+62 811 114 280 [email protected]

Pesona Wisata Kosovo dengan Syiar Islam yang Mengudara

kosovo balkan

Kosovo merupakan negara Muslim pertama yang berada di tanah Eropa. Seluruh negara di dunia telah menjadi saksi untuk lahirnya sebuah negara muslim. Kemerdekaan yang diperoleh oleh negara Kosovo merupakan hasil perjuangan Muslim Kosovo itu sendiri.

Kosovo memerdekakan diri dari Serbia pada tanggal 17 Februari 2008. Sebelumnya usaha pertama digagalkan Serbia pada tahun 1990 ini terjadi karena terjadi ketidak seimbangan antara Serbia dan Kosovo yang berakhir dengan pembantaian.

Masuknya Islam Ke Kosovo

Negara Kosovo merupakan salah satu negara yang berada di benua Eropa. Satu – satunya negara di bagian Eropa yang memiliki penduduk Muslim terbesar. Agama Islam hadir setelah Utsmaniyah tiba di Kosovo. Setelah runtuhnya Yugoslavia Islam mulai bangkit dan terlihat di Kosovo.

Kosovo sebelumnya lebih dikenal sebagai kerajaan Dardania karena wilayahnya diperebutkan oleh kerajaan – kerajaan besar. sebelumnya bangsa Serbia menguasai wilayah Kosovo hamper selama dua abad. Kekuasaan Kosovo berakhir setelah datangnya Ustmaniyah.

Dinasti Ustmaniyah akhirnya menguasai Kosovo dan kehadirannya membawa Kosovo menuju era baru. Banyak peninggalan bersejarah pada dinasti Ustmaniyah yang berharga di Kosovo. Dengan banyaknya peninggalan bersejarah tersebut, menjadikan Kosovo sebagai salah satu negara yang menjadi bukti kejayaan dinasti Ustmaniyah pada zamannya.

Pada tahun 1389 sampai 1912 secara resmi Kekhalifahan Utsmaniyah mengatur Kosovo, pada saat inilah proses terjadinya islamisasi Kosovo yang sebelumnya telah dikristenkan oleh Kekaisaran Romawi.

Proses Islamisasi hanya terjadi di pusat – pusat kota saja sehingga sampai abad ke – 16 laju Islamisasi masih tersendat di Kosovo. Namun, pada paruh kedua abad ke – 16 laju Islamisasi mengalami peningkatan yang cukup deras. Pemberlakuan sistem pajak oleh Utsmaniyah untuk dikenakan bagi mereka para non – Muslim.

Baca juga:  Negara Balkan Montenegro: Negara Kaya Akan Pesona Alamnya

Negara Kosovo pernah diperintah oleh otoritas sosialis sekuler. Hal ini menjadikan Kosovo menjadi negara yang sekuler karena dampak penguasaan Sosialis Yugoslavia yang menguasai negara setelah dinasti Utsmaniyah.

Pengambilan data pada tahun 1999 oleh pemerintah Kosovo diperkirakan telah lebih dari 800 masjid yang telah tersedia di Kosovo. Hal ini karena hampir setiap bulan masjid baru dibangun untuk menunjang kegiatan ibadah yang lebih baik. Kebangkitan Islam di Kosovo sangat pesat dalam mempraktikkan nilai-nilai Islam.

Namun selama perang Kosovo, hampir 40 persen masjid – masjid telah dihancurkan oleh para pasukan negara Republik Federal Sosialis Yugoslavia. Tak hanya masjid, kerusakan terjadi pada warisan peninggalan – peninggalan budaya dari Kekaisaran Utsmaniyah dan pembakaran yang dilakukan di Komunitas Islam Kosovo.

Dengan kejadian itu terjadilah pembalasan yang dilakukan oleh Muslim Albania yang tergabung dalam Komunitas Islam Kosovo. Komunitas Islam Kosovo merupakan sebuah Organisasi resmi bagi umat Islam di Kosovo.

Hal ini dilakukan untuk menegakkan keadilan yang bersebrangan dengan umat Islam di Kosovo.  Gereja – gereja dirusak sebagai pembalasan bagi pemerintah negara. Genjatan tersebut berakhir setelah diadakan banding oleh pemimpin politik Kosovo.

Daya Tarik Yang Dimiliki Kosovo

Kosovo adalah salah satu negara di Eropa yang mempunyai pemandangan yang indah. Kekaisaran Utsmaniyah yang telah menguasai Kosovo membuat Muslim di Kosovo berkembang dan menjadikan Agama Islam menjadi mayoritas sebanyak 95,6 %  sisanya merupakan Kristen Ortodoks dan agama lainnya.

Tidak hanya itu, selain memiliki pemandangan kota yang mengagumkan, Kosovo memiliki peninggalan budaya Islam peninggalan kekaisaran. Di sini anda tak perlu khawatir tentang makanan halal dan untuk mencari masjid sangat mudah.

Jika anda memiliki rencana liburan dan berencana melakukan wisata religi di Negara Kosovo ini, anda dapat mengunjungi beberapa tempat yang menjadi alternatif destinasi wisata yang memiliki sejarah peninggalan Islam di Kosovo.  

Baca juga:  Seri Negara Balkan Rumania: Surganya Destinasi Wisata Muslim Yang Mempesona

Masjid Sinan Pasha

Masjid Sinan Pasha dibangun pada tahun 1618 yang merupakan peninggalan dari dinasti Ustmaniyah. Keindahan akan arsitekturnya yang merupakan warisan dari peninggalan dinasti Ustmaniyah menjadikan masjid ini memiliki daya tarik tersendiri.

Masjid ini pernah direnovasi untuk memperbaiki bangunan karena termakan usia pada tahun 2011.

Masjid ini merupakan masjid yang memiliki kubah tertinggi di Kosovo. Masjid tersebut dibuka di bawah pimpinan perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan.

Masjid ini mengadakan khutbah dalam Bahasa Turki dan itu sangatlah penting bagi masyarakat Kosovo. 

Masjid Ghazi Mahmet Pasha

Masjid Ghazi Mahmet Pasha atau dikenal sebagai Masjid Bendera yang dibangun pada tahun 1798. Masjid ini merupakan karya Ottoman yang ada di Prizem yang berlokasi tepat di tengah kota. Masjid yang memiliki julukan sebagai masjid bendera oleh masyarakat ini karena perintah langsung dari sang gubernur.

Sang gubenur ingin bendera selalu ditegakkan pada saat sholat Dhuhur dan menjadi kebiasaan yang masih dilakukan hingga saat ini. Tak hanya itu untuk malam hari sebagai pengganti bendera, obor selalu dinyalakan untuk sebagai tanda bahwa panggilan azan akan segera dikumandangkan.

Banyak masjid peninggalan Ottoman yang berada di Kosovo yang rusak karena perang sebelum kemerdekaan. Madjid Sinan Pasha dan Masjid Ghazi Mahmet merupakan contoh keindahan arsitektur Ottoman.

Anda selain dapat melakukan wisata religi dengan berkunjung ke masjid – masjid peninggalan Ottoman, perjalanan anda tak lengkap jika tidak melakukan wisata kuliner. Memanjakan lidah dengan makanan yang ada di Negara Kosovo harus anda coba jika sudah berkunjung.

Menjelajahi kota di Kosovoanda dapat dengan mudah menemui berbagai macam makanan khas yang menjadi andalan bagi negara ini. Dengan mayoritas penduduk muslim pastinya anda tak akan kesulitan untuk mencari makanan yang halal.

Baca juga:  7 Tempat Wisata di Balkan Keren dan Menyenangkan

Beberapa rekomendasi makanan halal yang dapat anda coba antara lain sebagai berikut.

1.Byrjan Me Mish

Byrjan Me Mish merupakan salah satu makanan khas Kosovo yang dapat ditemui pada lebaran. Makanan ini berbahan dasar beras basmati dan ayam. Nasi ini berwarna kecokelatan akibat dari sari daging yang keluar dan meresap pada nasi briyani. Anda dapat menikmati makanan ini bersamaan dengan salad, roti, dan sayur yang dibakar.

2.Leqenik

Leqenik salah satu jenis roti yang ada di Kosovo. Jajanan ini terbuat dari tepung jagung yang berwarna kuning pucat. Biasanya makanan ini bisa ditambahkan dengan bayam cincang atau keju yang diserut.

3.Shopska Salad

Anda harus mencobanya jika sedang berkunjung ke Kosovo. Salad ini dapat dimakan sebagai pendamping nasi biryani khas Kosovo. Dengan isian yang sederhana namun rasa tak kalah istimewa.

4.Baklava

Baklava juga menjadi salah satu kuliner khas Kosovo. Makanan ini terbuat dari lapisan pastry yang disebut filo. Makanan ini bisa ditemukan di Turki dan negara-negara bekas kekuasaan Kekaisaran Ottoman lainnya. Seperti itulah gambaran makanan khas yang akan anda jumpai ketika berada di Kosovo. Itulah informasi tentang Negara Kosovo yang merupakan negara di Kawasan Eropa yang mayoritas muslim dan memiliki sejarah tentang islam yang kuat. Jika anda berkesempatan melakukan wisata religi pastikan untuk berkunjung dan menikmati tempat wisata dan makanan khas di atas. Semoga informasi ini bermanfaat dan informatif untuk anda.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!