+62 811 114 280 [email protected]

7 Fakta Menarik tentang Jabal Rohmah yang Belum Banyak Orang Tahu

jabal rohmah

Jabal Rohmah merupakan sebuah gunung yang terletak di Mekkah. Saat prosesi ibadah haji, tempat ini tak luput dari perhatian para jamaah dan selalu dikunjungi saat sedang melangsungkan wukuf di Arafah. Banyak jamaah haji yang datang ke tempat ini karena meneladani Rasulullah yang dulunya sempat singgah ke gunung tersebut untuk melakukan khotbah dan memohon doa kepada Allah SWT. Ketahui lebih jauh tentang fakta-fakta menarik dari gunung bersejarah ini melalui artikel berikut.

Fakta-fakta Menarik tentang Jabal Rohmah

Gunung bernilai sejarah ini terdiri dari perbukitan dan batuan keras berwarna hitam. Secara geografis, lokasinya 300 meter dari gunung Arafah, tepatnya di sisi timur. Gunung ini juga memiliki sebutan lain yaitu Jabal Taubah yang artinya gunung taubat, dan Jabal Dua yang berarti gunung untuk berdoa.

Tempat Bertemunya Adam dan Hawa di Dunia
Di dalam surat At Thaha dikemukakan bahwa Adam dan Hawa telah melanggar ketentuan dari Allah dengan memakan buah khuldi. Hal tersebut membuat keduanya diusir dari surga dan diturunkan ke bumi. Walaupun terjadi perbedaan pendapat antara satu ulama dengan yang lainnya, beberapa menyebutkan bahwa Adam dan Hawa dipertemukan kembali di bukit Jabal Rohmah, Arafah.

Tempat Rasulullah Mendapat Wahyu Terakhir
Jabal Taubah juga menjadi tempat bersejarah yang snagat penting bagi umat Islam karena di tempat ini, Rasulullah SAW menerima wahyu terakhir. Wahyu tersebut tertuang di dalam surah al Maidah ayat 3 yang menerangkan tentang larangan untuk memakan hewan tertentu, himbauan untuk tidak melakukan undi nasib, dan menekankan bahwa Islam adalah agama yang paling sempurna. Pada saat wahyu ini diturunkan, Nabi Muhammad SAW sedang melakukan haji wada. Haji Wada sendiri merupakan ibadah haji terakhir yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa Salam  pada saat Dhulhijjah 10 Hijriah. Prosesi haji wada juga sering dikenal dengan sebutan haji perpisahan.

Baca juga:  Mengenal Jabal Rahmah, Saksi Sejarah Islam

Terdapat Tugu di Puncak Jabal Taubah
Jika naik ke puncaknya, Anda akan menemukan sebuah tugu saat mengunjungi Jabal Taubah. Tugu atau monumen tersebut terbuat dari beton dengan bentuk persegi empat yang berwarna putih. Bangunan tersebut memiliki ukuran lebar 1,8 meter dan tinggi 8 meter. Para jamaah haji, atau peziarah yang datang saat umrah selalu menyempatkan diri untuk berdoa di puncaknya seperti yang dilakukan Nabi Muhammad dulu. Dari sini, Anda juga bisa melihat pemandangan sunset yang luar biasa indah. Banyak orang yang menaruh foto seseorang di tempat ini dengan harapan orang tersebut bisa datang menunaikan haji atau umrah di kemudian hari. Sayangnya, banyak orang-orang yang mencoret-coret tugu tersebut sehingga merusak keindahannya.

Tempat Wajib yang Didatangi saat Wukuf
Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa saat pelaksanaan wukuf di Arafah, para jamaah pasti mampir ke puncak bukit ini. Selain itu, tempat ini juga sering didatangi oleh wisatawan atau jamaah umrah yang ingin melakukan ziarah di Padang Arafah, Mekkah.

Akses Turun saat Pelaksanaan Wukuf
Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Jabal Taubah menjadi tempat wajib yang didatangi para jamaah haji. Secara spesifik, tempat tersebut dipakai sebagai akses turun bagi para jamaah. Untuk bisa mencapai puncaknya, Anda harus melalui bebatuan gunung terlebih dulu.

Beredar Mitos Sesat yang Dipercaya Jamaah Haji
Sebenarnya, ibadah wukuf bisa dilakukan di titik mana saja selama masih berada di Padang Arafah. Sayangnya, selama ini banyak umat Islam yang megkultuskan tempat ini dan melakukan berbagai hal yang tidak diajarkan oleh Nabi seperti mengusap sesuatu yang ada di puncaknya, mencoret-coret batu, mengikatkan sesuatu, sholat di atas bukit, dan lain sebagainya. Larangan tersebut bahkan sudah dijelaskan oleh pemerintah Arab Saudi dan menghimbau kepada seluruh jamaah untuk mematuhi aturan yang ada dan menjalankan ibadah haji sesuai dengan ajaran atau sunnah Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wa Salam.

Baca juga:  Pengertian Haji Tamattu dan Tata Cara Ibadahnya

Tempat Nabi Ibrahim AS Bermimpi 
Tak hanya menjadi tempat bersejarah bagi Nabi Adam AS dan Rasulullah SAW, Jabal Tubah juga menjadi tempat Nabi Ibrahim AS bermimpi. Mimpi yang dialami Nabi Ibrahim AS bukanlah mimpi biasa, karena di dalam mimpi tersebut Allah memerintahkan kepadanya untuk menyembelih putranya yaitu Nabi Ismail AS. Tak hanya sekali, mimpi tersebut terulang hingga tiga kali, sehingga membuatnya yakin bahwa mimpi tersebut benar-benar perintah dari Allah SWT.

Informasi tadi menutup serangkaian info menarik seputar Jabal Rohmah. Ternyata, gunung atau perbukitan tersebut memiliki nilai bersejarah yang tinggi karena menjadi tempat Rasulullah mendapatkan wahyu terakhir dan dipercaya sebagai lokasi bertemunya kembali Adam dan Hawa di bumi. Jika Anda nantinya dapat berkunjung ke sana, pastikan untuk menghormati aturan yang berlaku dan tidak mencoret-coret tugu yang ada di puncak bukit.

1 Response
hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!