+62 811 114 280 [email protected]

Pesona keIndahan Pulau Komodo yang Terletak di Nusa Tenggara Timur

pulau komodo terletak di

Pulau komodo – Banyak sekali hal yang harus Anda lebih ketahui tentang wisata pulau komodo. Mempunyai hewan langka yang wajib untuk dilindungi menjadikan taman nasional pulau komodo, sebagai tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal.

Pulau Komodo memang sudah banyak dikenal oleh banyak orang sebagai habitat aslinya dari hewan yang bernama Komodo. Tidak hanya itu saja wilayah yang ada di sekitaran Pulau Komodo terletak di Nusa Tenggara Timur ini terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah.

Lokasi Taman Nasional Pulau Komodo

Taman Nasional Komodo ini dikelola langsung oleh Balai Taman Nasional Komodo yang menjadi unit milik pelaksanaan Kementerian  Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Berlokasi di wilayah Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, NTT.

Setidaknya akan ada tiga pulau yang terdapat di Taman Nasional Komodo, yaitu Pulau Padar, Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Selain, tiga pulau tersebut masih banyak sekali pulau-pulau yang lainnya yang memiliki ukuran kecil, dan paling dikenal oleh banyak orang adalah Pulau Gili Motang dan Pulau Nusa Kode.

Budaya Masyarakat yang Ada di Sekitar Pulau Komodo

Di wilayah Taman Nasional Komodo ini mempunyai sekelompok masyarakat yang hidup pada tiga desa, yaitu Desa Pasir Panjang, Desa Komodo dan Papagarang. Masyarakat yang ada di sana juga ikut serta melestarikan dari kehidupan satwa komodo dan juga wilayah alam yang berada di sekitarnya sudah dari zaman dahulu.

Baca juga:  Pengertian, Seluk Beluk, Makna, Jenis, dan Tata Cara Tahallul

Banyak sekali penduduk yang ada di pulau tersebut percaya di saat mereka terlahir ke dunia ini, mereka terlahir kembar yaitu satu komodo betina dan satunya lagi adalah seorang bayi laki-laki. Mereka memiliki anggapan jika berhubungan darah dengan komodo dan merupakan satu keluarga.

Masyarakat yang ada di sana tidak sekali pun akan melukai satwa tersebut dan setiap harinya selalu hidup berdampingan. Tidak hanya berasal dari segi kepercayaan yang unik tetapi sebagian orang yang bertempat tinggal  di pulau komodo memiliki kemampuan yang luar biasa.

Untuk mereka yang masih masuk keturunan dari Suku Bajo dan tinggal di pulau komodo mampu untuk menyelam dengan kedalaman 25 meter kurang lebih 15 menit, hanya dengan menggunakan satu kali tarikan nafas dan tidak memakai alat bantu apa pun itu bentuknya.

Sebenarnya Taman Nasional Komodo ini mempunyai keindahan yang tidak hanya berasal dari satwa komodo saja, tetapi juga budaya masyarakat yang ada di dalamnya menarik untuk ditelusuri lebih dalam. Berbagai keindahan yang dimilikinya, maka pulau komodo ini sangat layak untuk diakui oleh dunia.

Hal – hal Yang Harus Anda Tahu Tentang Pulau Komodo

Ada banyak hal yang harus Anda ketahui terkait dengan Pulau Komodo ini sehingga nantinya layak untuk dijadikan tempat liburan :

1. Sejarah Pulau Komodo

Nama Pulau Komodo ini sebenarnya diberikan oleh orang Belanda bernama Steyn Van HensBroek. Awal mulanya ketika Dia mendengar sebuah cerita terkait dengan keberadaan hewan besar tersebut yang hampir sama dengan seekor naga di pulau tersebut sehingga Dia datang untuk membuktikannya hal tersebut.

Ketika Dia melakukan penelusuran di wilayah Pulau Komodo, Ia membuat dokumentasi dan mempublikasikannya di Musim Bogor.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Akan Dinasti Ayyubiyah

Jika kita lihat dalam peta Indonesia Pulau Komodo terletak di NTT yang berada di bagian sebelah timurnya Pulau Sumbawa. Pulau Komodo ini memang letaknya di ujung paling barat dari provinsi NTT yang berbatasan secara langsung dengan provinsi NTB.

2. Sudah Pernah Dinobatkan Sebagai 7 Keajaiban Wisata Alam yang Ada di Dunia

Pulau Komodo ini sudah pernah dinobatkan sebagai 7 keajaiban wisata alam yang terdapat di dunia pada tahun 2013 yang diberikan oleh sebuah organisasi New Seven Wonder. Penetapan ini diberikan langsung di Pulau Komodo oleh Bernard Weber presiden dari New Seven Wonder.

3. Wisata yang Ada di Pulau Komodo

Bukan hanya berasal dari hewan purba Komodo, daya tarik yang lain dari pulau yang satu ini adalah pemandangan di bawah laut dan juga savananya yang sampai sekarang ini menjadi daya tarik yang lainnya. Para wisatawan nantinya juga dapat melakukan aktivitas seperti, diving, memancing, snorkeling, kano dan sampan. Bahkan disana juga dapat melakukan hiking dan juga camping bersama teman-teman.

4. Iklim dan Geografisnya yang Unik

Iklim yang berada di sekitaran pulau komodo terletak di NTT akan cenderung kering sehingga akan membuat tanah yang ada di perbukitan tersebut begitu kering dan berbatu. Hal ini yang membuat tanah tersebut sangat cocok untuk dijadikan area tracking karena mempunyai perbukitan yang cukup terjal dan juga menantang.

Pulau Komodo ini dapat memberikan wisata yang lengkap dengan dapat melihat satwa liar yang sangat langka, tracking, hiking, menyelami keindahan bawah laut dan pantainya yang indah untuk di telusuri

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!