+62 811 114 280 [email protected]

Info Tentang 9 Negara Eropa Timur yang Perlu Anda Tahu

eropa timur

Benua Eropa terdiri dari enam wilayah yaitu Eropa Barat, Timur, Utara, Selatan, Tengah, dan Tenggara. Dalam artikel kali ini, Anda akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang Eropa Timur. Sesuai dengan namanya, kawasan ini berada di sisi timur dari benua Eropa. Mayoritas negara-negara yang ada di wilayah timur memang berbatasan dengan Rusia atau merupakan negara pecahan Uni Soviet. Kawasan ini juga dikelilingi oleh beberapa pegunungan seperti Kaukasus dan Ural. Yuk ketahui negara Eropa mana saja yang termasuk dalam kawasan timur berikut ini.

Negara-negara di Eropa Timur

Tercatat ada sembilan negara yang menempati wilayah Eropa bagian timur. Kesembilan negara tersebut antara lain Rusia, Estonia, Ukraina, Moldova, Slovakia, Kroasia, Bulgaria, Hungaria, dan Belarus. Informasi lebih lanjut mengenai negara-negara tersebut, bisa Anda simak di bawah ini.

Rusia
Rusia dulunya bernama Uni Soviet. Negara yang beribukota di Moscow tersebut merupakan negara paling luas sedunia yang mencapai 17.098.242 km2. Negara ini juga membentang dari benua Eropa hingga benua Asia. Hal tersebut membuat Rusia berbatasan dengan berbagai negara yang ada di Eropa maupun Asia. Di sebelah barat, Rusia berbatasan dengan negara-negara Eropa seperti Belarus, Ukraina, Finlandia, dan Lithuania, sedangkan di bagian timur berhadapan dengan Laut Pasifik. Kemudian di sisi utara, negara Rusia berbatasan dengan samudra Arktik dan di sebelah selatan berbatasan dengan Korea Utara, China, dan Kazakhstan. Dalam urusan pemerintah, Presiden merupakan kepala negara, sedangkan perdana menteri menjadi kepala pemerintahannya.

Estonia
Negara di bagian Timur Eropa berikutnya adalah Estonia. Ibukota negara ini terletak di Tallin. Estonia berlokasi di wilayah Baltik dan sempat menjadi bagian dari Republik Uni Soviet. Namun, Estonia berhasil membebaskan diri setelah kurang lebih 40 tahun menjadi bagian dari Rusia. Kemerdekaan Estonia sendiri terjadi pada tahun 1991 silam.

Baca juga:  Sebelum Berangkat, Yuk Ketahui Sunah Haji Berikut Ini

Ukraina
Ukraina juga merupakan negara pecahan Uni Soviet yang beribukota di Kiev. Luas wilayah negara ini adalah 603,55 km dengan jumlah penduduk yang mencapai 43 juta jiwa. Ada banyak hal unik yang perlu Anda tahu tentang negara Eropa Timur yang satu ini. Namun yang paling menarik adalah adanya tujuh situs warisan budaya UNESCO serta tur di situs berhantu.

Moldova
Moldova juga menjadi salah satu negara yang pernah tergabung dengan pemerintahan Uni Soviet. Bahkan, sejarah mencatat bahwa negara kecil ini dulunya sempat berada di bawah Kekaisaran Rusia, kemudian menyatu dengan Rumania, dilanjutkan dengan menjadi bagian dari Uni Soviet, sampai pada akhirnya merdeka di tanggal 27 Agustus 1991. Moldova juga berbatasan langsung dengan Ukraina di sisi timur dan utara, sedangkan di bagian barat dan selatan berbatasan dengan Rumania.

Belarus
Sama halnya dengan Moldova, Belarus juga merupakan negara pecahan Uni Soviet. Walaupun masih menyandang status sebagai negara berkembang, Belarus memiliki indeks pembangunan manusia yang sangat tinggi. Dilihat dari sisi administratifnya, negara ini terdiri dari 6 provinsi dan satu kota khusus. Ibukota dari negara Belarus adalah Minsk.

Kroasia
Negara di kawasan Eropa Timur berikutnya adalah Kroasia. Ibukota dari negara ini adalah Zagreb. Republik Kroasia disebut sebagai negara yang serupa dengan bulan sabit dan berbatasan dengan negara Balkan di sebelah tenggara. Menurut sejarah, Kroasia dulunya merupakan negara republik untuk Republik Sosialis Federal Yugoslavia yang akhirnya merdeka di tahun 1991.

Slovakia
Slovakia atau Slowakia merupakan negara pecahan Cekoslowakia yang memiliki pegunungan luas. Ibukota dari Slovakia adalah Bratislava yang menjadi kota terbesar di sana. Dulunya, Slovakia pernah menjadi bagian dari Kerajaan Moravia Besar dan Austro Hongaria. Secara geografis, negara ini berbatasan dengan Polandia di utara, Hongaria di sebelah selatan, Ukraina pada sebelah timur, dan Republik Ceko pada sisi barat laut.

Baca juga:  Pohon Sahabi Menjadi Pohon yang Berjasa Bagi Nabi

Bulgaria
Bulgaria menjadi negara Eropa Timur selanjutnya yang memiliki luas wilayah 110.994 kilometer persegi. Negara ini berbatasan langsung dengan Laut Hitam di sebelah timur dan dikelilingi 5 negara Eropa lainnya seperti Rumania, Serbia, Republik Makedonia, Yunani, serta Turki. Ibukota dari negara Bulgaria adalah Sofia.

Hungaria
Hungaria adalah negara yang memiliki luas hingga 93.030 kilometer persegi dan beribukota di Budapest. Sama halnya dengan Bulgaria, negara Hungaria juga diapit oleh negara-negara Eropa Timur lainnya seperti Kroasia, Slovenia, Austria, Slovakia, Ukraina, Serbia, dan Rumania. Secara geografis, Hungaria berada di tengah-tengah, sehingga tidak memiliki pantai atau laut.

Demikian ulasan singkat yang bisa Anda simak tentang negara-negara yang berada di kawasan Eropa Timur. Mayoritas negara-negara tersebut merupakan pecahan Uni Soviet dan berbatasan atau berdekatan dengan Rusia. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan Anda semua. Dari kesembilan negara yang sudah disebutkan tadi, mana yang ingin Anda kunjungi?

1 Response
hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!