajah putih di Thailand ini sudah dipuja, sejak abad ke-17. Dimana berdasarkan catatan sejarah, terutama pada perang antara Siam / Thailand melawan Burma, pada tahun 1563. Raja Chakkraphat dari Thailand, menolak memberikan beberapa gajah putih miliknya untuk Raja Burma. Perang tersebut, kemudian disebut dengan perang Gajah Putih.

Pada masa kerajaan Siam, gajah putih yang mempunyai kualitas rendah, akan diberikan sebagai hadiah pada teman dan juga sekutu dari kerajaan tersebut. Mengingat hewan ini membutuhkan lebih banyak perawatan, dan karena dianggap suci, sudah tentu hewan tersebut tidak dapat disuruh bekerja. Sedikit banyak memelihara hewan tersebut, akan jadi beban keuangan tersendiri bagi pemiliknya. Itu juga yang menjadi alasan kenapa hanya orang tertentu seperti raja atau bangsawan lainnya, yang hanya mempunyai dan memelihara gajah putih.

Festival Gajah

Sebagai salah satu penghormatan negara Thailand terhadap gajah, biasanya akan dilakukan sebuah festival khusus, yang disebut dengan Surin Elephant Roundup. Dimana perayaan tersebut diselenggarakan sebagai ucapan terima kasih atas peran satwa tersebut, dalam membangun Thailand, selama bertahun-tahun.

Festival tersebut akan dilakukan dengan menghadirkan ratusan gajah yang diberi aneka aksesoris agar terlihat cantik. Selain itu dalam festival tersebut juga akan disediakan meja panjang, yang berisi aneka buah dan sayuran. Adapun suguhan tersebut nantinya akan disantap oleh para gajah tersebut. Pada gajah tersebut, nantinya dibawa ke dalam stadion, untuk menghibur masyarakat yang hadir.

Baca juga:  Its My Dream Hingga Kini Masih Terngiang, Apa Sih Artinya?

Pada zaman dahulu, gajah memang banyak digunakan untuk membuka lahan, atau juga sebagai kendaran perang. Namun belakangan ini gajah di Thailand, lebih banyak digunakan sebagai salah satu atraksi wisata.

Selain itu, untuk menghormati para gajah, dibuat juga beberapa patung gajah, untuk diletakkan di beberapa kuil atau tempat yang dianggap keramat, salah satunya ada di Wat Pratat Doi Suthep, yang ada di Chiang Mai.

Julukan lain untuk Thailand

Selain dijuluki Negara Gajah Putih Thailand mempunyai julukan lain yaitu negara seribu pagoda, rumah rakyat merdeka, Negara Penuh Senyuman (lantaran orang Thailand, dikenal dengan sikapnya yang ramah, sopan, dan selalu tersenyum ketika berinteraksi).

Selain itu ada juga beberapa julukan lain dari negara tersebut, salah satunya adalah negara dengan Lumbung Padi Nasional. Bukan tanpa alasan, karena salah satu ekspor andalan Negara Gajah Putih adalah beras. Yang membuat negara Thailand jadi salah satu negara dengan Produksi Beras tertinggi di dunia.

Demikianlah beberapa informasi penting tentang Negara Gajah Putih yang tidak lain adalah Thailand. Dimana negara yang satu ini memang cukup mengagungkan para gajah, terutama gajah putih, dibandingkan negara tetangganya, yang juga mempunyai kepercayaan yang kurang lebih sama.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!